x

Prediksi Starting XI Berbahaya Liverpool di Liga Inggris 2023/2024, Caicedo Masuk Line-up?

Jumat, 11 Agustus 2023 19:40 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Liverpool akan segera membuka musim baru Liga Inggris (Premier League) 2023/2024 mereka pada Minggu (13/08/23) mendatang kontra Chelsea. (Foto: REUTERS/Jason Cairnduff)

INDOSPORT.COM - Liverpool akan segera membuka musim baru Liga Inggris (Premier League) 2023/2024 mereka pada Minggu (13/08/23) mendatang kontra Chelsea.

Dapat dipastikan di kepala manajer Jurgen Klopp kini telah tersusun starting XI terbaik yang siap menghapus luka akibat performa buruk di 2022/2023 lalu.

Bagaimana rupa Liverpool untuk mayoritas musim depan? Mari kita bedah bersama-sama.

Di bursa transfer musim panas 2023, Liverpool menjadi salah satu kesebelasan yang paling aktif dalam melakukan jual dan beli.

Tidak kurang dari Fabinho, Jordan Henderson, Roberto Firmino, Naby Keita, James Milner, dan Alex Oxlade-Chamberlain sudah melewati pintu keluar Anfield.

Baca Juga

Sebagai gantinya Alexis Mac Allister serta Dominik Szoboszlai didatangkan dengan biaya menembus 112 juta Euro.

Prioritas Liverpool memang memperbaiki lini tengah yang mulai lapuk dimakan usia dan juga cedera.

Henderson (33), Milner (37), dan Roberto Firmino (31) memang masih dinginkan Klopp untuk bertahan lebih lama namun pada akhirnya manajemen merelakan ketiganya untuk pergi dan digantikan pemain yang lebih muda.

Kedatangan Mac Allister dan Szoboszlai diharapkan bisa membawa kaki-kaki segar meski keduanya saja belum cukup untuk Liverpool melakukan rebuild sempurna di sektor sentral.

Merseyside Merah masih berusaha mencari sosok gelandang bertahan kompeten yang musim lalu perannya dijalankan oleh Fabinho dan Henderson.

Baca Juga

Itulah kenapa Romeo Lavia dan juga Moises Caicedo diincar untuk menutup lubang tersebut. Nama kedua bahkan sudah dikabarkan akan menjalani tes medis dan segera merampungkan transfer senilai 110 juta Pounds yang akan menjadi rekor pembelian termahal Inggris Raya.

Di masa pramusim Liverpool sempat melakukan sejumlah eksperimen untuk bermain tanpa 'nomor 6' sejak menit pertama.

Sampel yang paling sering muncul adalah dengan memplot Trent Alexander-Arnold, Curtis Jones, dan Alexis Mac Allister sebagai gelandang bertahan atau setidaknya midfielder dengan daerah operasi terdalam.

Ketiganya setidaknya sama-sama dua kali menjadi starter di posisi tersebut dan membantu Liverpool meraih tiga kemenangan dari total lima partai uji coba.

Dari sini kita bisa mulai meraba bagaimana Jurgen Klopp akan mengatur starting XI timnya pada Liga Inggris musim depan.

Baca Juga

1. Masih Setia 4-3-3

Duel pemain Liverpool, Virgil van Dijk dengan pemain Leicester City Jannik Vestergaard pada laga pramusim. (Foto: REUTERS/Edgar Su)

Satu yang pasti dari taktik Liverpool di Liga Inggris 2023/2023 adalah tetap digunakannya skema 4-3-3.

Formasi itu sudah menjadi andalan Jurgen Klopp sejak kali pertama ia menjejakkan kakinya di Anfield dan belum ada tanda-tanda sang manajer enerjik akan mengganti skema favoritnya tersebut.

Baik itu saat melawan Karlsruher, Furth, Leicester City, Bayern Munchen, maupun Darmstadt, 4-3-3 adalah bagaimana para pemain Liverpool tertata di atas kertas.

Mengingat taktik tersebut sudah berhasil membuahkan tujuh trofi sejak 2015, sepertinya tidak ada salahnya untuk tetap setia.

Diyakini tidak akan ada perubahan masif untuk lini belakang dan juga depan Liverpool jelang menghadapi Chelsea di pekan pembuka Liga Inggris.

Baca Juga

Posisi penjaga gawang masih akan ditempati Alisson Becker yang musim lalu mencatatkan 14 nirbobol di kancah domestik dari total 37 penampilan.

Di depannya kwartet Trent Alexander-Arnold, Ibrahima Konate, Andy Robertson, dan kapten baru Virgil van Dijk akan beroperasi sebagai benteng bagi sang stopper Brasil.

Sementara itu barisan penyerang dipercaya akan diisi oleh trio Mohamed Salah, Cody Gakpo, dan Diogo Jota.

Sekembalinya dari cedera parah musim lalu, Jota kemungkinan besar akan menggeser Darwin Nunez ke bangku cadangan dan Luis Diaz menjadi pemain rotasi.

Bukan pilihan mudah karena Nunez pun sama-sama mengemas empat gol selama pramusim layaknya Jota. Bahkan Diaz masih sempat juga mengantongi tiga gol.

Baca Juga

Ini adalah hal yang positif karena seiring musim berjalan Liverpool tidak akan kekurangan sumber gol.

Masalah baru akan muncul ketika membahas lini tengah terutama jika Moises Caicedo atau Romeo Lavia belum resmi didatangkan.

Mengingat bursa transfer amat sulit untuk diprediksi, kami memutuskan menggunakan skenario terburuk untuk menyusun starting XI Liverpool berikut ini.

Kami meyakini Klopp masih belum sepenuhnya siap memainkan Alexander-Arnold sebagai gelandang bertahan full-time karena akan kehilangan bek sayap kelas dunia.

Maka dari itu kombinasi Curtis Jones, Dominik Szoboszlai, dan Alexis Mac Allister sebagai gelandang bertahan akan jadi opsi lini sentral pertama sebelum datangnya 'nomor 6' baru. Berikut ini starting XI Liverpool untuk Liga Inggris 2023/2024 selengkapnya.

Prediksi starting XI Liverpool di Liga Inggris 2023/2024
Baca Juga
LiverpoolJurgen KloppLiga InggrisIndepth

Berita Terkini