x

Manchester United Akan Dijual Rp141,6 Triliun, Sheikh Jassim atau Sir Jim Ratcliffe yang Menang?

Senin, 14 Agustus 2023 20:24 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Juni Adi
Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United sebentar lagi akan diumumkan dijual oleh Keluarga Glazer ke pemilik baru. Siapakah pemenangnya? (Foto: Instagram@manchesterunited)

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United sebentar lagi akan diumumkan dijual oleh Keluarga Glazer ke pemilik baru. Siapakah pemenangnya?

Menurut Mehmet Dalman selaku bos Cardiff, Manchester United akan dijual oleh Keluarga Glazer dengan harga 7,2 miliar pounds atau Rp141,6 triliun.

Baca Juga

Melasir dari The Sun, pemimpin klub Championship (kasta dua Liga Inggris) tersebut meyakini harga tersebut sejurus dengan meningkatnya nilai klub-klub sepak bola belakangan ini.

Pernyataan Mehmet Dalman tersebut semakin mengerucutkan saga penjualan Manchester United oleh Keluarga Glazer yang berlangsung selama sembilan bulan terakhir.

Diketahui, Keluarga Glazer sudah berkali-kali menerima tawaran dari bangsawan Qatar Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani dan miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe untuk mengakuisisi klub.

Beberapa kali tawaran tersebut ditolak karena berbagai alasan. Meski demikian, Sheikh Jassim dan Jim Ratcliffe masih sabar menunggu keputusan Glazer.

Baca Juga

Kini, setelah melalui proses yang panjang dan berlarut-larut, Keluarga Glazer siap mengumumkan penjualan Manchester United dengan nilai 10 kali lebih tinggi dari dari pendapatan klub.

“Manchester United akan mengumumkan penjualan mereka di angka 7,2 miliar-7,3 miliar pounds, yang kira-kira 10 kali lipat dari pendapatan mereka,” ujar Dalman kepada BBC.

“Dua atau tiga tahun lalu, kita mungkin membicarakan penjualan Cardiff sekitar 20 juta pounds atau 30 juta pounds, tetapi sekarang Anda harus melihat 90 juta pounds atau 100 juta pounds,” tambahnya.

Belum bisa dipastikan apakah Dalman membocorkan informasi penjualan Manchester United karena dampak akuisisi juara Liga Inggris 13 kali tersebut ataukah mendapat informasi dari orang dalam.

Baca Juga
 

1. Sheikh Jassim atau Sir Jim Ratcliffe Pemenangnya?

Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, Bankir asal Qatar calon pemilik Manchester United. (Foto: Instagram@sheikhjassim7)

Meski demikian, masih harus dilihat apakah Keluarga Glazer akan mendapatkan investor baru ataukah akan mengumumkan pemenang antara Sheikh Jassim atau Sir Jim Ratcliffe.

Akan tetapi, ada spekulasi bahwa Keluarga Glazer akan menjual Manchester United kepada Sheikh Jassim setelah menerima tawaran terakhir.

Baca Juga

Pada bulan Agustus kemarin, The Sun melaporkan Sheikh Jassim membuat gebrakan demi memenangkan persaingan tawaran akuisisi.

Diyakini, Sheikh Jassim meningkatkan penawarannya untuk mengakuisisi Manchester United dengan biaya mencapai 5,2 miliar poundsterling (sekira Rp100 triliun).

Selain itu, dia juga mengalokasikan 800 (sekira Rp15 triliun) juta poundsterling untuk diinvestasikan ke Manchester United.

Sheikh Jassim juga berjanji membayar seluruh utang yang dimiliki oleh Manchester United. Hal ini menunjukkan keseriusannya untuk menjadi pemilik baru Manchester United.

Baca Juga

Keluarga Glazer sudah memiliki Manchester United sejak 2005, setelah pertama kali membeli saham klub tersebut beberapa tahun sebelumnya.

Akan tetapi, era kepemilikan Glazer kerap mendapatkan kritik dan sorotan tajam dari para penggemar Manchester United karena kebijakan transfer dan bisnis klub.

Manchester United sendiri akan memulai kampanye musim 2023-2024 dengan menghadapi Wolves pada Selasa (15/08/23) dinihari WIB pada laga pembuka Liga Inggris musim ini.

Laga ini juga menandai debut sejumlah rekrutan baru Man United di era Erik ten Hag seperti Mason Mount, Andre Onana dan Rasmus Hojlund. 

Baca Juga
Manchester UnitedLiga InggrisSir Jim RatcliffeSheikh JassimKeluarga Glazer

Berita Terkini