x

Siapa Michael Olise? 'Sang Mantan' yang Bakal Kembali ke Pangkuan Chelsea

Rabu, 16 Agustus 2023 11:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, dikabarkan selangkah lagi akan mendatangkan Michael Olise dari Crystal Palace.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, dikabarkan selangkah lagi akan mendatangkan Michael Olise dari Crystal Palace.

Kepindahan Michael Olise dari Crystal Palace ke Chelsea sendiri dikabarkan oleh juru transfer ternama Inggris, David Ornstein.

Baca Juga

Dalam laporannya, David Ornstein menyebutkan bahwa Chelsea telah mengaktifkan klausul rilis pemain berusia 21 tahun tersebut.

Disebutkan, klausul rilis yang dimiliki Olise dan berhasil ditebus klub asal London Barat itu yakni sebesar 35 juta poundsterling (Rp680 miliar).

Usai klausul rilis ditebus, disebutkan pula bahwa pemain berpaspor Prancis itu juga telah mencapai kesepakatan personal dengan The Blues.

Karenanya, kepindahan Michael Olise ke Chelsea pun hanya tinggal menunggu waktu saja dan diyakini akan terjadi dalam waktu dekat.

Kini Chelsea hanya perlu menunggu perkembangan cedera Olise sebelum meresmikan kedatangan mantan pemainnya tersebut.

Baca Juga

Tak banyak yang tahu jika Olise merupakan mantan pemain Chelsea sendiri. Sehingga, transfer ini merupakan proses kedua pihak untuk bereuni.

Pemain bernama lengkap Michael Akpovie Olise itu diketahui dulunya adalah jebolan akademi Chelsea. Tercatat, ia bermain di akademi The Blues selama tujuh tahun.

Pemain kelahiran London, Inggris 21 Desember 2001 itu menimba ilmu di akademi Chelsea dari 2009 hingga 2016, sebelum akhirnya ia bergabung akademi Manchester City dan hanya bertahan setahun.

Usai setahun di akademi Manchester City, Olise kemudian hijrah ke Reading dan menapaki karier profesionalnya di klub kasta kedua itu pada 2019.

Usai menjalani musim menakjubkan di Reading hingga meraih penghargaan pemain muda terbaik Divisi Championship 2021, Olise dipinang Crystal Palace.

Sejak 2021 hingga 2023, Olise mencatatkan 71 penampilan di berbagai ajang dengan sumbangan 6 gol dan 19 assist pada namanya.

Lalu, bagaimana dengan kualitas yang dimiliki Michael Olise hingga Chelsea berani menebus klausul rilisnya dari Crystal Palace? Berikut ulasan INDOSPORT.

Baca Juga

1. Kualitas Michael Olise

Michael Olise, pemain Crystal Palace. Foto: REUTERS/Peter Cziborra

Michael Olise adalah pemain kreatif yang dominan dengan kaki kiri atau kidal. Ia sendiri biasa beroperasi di sektor winger kanan.

Diketahui, sektor kanan Chelsea sejatinya telah menumpuk. Ada nama Noni Madueke, Raheem Sterling, Angelo Gabriel, hingga Diego Moreira.

Baca Juga

Banyaknya pemain di posisi itu menimbulkan pertanyaan. Mengapa Chelsea masih memburu Olise yang punya karakter permainan yang sama dengan empat pemainnya itu?

Jawabannya ada di cederanya Christopher Nkunku. Ya, cederanya Nkunku hingga Januari 2024 membuat Chelsea memutuskan mendatangkan Olise secara cepat.

Selain bisa bermain sebagai winger kanan, Olise biasanya bisa beroperasi sebagai pemain nomor 10. Posisi tersebut kosong di Chelsea seiring cederanya Nkunku.

Dengan bakal ditempatkannya Olise di posisi nomor 10, maka ia harus memiliki kreativitas mumpuni untuk menjadi pengatur serangan Chelsea dalam skema 4-2-3-1.

Baca Juga

Sebagai pemain nomor 10, kreativitas Olise bisa terlihat dari jumlah assistnya musim lalu, di mana ia mencetak 11 assist dari 37 penampilan di Liga Inggris 2022/2023.

Dilihat lebih jauh, kreativitas ini terlihat dengan rataan 0,36 assist per 90 menit dan juga rataan 4,68 Shot-Creating Actions (SCA) atau tindakan berbuah peluang per 90 menit.

Kreativitas Olise juga bisa dilihat dari operannya. Ia rata-rata melepaskan 2.36 operan sukses di Final Third per 90 menit dan rata-rata melepaskan 1,74 operan sukses ke area penalti per 90 menit.

Selain itu, Olise punya kemampuan menjadi eksekutor Set Pieces. Salah satunya saat ia mencetak gol ke gawang Manchester United lewat tendangan bebas.

Olise pun bukan tipikal Playmaker pemalas. Siapa sangka, ia rajin dalam melakukan Pressing, dengan rataan 2,75 tekel + intersep per 90 menit dan membuat 1,51 blok per 90 menit.

Dengan catatan itu, Chelsea meyakini Olise adalah sosok tepat untuk menjadi pengganti atau deputi Nkunku yang tengah cedera. Selain itu, kemampuannya bisa menambah variasi bagi Mauricio Pochettino.

Baca Juga
Bursa TransferChelseaIn Depth SportsLiga InggrisTransfer PemainIndepthMichael Olise

Berita Terkini