x

Bedah Rotasi Gelandang Chelsea Usai Tikung Moises Caicedo dan Romeo Lavia, Bisa Saingi Man City?

Rabu, 16 Agustus 2023 16:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Membedah rotasi lini tengah raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, usai menikung Moises Caicedo dan Romeo Lavia dari Liverpool.

INDOSPORT.COM – Membedah rotasi lini tengah raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, usai menikung Moises Caicedo dan Romeo Lavia dari Liverpool.

Chelsea baru saja melangkahi rivalnya, Liverpool, dalam perburuan Moises Caicedo dan Romeo Lavia di bursa transfer musim panas 2023 ini.

Baca Juga

Semua bermula saat Chelsea dan Liverpool saling berburu tanda tangan Romeo Lavia, di mana tawaran kedua tim itu tak diterima Southampton.

Liverpool kabarnya hanya menawarkan 45 juta poundsterling yang ditolak Southampton, dan dibalas Chelsea dengan tawaran 48 juta poundsterling yang juga masih ditolak.

Geram Chelsea memberikan penawaran tinggi, Liverpool mengirimkan tawaran untuk target utama rivalnya itu, yakni Moises Caicedo dengan nilai 111 juta poundsterling.

Tawaran Liverpool itu diterima oleh Brighton, tapi tidak dengan sang pemain yang ingin bergabung Chelsea karena telah sepakat secara personal.

Baca Juga

Alhasil, Chelsea menaikkan tawaran 115 juta poundsterling dan berhasil mendapatkan Caicedo. Hal ini memicu Liverpool menaikkan tawaran untuk Romeo Lavia sebesar 60 juta poundsterling.

Nahas bagi Liverpool, Chelsea ternyata sudah sepakat dengan Lavia dan Southampton di angka 50 juta poundsterling. Sang pemain pun disebutkan lebih memilih bergabung The Blues.

Kini usai berhasil mendapatkan keduanya, Chelsea dan Mauricio Pochettino dihadapkan pada situasi pelik, yakni mengenai pemilihan pemain di Starting Line Up nya.

Ya, karena kedatangkan Caicedo dan Lavia, lini tengah Chelsea saat ini menumpuk. Pasalnya, The Blues telah memiliki Enzo Fernandez, Conor Gallagher, Andrey Santos, dan Lesley Ugochukwu.

Jika ditotal dengan kehadiran Caicedo dan Lavia, maka lini tengah Chelsea berisikan enam pemain muda yang harus memperebutkan dua hingga tiga tempat di Starting Line Up.

Dengan kondisi tersebut, bagaimana rotasi gelandang Chelsea dengan empat pemain yang sudah ada dan kehadiran Moises Caicedo serta Romeo Lavia?

Baca Juga

1. Masalah yang Menyenangkan bagi Pochettino

Pemain Southampton, Romeo Lavia. (Foto: REUTERS/Matthew Childs)

Kehadiran enam pemain di sektor gelandang Chelsea ini sejatinya sudah cukup bila melihat taktik yang dipakai Mauricio Pochettino.

Enam gelandang ini punya tipikal yang sama, dengan rincian tiga pemain nomor 6 (Caicedo, Lavia, dan Ugochukwu) dan tiga pemain nomor 8 (Enzo, Gallagher, dan Andrey Santos).

Baca Juga

Jika Pochettino menggunakan formasi tiga gelandang, yakni Double 6 dengan satu Advance Midfielder, maka keenam pemain ini bisa dirotasi dengan sempurna.

Nahas, Pochettino kabarnya akan menggunakan formasi 4-2-3-1, di mana hanya ada dua gelandang saja yang akan digunakan untuk menempati Double Pivot.

Dengan enam gelandang yang dimiliki, nama Enzo Fernandez dan Moises Caicedo bisa saja menjadi pilihan utama karena tipikal keduanya yang bisa jadi pemain nomor 6 dan 8.

Dengan tak banyaknya kompetisi yang diikuti Chelsea, maka ada kemungkinan Lavia, Ugochukwu, Gallagher dan Santos akan dirotasi di kompetisi domestik seperti Piala FA dan Piala Liga Inggris.

Baca Juga

Tapi menit bermain bisa merata didapatkan keenamnya andai Pochettino mau menggunakan formasi 4-3-3, atau menggunakan skema Double 6 dengan satu gelandang Advance.

Jika formasi itu diterapkan, maka ada kemungkinan Caicedo dan Lavia akan menjadi pemain Double 6 dan Enzo akan memainkan peran sebagai Advance Midfielder.

Lalu ketiga pemain ini akan digantikan oleh Ugochukwu dan Santos sebagai Double 6 dan Gallagher sebagai pemain nomor 8.

Perbedaannya, formasi 4-2-3-1 akan tampil menyerang yang berpusat di tengah, sehingga Double Pivot hanya menjadi pengatur tempo. Sedangkan 4-3-3 akan menyerang dari sisi sayap, dengan trio gelandang sebagai Breaker.

Sedangkan persamaannya adalah pada peran Enzo yang akan lebih bebas seperti di laga kontra Liverpool, di mana ia bisa bergerak membantu serangan dan pertahanan dengan baiknya.

Pada akhirnya, lini tengah Chelsea punya kedalaman skuad yang mumpuni. Secara tak langsung, kondisi ini akan membuat Pochettino berada dalam masalah yang menyenangkan dengan banyaknya opsi yang ada di timnya.

Baca Juga
Bursa TransferChelseaMauricio PochettinoIn Depth SportsLiga InggrisTransfer PemainMoises CaicedoIndepthRomeo Lavia

Berita Terkini