x

Profil Ben Doak, Remaja 17 Tahun Kuda Hitam di Tengah 5 Penyerang Liverpool

Kamis, 10 Agustus 2023 13:20 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Penyerang muda Liverpool, Ben Doak, saat bersama Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Jason Cairnduff.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool memiliki satu pemain muda bernama Ben Doak di tengah eksistensi Mohamed Salah dkk.

Ya, untuk saat ini Jurgen Klopp nampaknya tidak kekurangan stok penyerang karena memiliki lima pemain yang bisa ia andalkan.

Setelah kepergian Roberto Firmino, pelatih asal Jerman tersebut masih mengantongi pemain-pemain berharga seperti Mohamed Salah dan Darwin Nunez.

Lalu tidak ketinggalan pula Diogo Jota, Luis Diaz, dan Cody Gakpo. Namun di tengah-tengah lima pemain itu, kini terselip nama Ben Doak.

Sebagai pemain muda yang masih butuh mengoleksi pengalaman dan menit bermain, Ben Doak punya bekal yang cukup menjanjikan di Liverpool.

Ia menarik perhatian saat sesi pramusim Liverpool dan berkat penampilannya di laga kontra Darmstadt, ia kini digadang-gadang sebagai calon penerus Mohamed Salah.

Baca Juga

Ben Doak masuk menggantikan pemain asal Mesir tersebut pada menit ke-60, dan berhasil menciptakan beberapa momen yang bakal diingat oleh para penonton.

Sebagaimana terlihat dalam cuplikan video di bawah ini, tidak hanya cepat, ia juga mampu menciptakan banyak peluang untuk rekan-rekannya.

Bukan hanya itu, pemain kelahiran Skotlandia ini bahkan beberapa kali membuat repot lini pertahanan lawan.

Dalam setiap pergerakannya pun, ia terlihat sebagai pemain yang tidak kenal takut dalam melakukan serangan ke depan.

Baca Juga

Ben Doak lahir di Dalry, Skotlandia, 11 November 2005. Ia mulai bermain sepak bola di klub kampung halamannya sebelum mendarat di Ayr United dan Celtic.

Saat berusia 16 tahun pada 2021, ia sudah berada di bangku cadangan tim utama Celtic yang bermain kontra St Johnstone.

Kesempatan untuk debut pun pada akhirnya datang menghampiri Ben Doak pada tidak lama kemudian, tepatnya pada Januari 2022.

Ia diturunkan sebagai pemain pengganti di pertandingan Celtic melawan Dundee United di ajang Liga Primer Skotlandia.

Baca Juga

1. Calon Bintang Masa Depan Liverpool

Penyerang muda Liverpool, Ben Doak, saat bersama Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Jason Cairnduff.

Masa-masa bermain Ben Doak di tim senior Celtic ternyata hanya berlangsung sebentar karena ia langsung diprospek Liverpool tidak lama kemudian.

Raksasa Liga Inggris tersebut mendatangkannya pada Maret 2022 dengan membayar uang kompensasi ke Celtic sebesar 600 ribu poundsterling.

Ben Doak merupakan pelari yang cepat dan energik di lapangan. Meski tidak terlalu tinggi, tubuhnya terhitung kekar untuk remaja seusianya.

Selain kecepatan dan keberanian sebagaimana telah dijelaskan di halaman sebelumnya, ia juga memiliki kemampuan dribel yang impresif.

Ia seorang pemain serbabisa alias versatile karena sudah terbiasa beroperasi sebagai winger maupun full-back - peran yang benar-benar bertolak belakang 180 derajat.

Sebagai informasi, Ben Doak telah digunakan di berbagai posisi berbeda sepanjang kariernya, bahkan sebagai gelandang serang sekali pun.

Baca Juga

Kakeknya merupakan mantan pemain bernama Martin Doak yang pernah membela salah satu klub Liga Skotlandia, Greenock Morton FC.

Selama bermain untuk Liverpool, Ben Doak pun sudah sering mendapat pujian dari orang-orang sekitar, tidak terkecuali Jurgen Klopp.

Salah satunya saat Liverpool baru saja menyelesaikan pertandingan menghadapi Karlsruher beberapa waktu lalu.

Mantan juru taktik Borussia Dortmund tersebut mengaku senang dengan penampilan para pemain mudanya di laga tersebut.

Baca Juga

“Ben Doak, ya ampun. Menyenangkan bisa melihat [penampilan] anak-anak ini,” ujar Jurgen Klopp seperti diwartakan Sport Bible.

“Calum, saya baru melihatnya selama sembilan hari, dia dulu cedera dan kini sudah bermain. [Lewis] Koumas masuk, Conor Bradley sangat bagus,” tambahnya.

Ben Doak dengan segala kualitas yang dimilikinya, tidak ayal menjadi berlian berharga yang layak dipertahankan Liverpool demi skuad masa depan mereka. 

Pada musim 2023/2024, ia pun berpeluang menjadi bagian tim senior Liverpool yang bakal tampil di Liga Europa.

Dengan usianya yang masih di bawah 21 tahun, Ben Doak bisa didaftarkan ke List B atau List A dengan status locally trained.

Keberadaannya di skuad Liga Europa Liverpool, nantinya bisa membantu Jurgen Klopp dalam menyusun rotasi pemain.

Meski tidak berpartisipasi di Liga Champions, The Reds tentunya ingin berjuang yang terbaik untuk meraih gelar di Eropa dan menyelamatkan reputasi mereka.

Demi mewujudkan misi tersebut, rotasi dan strategi yang apik pun dibutuhkan agar seluruh pemain di skuad bisa tampil optimal dengan stamina yang baik pula.

Baca Juga
 
LiverpoolLiga InggrisOne FootballIndepthBen Doak

Berita Terkini