x

5 Klub Eropa yang Bisa Dituju Roberto Mancini Usai Tinggalkan Timnas Italia

Senin, 14 Agustus 2023 11:15 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Pelatih Italia Roberto Mancini. Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane

INDOSPORT.COM – Sejumlah klub Eropa berikut bisa jadi pilihan destinasi karier Roberto Mancini setelah resmi tinggalkan Timnas Italia beberapa waktu lalu.

Melansir dari Football Italia, FIGC mengkonfirmasi pihaknya telah menerima surat pengunduran diri Roberto Mancini sebagai pelatih Timnas Italia pada hari Sabtu (12/08/23) kemarin.

Dengan demikian, berakhir sudah era Roberto Mancini memimpin Gli Azzurri atau Si Biru yang dimulai sejak Mei 2018 silam hingga UEFA Nations League 2023.

“Federasi mengumumkan menerima pengunduran diri Roberto Mancini sebagai pelatih tim nasional Italia, yang diterima kemarin malam,” demikian bunyi pernyataan resmi FIGC.

“Sebuah halaman penting dalam sejarah Azzurri berakhir, yang dimulai sejak Mei 2018 dan berakhir dengan Final Liga Bangsa-Bangsa 2023,” lanjut pernyataan tersebut.

Baca Juga

Roberto Mancini mundur dari jabatannya hanya berselang sebulan jelang matchday kelima Kualifikasi Euro 2024 Timnas Italia yang akan digelar pada September mendatang.

Timnas Italia dijadwalkan menghadapi Makedonia Utara pada 10 September sebelum menjamu Ukraina pada 13 September.

Baca Juga

Selama membesut Timnas Italia, statistik Roberto Mancini terbilang apik dengan torehkan 37 kemenangan dari total 61 pertandingan.

Berbekal statistik tersebut, tak heran jika Roberto Mancini masih bakal jadi buruan tim-tim top Italia untuk mendapatkan servisnya sebagai pelatih.

Berikut INDOSPORT coba merangkum, lima klub Eropa yang mungkin bakal jadi pelabuhan baru Roberto Mancini usai tinggalkan Timnas Italia:

Baca Juga

1. Juventus

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Satish Kumar.

Klub pertama adalah Juventus. Klub asal Italia ini bisa jadi pilihan pertama Roberto Mancini lantaran punya catatan apik di kompetisi domestik.

Berbekal sejarah mentereng tersebut, CV Roberto Mancini dipastikan tak bakal downgrade setelah putuskan hengkang dari Timnas Italia.

Peluang melatih Juventus pun terbilang besar, lantaran dalam beberapa musim terakhir Si Nyonya Tua kurang bersinar bersama Allegri dan manajemen berencana datangkan pelatih baru.

Liverpool
Berikutnya adalah Liverpool. Usai gagal finish di zona Liga Champions musim depan, karier Jurgen Klopp sebagai pelatih The Reds mulai berada di ujung tanduk.

Tak cuma soal prestasi, seringnya konflik yang tercipta antara Jurgen Klopp dan petinggi Liverpool juga jadi alasan mengapa eks pelatih Dortmund tersebut berpotensi didepak.

Baca Juga

Andai benar Jurgen Klopp dipecat, maka Roberto Mancini layak jadi kandidat pelatih baru Liverpool musim depan.

Berbekal skuat fantastis peninggalan Klopp, dipastikan Roberto Mancini tak akan kesulitan untuk membawa Liverpool kembali ke peta persaingan gelar juara.

Baca Juga

Wolverhampton Wanderers
Untuk nama berikut ini sejatinya bukan opsi utama buat Roberto Mancini, namun jika sang pelatih ingin merasakan kembali atmosfer Liga Inggris maka Wolverhampton bisa jadi pilihan.

Sebelum kompetisi Liga Inggris bergulir, Wolverhampton alami nasib apes lantaran ditinggal Julen Lopetegui meski sang pelatih belum jalani debut resmi buat klubnya.

Dengan bekal pengalamannya yang sukses bawa Manchester City juara Liga Inggris, sosok Roberto Mancini bisa jadi pilihan tepat buat Wolverhampton.

Baca Juga

2. Atalanta

Gian Piero Gasperini, pelatih Atalanta. Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo

Atalanta bisa jadi alternatif Roberto Mancini jika dirinya ingin berkarier ke Liga Italia. Di musim lalu, Atalanta arahan Gasperini gagal finish di empat besar dan harus puas tampil di Liga Europa.

Meski Gasperini masih punya kontrak satu tahun lagi, namun dengan prestasi yang biasa-biasa saja membuat manajemen bisa mencari sentuhan baru dengan mendatangkan Mancini.

Genoa
Terakhir adalah Genoa. Tim yang baru saja promosi ini juga bisa jadi pilihan Roberto Mancini jika ingin mencari tantangan di Liga Italia.

Selama dilatih Alberto Gilardino, penampilan Genoa memang terbilang apik dan puncaknya menjadi runner up Serie B musim lalu.

Akan tetapi untuk menghadapi Liga Italia, Genoa membutuhkan sosok pelatih berpengalaman demi bisa bertahan dan terhindar dari zona degradasi.

Hal tersebut sudah dilakukan Frosinone, tim yang juga mendapat tiket promosi tersebut langsung mengganti pelatih kepala mereka dengan merekrut Eusebio Di Francesco.

Oleh sebab itu, jika Genoa tak mau kembali degradasi ke Serie B maka sebaiknya mereka merekrut Roberto Mancini yang sudah punya pengalaman melatih di Serie A. 

Bursa TransferItaliaRoberto ManciniBerita Transfer

Berita Terkini