x

Bedah Formasi Skuat Pelapis Real Madrid: Tetap Solid Walau Minus Striker

Rabu, 9 Agustus 2023 10:35 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Selebrasi pemain Real Madrid usai Jude Bellingham mencetak ke gawang Manchester United di laga pramusim. (Foto: realmadrid)

INDOSPORT.COM – Meski tak banyak belanja pemain di musim panas ini, namun Real Madrid tetap punya kedalaman skuat yang mematikan dan bisa jadi kunci untuk juara Liga Spanyol 23/24.

Hingga awal pekan bulan Agustus 2023, Real Madrid yang musim lalu gagal mengamankan gelar juara Liga Spanyol, terlihat tidak terlalu agresif dalam menggaet pemain baru.

Tercatat, skuat arahan Carlo Ancelotti tersebut cuman mendatangkan empat pemain baru, padahal mereka baru saja kehilangan sejumlah Bintang.

Empat pemain yang didatangkan Real Madrid musim panas ini adalah Jude Bellingham, Arda Guler, Fran Garcia serta Joselu.

Sementara pemain yang dilepas Los Blancos diantaranya adalah Marco Asensio, Karim Benzema, Eden Hazard serta Mariano Diaz.

Baca Juga

Kehilangan Karim Benzema jadi kerugian besar buat Real Madrid, lantaran mereka tak lagi punya striker ganas yang jadi tumpuan buat hadapi Liga Spanyol musim depan.

Meski begitu, dengan mental juara serta kualitas Carlo Ancelotti sebagai juru taktik tampaknya bakal membuat Real Madrid tak bakal alami kesulitan walau tampil tanpa Benzema.

Baca Juga

Melihat dari performa musim lalu, Starting XI Real Madrid musim depan nanti masih akan dihiasi nama-nama seperti Thibaut Courtois di posisi penjaga gawang.

Kemudian kuartet pertahanan yang ditempati Ferland Mendy, Antonio Rüdiger, Eder Militao dan Daniel Carvajal. Serta barisan gelandang yang terdiri dari Jude Bellingham, Toni Kroos dan Federico Valverde.

Sedangkan lini depan masih akan jadi milik Vinicius Junior dan Rodrygo sebagai winger, plus Joselu yang gantikan tugas Benzema di ujung tombak.

Untuk skuat pelapis Real Madrid, kekuatan El Real sepertinya bakal tetap solid dan bisa jadi ancaman walau tak ada pilihan di posisi striker.

Lantas bakal seperti apa formasi tim cadangan Real Madrid musim depan? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT merangkum:

Baca Juga

1. Kedalaman Skuat Real Madrid Mengerikan

Pelatih Barcelona Xavi, bek Real Madrid David Alaba dan gelandang Real Madrid Aurelien Tchouameni pada pertandingan di Stadion AT&T. (Foto: REUTERS/Kevin Jairaj)

Jika masih dilatih Carlo Ancelotti, maka taktik pakem yang akan digunakan Real Madrid nanti adalah 4-3-3.

Akan tetapi dengan minimnya opsi striker bahkan Real Madrid tak punya lagi striker cadangan selain Joselu, maka taktik tersebut mungkin akan alami perubahan.

Formasi 4-3-1-2 yang sering dipakai saat pramusim sepertinya jadi pilihan tepat Carlo Ancelotti buat skuat pelapis Real Madrid.

Di sektor paling belakang alias penjaga gawang, ada nama Andriy Lunin yang bakal jadi pelapis dari Thibaut Courtois.

Sementara untuk lini pertahanan, ada empat tembok kokoh yang bisa membantu Andriy Lunin mengantisipasi serangan lawan.

Baca Juga

Mereka adalah David Alaba dan Nacho Fernandez di sektor central back, serta Fran Garcia dan Lucas Vazquez yang bertugas sebagai wingback.

Berikutnya ke lini tengah, di mana sektor ini bakal jadi kekuatan utama skuat pelapis Real Madrid lantaran mereka punya banyak stok gelandang berkualitas.

Baca Juga

Meski sudah kedatangan Jude Bellingham yang digaet dengan mahar hampir 100 juta euro, barisan gelandang Real Madrid masih dihuni oleh Luka Modric, Aurelien Tchouameni serta Eduardo Camavinga.

Ketiga pemain tersebut jadi opsi paling sempurna buat mengisis starting pelapis Real Madrid musim depan andai Jude Bellingham, Toni Kroos dan Federico Valverde absen.

Jika lini tengah bakal jadi kekuatan utama di skuat pelapis Real Madrid, lain halnya dengan sektor lini serang yang bakal sedikit lemah bahkan mungkin tumpul.

Baca Juga

2. Andalkan False Nine

Brahim Diaz (tengah) merayakan golnya di laga AC Milan vs Tottenham Hotspur (15/02/23). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Real Madrid tak punya lagi stok striker selain Joselu, oleh karena itu Ancelotti mungkin bakal memaksimalkan para gelandang serangnya sebagai false nine.

Dari daftar skuat saat ini, duet Brahim Diaz dan Arda Guler bakal jadi pilihan paling tepat lantaran keduanya sempat tampil apik serta punya statistik gol apik musim lalu.

Untuk membantu mengalirkan bola, Dani Ceballos akan berperan sebagai central midfielder di belakang dua false nine.

Sedangkan Luka Modric dan Eduardo Camavinga bakal membantu serangan dari second line. Keduanya akan diberi tugas sebagai deep lying playmaker atau wide midfielder.

Walau berada di lini tengah, namun Luka Modric dan Eduardo Camavinga diberi kebebasan untuk merangsek naik ke pertahanan lawan serta lepaskan umpan buat disambar Brahim Diaz atau Arda Güler.

Untuk menjaga kedalaman, Aurelien Tchouameni akan jadi gelandang bertahan yang bakal membantu lini pertahanan saat terjadi serangan balik.

Berikut Perkiraan Formasi Skuat Pelapis Real Madrid di Liga Spanyol 23/24:
4-3-1-2
Andriy Lunin; Fran Garcia, David Alaba, Nacho Fernandez, Lucas Vazquez; Luka Modric, Aurelien Tchouameni, Eduardo Camavinga; Dani Ceballos; Brahim Diaz, Arda Güler.

Real MadridLiga Spanyol

Berita Terkini