x

Alasan Pemain Diaspora Ocean Erwin Lim Dicoret dari Timnas jelang Piala Dunia U-17

Jumat, 11 Agustus 2023 18:14 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Ocean Erwin Lim, talenta muda Indonesia saat bermain di FC Cardedeu, Spanyol. Ia sempat dipanggil seleksi Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023. (Foto: FC Cardedeu)

INDOSPORT.COM - Alasan pemain diaspora Ocean Erwin Lim dicoret dari seleksi Timnas Indonesia U-17, padahal perhelatan Piala Dunia U-17 2023 sudah di depan mata.

Beberapa waktu lalu, PSSI telah memanggil pemain diaspora asal Spanyol, Ocean Erwin Lim untuk mengikuti seleksi pemain Timnas Indonesia U-17 jelang Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga

Ocean Erwin Lim merupakan pesepak bola kelahiran Jakarta, 12 Mei 2008. Saat ini ia berusia 15 tahun, masuk dalam kualifikasi usia untuk bermain di Piala Dunia U-17.

Sejak usia 7 tahun, Ocean sudah mencuri perhatian nasional karena menjadi talenta muda Indonesia yang menimba ilmu sepak bola di akademi Marcet Football, Spanyol.

Seiring waktu, Ocean berlabuh ke Unión Deportiva Fornells, salah satu klub lokal di Girona. Sementara di musim 2022-2023, ia juga bermain impresif untuk FC Cardedeu.

Sang ayah, Erwin Lim menuturkan jika musim ini Ocean akan menjalani tantangan baru di UE Fornells, Tim Cadet A Divisi Honor, atau kompetisi sepak bola Divisi Utama Catalan.

Baca Juga

"Divisi Honor adalah divisi tertinggi di provinsi Catalan," tutur Erwin Lim saat dihubungi awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.com.

"Hanya 16 tim terbaik dalam satu grup, dan kurang lebih 350 anak terbaik dalam satu provinsi, yang akan bersaing dalam satu season ke depan," jelas sang ayah.

"Lawan-lawan besarnya seperti Barcelona, RCD Espanyol, dan FC Girona. Season akan dimulai pada Septemper 2023," tambah Erwin Lim lagi.

Mengingat saat ini masih masa pramusim, maka Ocean Erwin Lim diizinkan UE Fornells untuk bergabung dalam seleksi Timnas Indonesia U-17 di Jakarta.

Baca Juga

1. Alasan Ocean Dicoret dari Timnas U-17

Ocean Erwin Lim, talenta muda Indonesia saat bermain di FC Cardedeu, Spanyol (Foto: FC Cardedeu)

Ocean Erwin Lim mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-17 di Senayan, Jakarta. Namun ia tidak dipanggil ke skuad Garuda United U-17 yang melakoni laga internasional di Bali.

Saat dikonfirmasi oleh awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.com, Ocean tidak masuk dalam daftar prioritas pemain Timnas U-17 karena usianya lebih muda dari yang lain.

Baca Juga

"Ocean sudah dipulangkan karena masih kelahiran tahun 2008 (15 tahun)," ungkap sang ayah, Erwin Lim.

Dengan begitu, Ocean memutuskan kembali ke Spanyol dan melanjutkan sesi latihan pramusim bersama UE Fornells.

Faktanya, Ocean sendiri memang sering bermain setingkat lebih tinggi dari usianya. Saat Ocean baru menginjak usia 15 tahun, ia sudah bermain bersama tim usia 16 tahun.

Bahkan, Ocean juga tipikal pemain versatile atau bisa ditempatkan di beberapa posisi, sesuai dengan kebutuhan pelatih.

Baca Juga

"Kelebihan Ocean ada di dua kakinya, jadi posisi Ocean bisa di left back dan right back," ungkap sang ayah.

"Biasanya Ocean main di babak pertama sebagai bek kiri, dan babak kedua sebagai bek kanan, tetapi bisa juga sebaliknya, tergantung kebutuhan tim."

Sebagai bek sayap, Ocean Erwin Lim mengidolakan Marcelo. Ia mengadopsi beberapa teknik dari idolanya tersebut.

"Pemain favoritnya adalah Marcelo, yang dianggap sebagai left back sempurna. Sementara klub favorit Ocean adalah Manchester City, dilihat dari gaya bermain timnya," tukas sang ayah.

Baca Juga
Timnas U-17Timnas IndonesiaPiala Dunia U-17Berita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini