x

5 Rekrutan Termahal Liverpool Era Jurgen Klopp sebelum Boyong Moises Caicedo

Jumat, 11 Agustus 2023 12:25 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, yang dikabarkan akan merekrut Moises Caicedo, dikenal jarang belanja jor-joran di bursa transfer pemain. Foto: REUTERS/Satish Kumar.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, yang dikabarkan akan merekrut Moises Caicedo, dikenal jarang belanja jor-joran di bursa transfer pemain.

Selama periode ini saja, mereka baru tercatat memboyong Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai untuk tambahan pemain di sektor gelandang.

Namun jika bicara Jurgen Klopp, tidak dapat dipungkiri, juru takti asal Jerman ini sudah berhasil merekrut sejumlah pemain hebat ke Liverpool untuk menciptkan baru yang sukses dan bergelimang trofi.

Hanya saja, untuk sampai ke titik tersebut, dibutuhkan upaya dan kesabaran yang tentunya tidak sebentar.

Beruntung, pemilik Liverpool dan segenap jajaran petinggi klub mau bersabar, hingga pada akhirnya Jurgen Klopp dapat berkreasi dengan skuad yang ia racik.

Sejumlah pemain pun ia rekrut dari masa ke masa, dengan nilai transfer yang beragam pula, demi meramu skuad yang kuat dan kompetitif.

Baca Juga

Kini, daftar tersebut bisa bertambah panjang dengan kehadiran Moises Caicedo yang konon bakal mendarat di angka 110 juta poundsterling.

Ya, sekitar Rp2,1 triliun kabarnya sudah disiapkan Liverpool demi mendatangkan gelandang Brighton yang satu ini.

Angka fenomenal tersebut pun disebut-sebut akan memecahkan rekor transfer termahal Liga Inggris, yang sebelumnya dipegang oleh Chelsea.

Untuk diingat kembali, pada Januari lalu, Chelsea memboyong Enzo Fernandez dari Benfica di angka 105 juta poundsterling.

Digadang-gadang akan menyalip angka Enzo Fernandez, tidak ayal transfer Moises Caicedo pun langsung menarik perhatian publik, apalagi mengingat kecenderungan Liverpool yang jarang memmbeli pemain mahal.

Baca Juga

Untuk diingat kembali, sepanjang periode evolusi Liverpool bersama Jurgen Klopp, rekrutan termahal yang didatangkan ke Anfield adalah Darwin Nunez.

Pemain yang satu ini mendarat di Liverpool dari Benfica dengan nilai 85,6 juta poundsterling pada musim panas 2022.

Kedatangannya waktu itu pun cukup menyita atensi lantaran statusnya sebagai salah satu buruan panas nan laris manis di bursa transfer pemain.

Hanya saja, keberhasilan Liverpool mendatangkannya justru diikuti rentetan kritik tajam dan caci maki terhadap penampilan sang pemain yang dianggap di bawah ekspektasi.

Namun terlepas dari itu semua, Darwin Nunez saat ini masih menjadi salah satu opsi Jurgen Klopp di lini serang Liverpool.

Baca Juga

1. Rekrutan-Rekrutan Mahal Lainnya

Darwin Nunez, salah satu rekrutan termahal Liverpool. Foto: Reuters/Paul Childs.

Selain Darwin Nunez, Liverpool juga merekrut Virgil van Dijk dari Southampton pada 2018 di angka 76,2 juta poundsterling, berdasarkan data Football Transfer.

Bek jangkung asal Belanda tersebut pun kini menjelma sebagai tembok pertahanan The Reds yang kokoh di depan Alisson Becker.

Bahkan, ia juga sempat digadang-gadang sebagai salah satu bek tengah terbaik di Liga Inggris maupun dunia.

Di luar urusan teknis, Virgil van Dijk juga berhasil membuktikan dirinya sebagai sosok leader baik di lapangan maupun ruang ganti.

Ia salah satu sosok yang disegani oleh tim, bahkan belum lama ini ditunjuk sebagai kapten utama Liverpool menggantikan Jordan Henderson.

Price tag sebagai salah satu rekrutan termahal Liverpool era Jurgen Klopp pun nampak cukup layak ia sandang jika berkaca pada pencapaian-pencapaian tersebut.

Baca Juga

Selanjutnya, di bawa Virgil van Dijk ada Dominik Szoboszlai yang baru didatangkan di bursa transfer pemain kali ini.

Ia merapat dari RB Leipzig dengan label 60 juta poundsterling sebagai bagian rencana Jurgen Klopp merestrukturisasi sektor gelandangnya.

Kedatangannya pun diharapkan bisa menambah kualitas skuad The Reds, terutama dengan keahlianya mengeksekusi situasi-situasi set-piece.

Beralih ke Alisson Becker, yang mendarat dari AS Roma pada 2018. Saat itu, ia didatangkan di angka 56,3 juta poundsterling.

Baca Juga

Berkatnya, Liverpool kini memiliki kiper jempolan setelah berbagai drama Loris Karius yang sempat membuat banyak orang geleng-geleng kepala.

Alisson menciptakan koneksi apik bersama para back four dan memiliki kontribusi penting dalam kesuksesan Liverpool meraih gelar juara Liga Inggris 2019/2020.

Terakhir, ada Alexis Mac Allister, satu lagi rekrutan baru Liverpool pada 2023/2024 ini selain Dominik Szoboszlai.

Ia datang dari Brighton dengan label 55 juta poundsterling. Tidak hanya bersama klub, sepak terjangnya di Timnas Argentina pun berhasil mencuri perhatian.

Tidak heran, Jurgen Klopp pun menjadi salah satu pelatih yang jatuh hati dengan penampilan Alexis Mac Allister hingga merekrutnya ke skuad.

Baca Juga
LiverpoolJurgen KloppLiga InggrisMoises CaicedoIndepth

Berita Terkini