x

Kadek Arel Dapat Pesan dari Pemain Timnas Thailand Usai Jadi Debutan di Timnas Indonesia U-23

Minggu, 13 Agustus 2023 22:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Juni Adi
Bek Bali United, I Kadek Arel Priyatna. (Foto: MO Bali United)

INDOSPORT.COM - Penggawa debutan di Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2023, Kadek Arel mendapat pesan khusus dari pemain timnas Thailand yang juga rekan setimnya di Bali United.

Bek Bali United, I Kadek Arel Priyatna, siap beraksi pada debutnya di Timnas Indonesia U-23. Kadek Arel mendapat pesan khusus dari senior sekaligus bek Timnas Thailand, Elias Dolah.

Kadek Arel merupakan sosok baru yang dihadirkan Shin Tae-yong di Timnas U-23. Kadek Arel layak mendapat kepercayaan ini karena tampil prima bersama Bali United.

Meski usianya baru 18 tahun, Kadek Arel selalu dimainkan dalam pertandingan di Liga 1 2023-2024. Ia tak sekadar tenang menghadapi penyerang lawan, namun juga kerap membantu build up serangan.

Kesempatan yang diberikan Shin Tae-yong tak hanya membuat Kadek Arel gembira. Stefano Cugurra Teco selaku pelatih dan Elias Dolah sebagai rekan duetnya di bek tengah ikut bahagia.

Baca Juga

Pesan pun diberikan Teco dan Elias Dolah untuk Kadek Arel. Keduanya ingin Arel bisa meraih kesuksesan ketika dipercaya main di Piala AFF U-23 2023.

"Coach Teco mengucapkan selamat dan semoga sukses kepada saya karena telah dipanggil Timnas. Saya diberi pesan untuk jangan sampai cedera. Kemudian pesan dari Dollah, dia mengucapkan selamat dan sukses kepada saya," kata Kadek Arel.

Baca Juga

Kadek Arel memang baru kali ini dipanggil Timnas U-23. Sebelum ini, Kadek Arel pernah membela tim nasional dari kelompok usia 15 tahun hingga 20 tahun.

Meski begitu, Kadek Arel punya kans besar dimainkan sebagai starting eleven. Dari sederet bek tengah yang sudah merapat, Kadek Arel termasuk yang punya menit bermain tinggi di Liga 1 2023-2024.

Kadek Arel selalu berada di starting eleven dalam delapan laga. Dari delapan kesempatan itu, Kadek Arel mencatatkan empat kali bermain tanpa diganti.

"Persiapan kali ini sangat baik karena saya lumayan banyak mendapat menit bermain di klub sehingga di Timnas kondisi saya sangat baik," tutur Kadek Arel.

Baca Juga

Besar kemungkinan Kadek Arel akan diduetkan dengan Alfeandra Dewangga di pos bek tengah. Pasalnya, Rizky Ridho tak dilepas Persija Jakarta dan digantikan gelandang bertahan asal Persis Solo, Muhammad Kanu Helmiawan.

Ia memiliki gaya bermain yang sangat mirip dengan Rizky Ridho. Postur tubuh dan kecepatannya juga tak kalah dari Rizky Ridho.

Namun begitu, semua keputusan bergantung pada style of play dari Shin Tae-yong. Kadek Arel siap mengikuti semua instruksi dari pelatih asal Korea Selatan tersebut.

"Pastinya sangat optimis, tapi balik lagi pada tim pelatih di timna bagaimana kebutuhan timnya," ungkap Kadek Arel.

Di fase grup Piala AFF U-23 2023, Indonesia berada di grup B bersama Malaysia dan Timor Leste. Keberhasilan menjuarai SEA Games 2023 membuat Indonesia diunggulkan untuk lolos.

Baca Juga

Apalagi Malaysia dan Timor Leste tak diperkuat beberapa nama besar yang sukses bersama klubnya. Salah satunya Paulo Gali Freitas yang tak disertakan Timor Leste.

"Tentu target saya sebagai pemain pastinya juara dan semoga saya bisa mendapatkan menit bermain di sana," jelas Kadek Arel.

Indonesia akan memulai aksi dengan melawan Malaysia pada Jumat (18/8/23). Kemudian pada hari Minggu (20/8/23), Indonesia akan melawan Timor Leste.

Hanya juara grup yang pasti lolos ke babak semifinal di Piala AFF U-23 2023. Sementara satu slot tersisa akan diambil dari tim dengan status runner up terbaik.

Thailand selaku tuan rumah tergabung di grup A bersama Brunei Darussalam, Kamboja dan Myanmar. Sementara grup C dihuni Vietnam, Filipina dan Laos.

Baca Juga
Timnas Indonesia U-23Shin Tae-yongPiala AFF U-23

Berita Terkini