x

Respons Menohok Andre Onana Kasus Doping Kembali Diungkit Usai Gabung Man United

Minggu, 13 Agustus 2023 18:53 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Juni Adi
Kiper baru Manchester United, Andre Onana, memberi tanggapan menohok saat kasus dopingnya diungkit-ungkit ketika dia pertama kali gabung klub Liga Inggris itu. (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

INDOSORT.COM - Kiper baru Manchester United, Andre Onana, memberi tanggapan menohok saat kasus dopingnya diungkit-ungkit ketika dia pertama kali gabung klub Liga Inggris tersebut.

Andre Onana saat ini tengah bersiap menyambut musim baru bersama klub baru. Ya. Dia bergabung dengan Manchester United usai meninggalkan Inter Milan pada bursa transfer Juli 2023.

Baca Juga

Kiper asal Kamerun yang ditebus 47,2 juta pounds oleh Manchester United ini bertekad ingin menciptakan sejarahnya sendiri di Old Trafford.

Dirinya ingin dianggap sebagai salah satu legenda Setan Merah meski kedatangannya untuk menggantikan kiper David de Gea yang sudah 12 tahun mengabdi.

“Sekarang saya bermain lagi, saya ingin menjadi legend (Manchester United), kiper terbaik di dunia,” tutur Andre Onana kepada The Players’ Tribune dilansir dari The Sun.

Namun rupanya masih ada satu hal yang mengganjal di hati Andre Onana saat dirinya pertama kali diperkenalkan sebagai kiper Manchester United.

Baca Juga

Beberapa fans Man United masih mengenal Andre Onana sebagai pemain problematik terutama karena kasus doping yang dihadapinya saat membela Ajax Amsterdam pada 2021 silam.

Andre Onana pernah diskors larangan bermain selama setahun karena pelanggaran doping saat memperkuat Ajax pada Februari 202 1.

Namun hukuman tersebut berkurang menjadi 9 bulan usai Ajax ajukan banding dengan alasan Onana salah minum pil kehamilan sang istri yang mengandung furosemide

Kasus tersebut diungkit-ungkit belakangan ini dan membuat Andre Onana sangat kesal. Dirinya menceritakan skorsing itu membuat dia tidak bisa bermain sepak bola.

Baca Juga

1. Andre Onana Menderita Gegara Kasus Doping

Andre Onana di laga pramusim Manchester United vs RC Lens (05/08/23). (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

Onana menjadi pemain internasional Kamerun sejak usia 20 tahun. Dia menjadi finalis Liga Europa pada usia 21 tahun dan semifinalis Liga Champions pada usia 23 tahun bersama Ajax.

Pria kelahiran Nkol Ngok, Kamerun itu bergabung dengan Barcelona pada usia 14 tahun sebelum pindah ke Ajax pada usia 18 tahun. Namun dunianya hancur berantakan gara-gara salah minum obat.

Baca Juga

Andre Onana mengatakan hukuman atas kasus doping itu membuat dia bak terpidana. Dia dijauhkan dari sepak bola dan beberapa orang terdekat menjauhinya karena takut ikut terjerumus.

“Semua hukuman sudah saya jalani. Andre Onana dilarang minum obat, seperti para pecandu. Bagaimana saya menjelaskannya kepada keluarga saya?” Onana mengatakan.

“Saya tahu. Hukum adalah hukum. Anda mengacau, Anda akan tahu akibatnya. Saya sudah menebusnya. Tetapi terkadang Anda bertanya-tanya, apakah mereka menghukum Anda untuk memberi pelajaran atau untuk menyakiti Anda?”

“Sanksi itu membuat saya tidak bisa pergi ke pertandingan, berlatih dengan tim, atau menghadiri perayaan gelar di akhir musim, padahal saya bermain di setiap pertandingan sampai skorsing itu datang!”

Baca Juga

“Bagaimana itu disebut keadilan? Orang-orang di sekitarku berubah. Beberapa menghilang sama sekali.”

Namun Andre Onana tampaknya mulai melupakan rasa sakit hatinya karena kasus tersebut dengan mencoba menatap masa depan bersama Manchester United.

Pemain berusia 27 tahun tersebut sudah menjalani debut non-resminya di pertandingan uji coba selama tur pramusim skuat Erik ten Hag.

Kini Andre Onana bersiap menjalani debutnya di Liga Inggris 2023-2024 saat Manchester United mengawali kampanye dengan menghadapi Wolves pada 15 Agustus 2023 di Old Trafford. 

Baca Juga
Manchester UnitedLiga InggrisAndre Onana

Berita Terkini