x

Breaking! Pelatih Roberto Mancini Resmi Mundur dari Timnas Italia

Minggu, 13 Agustus 2023 19:58 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Roberto Mancini resmi mengundurkan diri sebagai pelatih Timnas Italia. Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) juga akan mengumumkan penggantinya dalam waktu dekat. Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane

INDOSPORT.COM - Roberto Mancini resmi mengundurkan diri sebagai pelatih Timnas Italia. Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) juga akan mengumumkan penggantinya dalam waktu dekat.

Melansir dari Football Italia, FIGC mengkonfirmasi pihaknya telah menerima surat pengunduran diri Roberto Mancini sebagai pelatih Timnas Italia pada hari Sabtu (12/08/23) kemarin.

Baca Juga

Dengan demikian, berakhir sudah era Roberto Mancini memimpin Gli Azzurri atau Si Biru yang dimulai sejak Mei 2018 silam hingga UEFA Nations League 2023.

“Federasi mengumumkan menerima pengunduran diri Roberto Mancini sebagai pelatih tim nasional Italia, yang diterima kemarin malam,” demikian bunyi pernyataan resmi FIGC.

“Sebuah halaman penting dalam sejarah Azzurri berakhir, yang dimulai sejak Mei 2018 dan berakhir dengan Final Liga Bangsa-Bangsa 2023,” lanjut pernyataan tersebut.

Roberto Mancini mundur dari jabatannya hanya berselang sebulan jelang matchday kelima Kualifikasi Euro 2024 Timnas Italia yang akan digelar pada September mendatang.

Baca Juga

Timnas Italia dijadwalkan menghadapi Makedonia Utara pada 10 September sebelum menjamu Ukraina pada 13 September.

Dengan mepetnya waktu menyambut dua pertandingan penting itu, FIGC sedang bergerak cepat mencari pelatih sementara untuk mendampingi Timnas Italia.

“Mengingat pertandingan penting dalam waktu dekat di kualifikasi Euro 2024, nama pelatih interim baru akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan,” lanjut FIGC dalam pernyataannya.

Mundurnya Roberto Mancini sebagai pelatih Timnas Italia tentu saja menjadi kabar yang mengejutkan mengingat Roberto Mancini masih dipercaya membawa negara sukses di masa mendatang.

Baca Juga

1. Problematika Roberto Mancini di Timnas Italia

Roberto Martinez dan Roberto Mancini.

Bahkan, Roberto Mancini baru-baru ini ditunjuk sebagai coordinator untuk tim nasional Italia kategori junior dengan tujuan pengembangan bakat dan menyeleksi calon bintang timnas senior.

Namun demikian, tugas barunya ini hanyalah puncak dari segala masalah yang dihadapi Roberto Mancini dalam menangani Timnas Italia dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Baca Juga

Dimulai dari kegagalannya membawa Timnas Italia lolos ke Piala Dunia 2018 namun dia mampu merombak Timnas Italia hingga mampu juara Euro 2020.

Sayangnya, Mancini kembali gagal membawa Gli Azzurri lolos ke Piala Dunia untuk kedua kalinya pada 2022 dibarengi dengan konflik internal di dalam skuatnya dan FIGC.

Dengan Mancini jadi koordinator junior tampaknya ini menjadi akal-akalan FIGC untuk menambah beban di pundak sang pelatih sekaligus jadi kambing hitam jika kegagalan kembali terjadi.

Melansir dari Football Italia, mundurnya Mancini menjadi langkah pertama FIGC merombak staf kepelatihan Timnas Italia dengan menghadirkan wajah-wajah baru.

Baca Juga

Di antaranya dengan mendatangkan Andrea Barzagli dan memanggil mantan kiper Juventus Gianluigi Buffon yang belum lama ini memutuskan pensiun.

Selain itu, beberapa nama dikaitkan dengan rumor menggantikan posisi Roberto Mancini. Salah satunya yang sedang dipertimbangkan FIGC yakni pelatih Juventus, Massimiliano Allegri.

Roberto Mancini membawa Timnas Italia meraih gelar juara Euro 2020 dengan mencetak rekor baru sepanjang masa sebagai tim nasional yang tak terkalahkan di ajang ini.

Dia meninggalkan Azzurri dengan torehan 39 kemenangan, 13 kali imbang dan 9 kali kalah, di mana Timnas Italia mencetak 130 gol dan hanya kebobolan 49 kali.

Baca Juga
ItaliaRoberto ManciniFIGCBola Internasional

Berita Terkini