x

Termasuk Enzo Si Kelas Dunia, 4 Penampil Terbaik Chelsea saat 'Permalukan' Liverpool

Senin, 14 Agustus 2023 15:33 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Tidak diunggulkan menghadapi Liverpool di kandang sendiri dalam pekan pertama Liga Inggris (Premier League) 2023/2024, Chelsea tampil mengejutkan. (Foto: REUTERS/Tony Obrien)

INDOSPORT.COM - Tidak diunggulkan menghadapi Liverpool di kandang sendiri dalam pekan pertama Liga Inggris (Premier League) 2023/2024, Chelsea tampil mengejutkan.

Secara tidak terduga The Blues bisa menahan tamunya 1-1 dan memungut satu poin berharga yang bisa membentuk musim mereka ke depannya.

Wajar bila Chelsea menjadi underdog di Stamford Bridge pada Minggu (13/08/23) malam tadi. Tim yang mereka pasang jauh dari kata meyakinkan.

Ada empat pemain di starting XI yang baru datang di bursa transfer musim panas 2023 dan empat lainnya juga belum sampai dua tahun di tim utama Chelsea.

Hanya Reece James, Thiago Silva, dan Ben Chilwell yang bisa dianggap sebagai pemain dengan waktu menetap cukup lama di Chelsea.

Baca Juga

Belum lagi faktor manajer Mauricio Pochettino yang juga baru tiba di Stamford Bridge pada 1 Juli lalu. Jelas adaptasi taktik masih berjalan hingga saat ini.

Saat Liverpool unggul di menit ke-18 via gol Luis Diaz, publik semakin yakin jika Chelsea akan dipermalukan di rumahnya sendiri.

Akan tetapi justru mereka tidak goyah dan justru makin agresif dalam menyerang. Puncaknya adalah ketika Axel Disasi menyambar masuk assist dari Chilwell dan membawa tuan rumah menyamakan kedudukan di menit ke-37.

Layaknya tim besutan Pochettino, Chelsea kemudian bisa mendominasi jalannya laga dalam hal penguasaan bola.

Baca Juga

Si Biru memonopoli 64,9% aliran umpan dan membuat lawan akhirnya gagal untuk memulihkan keunggulan mereka. Liverpool jelas merasa malu karena tidak bisa membawa pulang angka penuh melawan tim minim pengalaman seperti Chelsea semalam.

Jika bisa mempertahankan atau bahkan meningkatkan performa mereka dari big match ini, maka Chelsea bisa menjalani musim yang lebih baik dari Liga Inggris 2022/2023 lalu.

Pochettino bisa bergantung pada keempat pemain ini untuk menjadi tulang punggung timnya di laga-laga yang akan datang. Berikut ulasannya.

Baca Juga

1. 1. Enzo Fernandez

Pemain Chelsea Enzo Fernandez bersitegang dengan pemain Liverpool Andrew Robertson pada laga Liga Inggris. (Foto: REUTERS/Peter Cziborra)

Mengenakan nomor punggung baru 8 yang sebelumnya dikenakan oleh legenda Chelsea yakni Frank Lampard, Enzo Fernandez, menunjukkan jika ia memang pantas menjadi penerus The Super Frank.

Tampil selama 90 menit penuh, Enzo berperan sebagai motor utama permainan timnya. WhoScored mencatat jika ia adalah pemain dengan sentuhan pada bola terbanyak kedua dengan 120 touches.

Gelandang asal Argentina itu juga melepaskan 94 operan dengan akurasi 90% dan 2 di antaranya lahir sebagai umpan kunci. 2 dribel, 1 duel udara sukses, dan 1 tekel bersih membuat aksi Enzo semakin terlihat rupawan.

Secara eye test pun pemain 22 tahun ini juga lolos dengan seringkali menunjukkan tekhnik ciamik yang menutupi kekurangan dalam aspek fisiknya dalam beradu dengan lini tengah Liverpool.

2. Conor Gallagher

Pendukung Chelsea sempat cemas ketika melihat nama Conor Gallagher di starting XI vs Liverpool mengingat performa di bawah standarnya musim lalu namun ia membuktikan jika 2023/2024 akan jadi permulaan baru.

Baca Juga

Gallagher tampil spartan di lini sentral sebagai duet Enzo Fernandez. Meski sempat beberapa kali kehilangan bola yang nyaris menjadi momentum bagi lawan, namun eks Crystal Palace itu kemudian bisa meng-cover kesalahannya.

Tidak ada pemain lain di Stamford Bridge malam tadi yang mengunggulinya dalam jumlah ball recoveries (10), intersepsi (3), dan blok (1). Akurasi tekel yang mencapai 50% juga semakin membuat Gallagher tampak kokoh sebagai box-to-box. Jika konsisten, bukan tidak mungkin pemain asal Inggris ini akan menyemen tempatnya di tim utama.

3. Levi Colwill

Chelsea membuat keputusan yang benar untuk mempromosikan Levi Colwill sepenuhnya ke tim senior usai musim lalu bersinar di peminjaman bersama Brighton & Hove Albion dan bahkan memberinya perpanjangan kontrak.

Pasanya Colwill langsung bermain brilian dalam debutnya kontra Liverpool meski usianya masih 20 tahun. Pujian semakin layak diberikan pada bek kidal ini karena ia berani mengenakan jersey bernomor 26 peninggalan legenda besar John Terry.

Didapuk sebagai bek sentral sebelah kiri, Colwill bisa menutup celah yang ditinggalkan Ben Chilwell saat maju ke depan. Sesekali bahkan ia ikut melakukan overlap dan mencatatkan dua umpan kunci.

Baca Juga

Dalam beberapa kesempatan ia memang sempat kecolongan karena ada pemain Liverpool yang menembus areanya beroperasi namun penggawa timnas Inggris U-21 itu tetap tampil oke dari segi defensif berkat 1 duel udara sukses, 2 tekel bersih, 2 sapuan, dan 1 intersepsi.

4. Axel Disasi

Thiago Silva menjalani tugas berat melawan Liverpool karena ia harus menjadi komando lini belakang yang diisi oleh empat debutan sekaligus yakni Levi Colwill, Axel Disasi, dan kiper Robert Sanchez.

Akan tetapi pada prosesnya Silva justru tidak kesulitan karena masing-masing bisa menjalankan tugas dengan baik. Terutama Disasi yang menjadi pencetak gol penyama kedudukan Chelsea.

Disasi yang baru tiba dari AS Monaco juga rapi soal distribusi umpannya. Defender jangkung Prancis tersebut menjadi pemain dengan jumlah operan (97) dan akurasi (92%) terbaik kedua di Stamford Bridge dari semua pemain starter dan hanya kalah dari Silva.

Tidak sia-siap Chelsea mengeluarkan 45 juta Euro untuk dirinya. Menarik untuk menanti apakah Disasi akan kembali menjadi starter lagi di pekan-pekan selanjutnya Liga Inggris 2023/2024 pasca penampilan okenya kontra Liverpool.

Baca Juga
ChelseaLiga InggrisEnzo FernandezConor GallagherAxel DisasiIndepthLevi Colwill

Berita Terkini