x

Mentalitas Baja Jadi Kunci Persik Kediri Cukur Persis Solo 2 Gol Tanpa Balas

Minggu, 13 Agustus 2023 10:45 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Persik Kediri, Marcelo Rospide.

INDOSPORT.COM - Persik Kediri membuktikan ambisinya mengamankan poin penuh saat menjamu Persis Solo dalam laga pekan ke-8 Liga 1 Indonesia 2023/24, Sabtu (12/8/23).

Gol Rohit Chand pada menit ke-49 dan penalti Flavio Silva (88') menjadi penentu kemenangan meyakinkan 2-0 atas Persis Solo di Stadion Brawijaya Kediri.

Baca Juga

Torehan ini jelas sangat melegakan Persik Kediri. Mereka bahkan kini mulai konsisten terhadap hasil positif, dengan total perolehan tujuh poin dan tak terkalahkan dalam tiga laga.

Sebelum menerkam Persis Solo, Persik mampu memenangi laga sulit di markas PSM Makassar 2-1 dan mengimbangi tuan rumah Bali United 1-1.

"Kembali ini bicara mental. Pemain mampu menampilkan mental tangguh untuk berikan hasil terbaik," ujar pelatih Marcelo Rospide dalam post-match press conferrence.

Kendati demikian, Rospide mengakui bahwa cara mengalahkan Persis diraih dengan tak mudah. Laga berlangsung sangat sulit karena tim tamu tampil dengan skema terbuka yang tergambar jelas selama babak pertama laga.

Baca Juga

"Kami mencoba tampil agresif dengan beberapa strategi. Kami cukup sukses lakukan itu, tapi ternyata gagal mencetak gol," ulas Marcelo Rospide.

"Sementara Persis Solo tim yang kuat dan bagus. Banyak pemain mereka dibekali dengan skill individu yang baik," tambah pelatih berpaspor Brasil tersebut.

Kemenangan ini lantas mengantar Persik Kediri memasuki top 10 klasemen. Tim Macan Putih kini berada di peringkat ke-8 Liga 1 2023/24 dengan 11 poin dari 8 laga.

Bersamaan dengan itu, Marcelo Rospide juga mengakui bahwa kemenangan Persik Kediri 2-0 atas Persis Solo tak lepas dari faktor keberuntungan.

Baca Juga

Bagaimana tidak, Persik mau tak mau harus menyiapkan skuat terbaik di tengah keterbatasan stamina pemain akibat melakoni dua jadwal tandang yang menguras tenaga.

"Saya sempat dibuat pusing dengan banyaknya pemain yang sakit sebelum laga hari ini. Bahkan, staf pelatih ikut sakit," beber Marcelo Rospide.

"Dua away yang sangat melelahkan dengan jarak waktu yang mepet, tentu membuat recovery terbatas. Tapi kami wajib tampil fight melawan Persis Solo," tambah dia.

Setidaknya, ada tiga pemain andalan yang absen laga itu. Simen Lyngbo dan Riyatno Abiyoso absen karena pemulihan cedera, sedangkan Jeam Kelly Sroyer mesti bergabung timnas U-23.

Sehingga, sebuah hal yang normal jika kemenangan atas Persis perlu dirayakan dengan suka cita lantaran tiga poin ini penting di tengah kondisi tim yang pelik.

"Sungguh satu pekan yang sulit bagi Persik. Saya mesti mengapresiasi mentalitas semua pemain yang semakin tangguh. Mereka berkomitmen kuat untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya," tuntas Marcelo Rospide.

Baca Juga
Persik KediriPersis SoloLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Marcelo Rospide

Berita Terkini