x

Catatan Bojan Hodak setelah Kekalahan Persib Bandung dari Persis Solo

Rabu, 9 Agustus 2023 12:40 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih anyar Persib, Bojan Hodak. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, memiliki beberapa catatan dari penampilan anak asuhnya usai dikalahkan Persis Solo 2-1, di laga tandang Liga 1 2023-2024 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (08/08/23).

Menurut Bojan Hodak, di pertandingan tersebut, anak asuhnya mampu menguasai jalanan laga, namun hal itu tidak penting lantaran hanya satu gol yang dapat diciptakan oleh skuad Maung Bandung.

Lebih lanjut Bojan Hodak mengatakan, pada pertandingan pekan ketujuh Liga 1 2023-2024, anak asuhnya memiliki beberapa peluang terutama di babak kedua. Namun, gagal dimaksimalkan menjadi gol.

"Saya rasa keunggulan ball possession itu tidak penting dan yang penting adalah gol. Kami memiliki beberapa peluang untuk mencetak gol kedua tapi tidak berbuah gol," kata Bojan Hodak setelah pertandingan.

Di pertandingan tersebut, Persib sebenarnya bisa unggul lebih dulu 1-0 atas Persis Solo melalui gol Ciro Alves saat babak pertama memasuki menit 32.

Namun, keunggulan 0-1 tersebut tidak bertahan lama, pasalnya satu menit berselang tim berjuluk Laskar Sambernyawa berhasil menyamakan kedudukan 1-1 melalui Ramadhan Sananta.

Baca Juga

"Di babak pertama, ketika kami mencetak gol, tim lawan langsung menyerang dan mereka bisa membuat skor menjadi 1-1," ungkapnya.

Menurut Bojan Hodak, jika anak asuhnya mampu mempertahankan keunggulan 0-1, peluang Persib untuk meraih kemenangan di pertandingan pekan ketujuh Liga 1 2023-2024 sangat besar.

Namun, akibat gol penyeimbang tersebut, Persis Solo akhirnya bisa mencetak gol kedua menjelang berakhirnya babak pertama melalui Ramadhan Sananta. Skor 2-1 berakhir untuk kemenangan Laskar Sambernyawa.

"Itu hal yang penting karena seharusnya tidak terjadi, jika kami bisa mempertahankan itu, kans kami untuk menang menjadi lebih besar," jelasnya.

Setelah pertandingan tersebut, Bojan Hodak akan melakukan evaluasi dan membenahi kekurangan anak asuhnya baik di lini pertahanan maupun lini depan.

Mantan pelatih PSM Makassar ini menilai, beberapa kesalahan terjadi di lini pertahanan, sedangkan lini depan skuad Maung Bandung belum bisa memaksimalkan banyak peluang menjadi gol.

"Tentunya kami harus berbenah, memang kami kehilangan Alberto dan Nick di belakang," ungkap pelatih yang masuk ke Persib menggantikan Luis Milla ini.

Baca Juga

"Untuk pertahanan kami masih melakukan kesalahan dan dalam menyerang kami masih gagal memanfaatkan peluang yang terbuka untuk menjadi gol," jelasnya.

Selain itu, Bojan Hodak juga menyoroti konsentrasi anak asuhnya, karena saat kehilangan fokus skuad Maung Bandung bermain lebih keras dan hal itu mengakibatkan wasit memberikan kartu kuning.

Bahkan, saat memasuki menit akhir babak kedua, Persib harus bermain dengan 10 pemain setelah I Putu Gede mendapatkan kartu merah usai diberi kartu kuning kedua.

"Jadi ini yang harus kami ubah, kami mulai kehilangan fokus dan mulai bermain dengan keras, banyak mendapat kartu kuning ketimbang mencetak gol kedua," ujarnya.

Kesalahan yang terjadi pada pertandingan tersebut menurut Bojan Hodak, menjadi pekerjaan rumah yang harus dibenahi olehnya. Agar pada laga selanjutnya, tim kebanggaan Bobotoh bisa tampil lebih baik lagi dan meraih hasil maksimal.

"Jadi kami tidak boleh kehilangan konsentrasi, kami tidak boleh kehilangan fokus dan hilang bentuk permainan. Kami harus bermain lebih baik lagi," tegasnya.

Baca Juga
Persib BandungPersis SoloLiga IndonesiaLiga 1Bojan Hodak

Berita Terkini