x

Prediksi Starting XI Mewah Manchester City di Liga Inggris 2023/2024, Siap Pertahankan Takhta

Jumat, 11 Agustus 2023 20:00 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Berikut adalah prediksi starting XI Manchester City jelang dimulainya Liga Inggris (Premier League) 2023/2024. (Foto: REUTERS/Peter Cziborra)

INDOSPORT.COM - Berikut adalah prediksi starting XI Manchester City jelang dimulainya Liga Inggris (Premier League) 2023/2024.

The Citizens masih akan jadi favorit juara dengan probabilitas melebihi 90% berdasarkan prediksi komputer super dari Opta.

Padahal tim asuhan Pep Guardiola tersebut kehilangan dua pemain penghuni starting XI mereka di bursa transfer musim panas ini.

Mereka adalah Ilkay Gundogan dan Riyad Mahrez. Nama pertama hijrah ke Barcelona sementara lainnya memilih untuk meneruskan karier ke Arab Saudi bersama Al Ahli.

Sejumlah pemain lain masih dirumorkan akan hengkang dari Etihad Stadium. Di antara lain adalah Aymeric Laporte, Joao Cancelo, Kyle Walker, Kalvin Phillips, Bernardo Silva, juga Cole Palmer.

Baca Juga

Selain Palmer dan mungkin Phillips, semuanya masih dianggap punya kaliber sebagai starter di Manchester City.

Sejauh ini di bursa transfer Guardiola baru mendapatkan dua penggawa anyar meski seperti biasa, tetap menghabiskan biaya mahal.

Yang pertama ada Mateo Kovacic (29 juta Euro) dari Chelsea yang disusul bek termahal dunia yang digaet dari RB Leipzig, Josko Gvardiol (90 juta Euro).

Masih ada peluang Manchester City menyambut pemain baru lagi mengingat mereka di saat bersamaan juga dihubungkan dengan Lucas Paqueta, Michael Olise, juga Jeremy Doku.

Akan tetapi diyakini bahwa skuad lama Manchester Biru sudah cukup bagus untuk menambal lubang yang ditinggalkan Gundogan dan Mahrez.

Baca Juga

Memang skuad mereka sangatlah dalam sehingga sampai-sampai kecerdasan buatan Opta saja memprediksikan jika juara Liga Inggris 2023/2024 masih belum akan berganti dari musim lalu.

Phil Foden akan dengan mudahnya menggantikan peran Ilkay Gundogan maupun Riyad Mahrez. Julian Alvarez pun juga pastinya menuntut menit bermain lebih banyak usai musim debut yang spektakuler di 2022/2023.

Manchester City juga tampaknya cukup percaya diri selama pramusim dengan tidak menggelar banyak uji coba.

Sebelum melakoni pekan pertama Liga Inggris 2023/2024, hanya ada dua pertandingan persahabatan yang dilakoni. Apabila menghitung ajang Community Shield, maka The Sky Blues hanya punya tiga partai untuk menguji kesiapan skuad mereka jelang musim baru.

Maka dari itu kami meyakini tidak akan ada perubahan ekstrem dari Manchester City mengingat musim lalu mereka sudah sangat luar biasa dengan menggondol treble winners.

Baca Juga

1. Pilih 3-4-2-1 atau 4-2-3-1?

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola angkat trofi Liga Inggris 2022/2023. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

Satu-satunya yang mungkin jadi bahan perdebatan adalah formasi apa yang akan jadi pakem utama Pep Guardiola dalam menentukan starting XI nantinya.

Belakangan juru taktik asal Spanyol itu kian ketagihan dengan yang namanya mengotak-atik tidak cuma susunan pemain saja namun juga tatanan formasinya.

Meski 'dibesarkan' oleh 4-3-3, namun musim lalu Guardiola adalah pemegang teguh skema 4-2-3-1 meski tidak menerapkannya dengan tradisional.

Guardiola membuat Nathan Ake atau Manuel Akanji yang aslinya adalah bek tengah menjadi bek kiri dengan sejumlah penyesuaian terhadap lawan.

Namun jelang akhir musim selera Pep Guardiola kemudian berubah menjadi 3-4-2-1 dengan John Stones didapuk sebagai gelandang.

Baca Juga

Dengan formasi tersebut Manchester City kemudian bisa mengamankan trofi Piala FA, Liga Inggris, dan kemudian Liga Champions.

Akan tetapi sepanjang pramusim 2023, Guardiola tidak sekalipun menerapkan 3-4-2-1 termasuk saat digebuk Arsenal via penalti di Community Shield.

4-2-3-1 menjadi pilihan meski pada akhirnya hanya ada satu kemenangan yang diraih sebelum Liga Inggris bergulir.

Patut diwajarkan memang karena skema 3-4-2-1 kemungkinan menuntut lebih banyak pemain dengan kefamiliaran dengan taktik Pep Guardiola.

Kehilangan Riyad Mahrez dan Ilkay Gundogan bisa berefek masif sehingga meyakini 4-2-3-1 akan jadi pakem Manchester City nantinya. Setidaknya untuk sementara waktu.

Baca Juga

Di pos penjaga penjaga gawang, Ederson Moraes masih tidak akan tergoyahkan. Begitu juga dengan kwartet bek yang juga bakal diisi Kyle Walker, John Stones, Ruben Dias, dan Manuel Akanji namun mengingat harga mahal Josko Gvardiol cepat atau lambat ia akan masuk menggantikan salah satu pemain.

Untuk slot gelandang, Mateo Kovacic dan Rodri bisa diandalkan sembari menunggu Lucas Paqueta beradaptasi misalnya jika memang playmaker Brasil itu jadi datang dari West Ham United.

Julian Alvarez juga rasanya layak menjadi pemain reguler di starting XI usai musim lalu di Liga Inggris mampu mengemas sembilan gol dan 13 star saja.

Ia akan jadi penopang Erling Haaland yang punya garansi berdiri sendiri memimpin lini depan.

Untuk dua pos gelandang serang yang tersisa, Bernardo Silva (jika batal pindah) dan Jack Grealish menjadi opsi terbaik yang bisa dipilih Pep Guardiola. Berikut ini prediksi starting XI Manchester City di Liga Inggris 2023/2024 selengkapnya.

Prediksi starting XI Manchester City di Liga Inggris 2023/2024
Baca Juga
Manchester CityPep GuardiolaLiga Inggris

Berita Terkini