x

5 Pelatih Top Nganggur yang Bisa Tukangi Liverpool Usai Ditinggal Jurgen Klopp

Jumat, 11 Agustus 2023 10:35 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Satish Kumar.

INDOSPORT.COMLiverpool berpotensi ditinggal sang pelatih, Jurgen Klopp lantaran merasa tak puas dengan kinerja pemilik klub yang kurang royal dalam belanja pemain di bursa transfer Liga Inggris musim 23/24.

Dilansir dari laman Football Transfers disebutkan bahwa Klopp ingin hengkang dari Liverpool pada 2024 alias tahun depan.

Keputusan ini diambil setelah dirinya merasa sangat kecewa dengan pemilik saham Liverpool, Fenway Sports Group, yang tidak memasok dana untuk belanja pemain.

Fenway Sports Group (FSG) dinilai pelit dalam di bursa transfer kali ini. Jurgen Klopp pun merasa terbebani kalau harus meningkatkan kualitas Liverpool dengan kondisi finansial memprihatinkan.

Kembali ke FSG, pernah ada kabar bahwa kelompok asal Amerika Serikat itu sedang berupaya mencari investor baru untuk menaikkan kas Liverpool. Namun, nyatanya sampai sekarang belum ada titik terang.

Baca Juga

Andai benar bakal ditinggal Jurgen Klopp, ada lima pelatih top nganggur yang mungkin bisa dilirik Liverpool sebagai nahkoda baru The Reds.

Siapa sajakah pelatih tersebut? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT merangkum serta mengulas:

Baca Juga

Julian Nagelsmann
Nama pertama adalah Julian Nagelsmann. Mantan pelatih Bayern Munchen ini masih belum dapat klub setelah tugasnya di Allianz Arena diambil alih oleh Thomas Tuchel.

Dalam kariernya, Julian Nagelsmann punya rekam jejak cukup mentereng terutama di Liga Jerman. Tercatat, ia pernah membawa Bayern Munchen menjuarai Bundesliga 21/22 serta DFL-Supercup tahun 2021 dan 2022.

Selain itu, pelatih berusia 36 tahun ini juga punya sederet penghargaan individu seperti VDV Coach of the Season serta German Football Manager of the Year tahun 2017.

Baca Juga

1. Joachim Loew

Zinedine Zidane tak kuasa menahan malu usai Real Madrid kalah 0-1 dari Cadiz di lanjutan LaLiga Spanyol 2020/21.

Berikutnya adalah Joachim Loew. Pelatih lain dari Jerman ini bisa jadi opsi sempurna buat Liverpool jika mereka ingin mencari pengganti Jurgen Klopp yang punyai visi bermain sama.

Setelah berhenti sebagai pelatih Timnas Jerman tahun 2021 lalu, Joachim Loew belum lagi mendapat tawaran melatih sampai sekarang.

Saat masih aktif melatih, Joachim Loew merupakan pelatih yang gemar memainkan skema 4-2-3-1 atau 4-3-3, taktik ini sudah jadi pakem Liverpool selama era Jurgen Klopp.

Sehingga jika Liverpool menggunakan jasa Joachim Loew, para pemain The Reds tampaknya tak bakal banyak beradaptasi musim depan.

Antonio Conte
Antonio Conte merupakan salah satu pelatih top Italia yang sampai sekarang belum juga mendapat klub baru setelah meninggalkan Tottenham.

Baca Juga

Untuk soal prestasi, Antonio Conte merupakan pelatih yang cukup sukses membawa klubnya bertengger di papan atas kompetisi domestic.

Tim-tim seperti Chelsea, Juventus dan Inter Milan adalah beberapa klub yang berhasil dibawa Conte angkat trofi di akhir musim.

Baca Juga

Walau skema permainannya berbanding terbalik dengan Jurgen Klopp, namun mental juara Conte diprediksi bisa membawa Liverpool kembali bersaing di papan atas.

Zinedine Zidane
Salah satu nama yang wajib berada di urutan teratas Liverpool untuk gantikan Jurgen Klopp nanti adalah Zinedine Zidane.

Setelah meninggalkan Real Madrid tahun 2021 lalu, Zinedine Zidane belum lagi punya klub baru meski sempat dikaitkan ke PSG hingga mantan klubnya, Juventus.

Tak cuma game plan yang sama dengan Jurgen Klopp yakni 4-3-3, Zinedine Zidane juga punya pengalaman juara di Liga Champions sehingga bakal jadi modal penting buat The Reds untuk bangkit.

Baca Juga

2. Julen Lopetegui

Julen Lopetegui, eks pelatih Sevilla. Foto: REUTERS/Marcelo Del Pozo

Terakhir adalah Julen Lopetegui. Meski bukan jadi pilihan prioritas, namun Liverpool bisa melirik eks pelatih Real Madrid ini sebagai opsi darurat jika empat nama sebelumnya sulit didapatkan.

Julen Lopetegui merupakan pelatih asal Spanyol yang punya beberapa prestasi apik saat menukangi Real Madrid dan Sevilla.

Bersama dua klub tersebut, Julen Lopetegui mampu jadi runner up UEFA Super Cup tahun 2018 dan 2020, serta memenangkan gelar UEFA Europa League musim 2019/20.

Dengan pengalaman juara tersebut, Julen Lopetegui bisa jadi salah satu opsi Liverpool untuk membangun kembali kekuatan mereka di musim depan.

Bursa TransferLiverpoolJurgen KloppLiga InggrisBerita Transfer

Berita Terkini