x

Bukti Andre Onana Unggul dari David de Gea dalam Debutnya di Liga Inggris

Kamis, 17 Agustus 2023 04:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Kiper Manchester United, Andre Onana, memiliki sesuatu yang dinilai lebih baik dari David de Gea selama debutnya di Liga Inggris 2023-2024.(Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

INDOSPORT.COM - Kiper Manchester United, Andre Onana, memiliki sesuatu yang dinilai lebih baik dari David de Gea selama debutnya di Liga Inggris 2023-2024.

David de Gea memang sudah tidak lagi memperkuat Manchester United sejak mengakhiri kontraknya per 30 Juni 2023 kemarin.

Baca Juga

Namun, kiper berkebangsaan Spanyol tersebut kembali diungkit-ungkit setelah Andre Onana membantu Manchester United meraih kemenangan perdana di Liga Inggris 2023-2-24.

Diketahui, Andre Onana menjalani debut resmi di Liga Inggris ketika Manchester United mengalahkan Wolves 1-0 di Old Trafford pada Selasa (15/08/23) menuai pujian.

Andre Onana didatangkan Manchester United karena dianggap sebagai kiper lengkap. Selain menyelamatkan bola, dia juga memiliki kemampuan andil dalam distribusi bola.

Hal ini mampu dibuktikan dengan Onana mencatat 6 kali penyelamatan selama 90 menit untuk menjaga Setan Merah tetap clean sheet, menurut data Sofascore.

Baca Juga

Beberapa penyelamatan penting dia lakukan, termasuk saat Pedro Neto melepaskan tembakan lurus yang berhasil ditangkap dan Fabio Silva melepaskan dua tembakan mendarat yang diblok dengan kaki.

Andre Onana juga seolah mendapatkan kartu keberuntungan saat dia terlibat duel udara yang berujung pelanggaran terhadap pemain pengganti Wolves, Sasa Kalajdzic di injury time.

Insiden tersebut nyaris menghasilkan penalti untuk Wolves sekaligus mengagalkan  clean sheet Manchester United. Namun wasit membatalkannya usai memeriksa ulang melalui VAR.

Penampilan Andre Onana ini bisa dibilang lebih baik dari David de Gea. Sebab, dia menjadi kiper pertama Manchester United yang mencatatkan cleansheet di laga debut Liga Inggris.

Baca Juga

1. Catatan Debut David de Gea di Liga Inggris

David de Gea, pemain Manchester United. Foto: REUTERS/Craig Brough

Kembali pada tahun 2011, David de Gea menjalani debutnya bersama Manchester United di ajang Liga Inggris dengan mengalahkan West Brom.

Lain dengan Andre Onana, David de Gea gagal mempertahankan rekor clean sheet pada laga tersebut setelah gawangnya kebobolan gol oleh Shane Long jelang akhir babak pertama.

Baca Juga

Catatan Andre Onana juga masih lebih baik dari kiper pendahulu Manchester United yakni Edwin van der Sar.

Edwin van de Sar tercatat mempertahankan clean sheet pada debutnya di Liga Inggris untuk Manchester United pada tahun 2005 yang menang 2-0 atas Everton.

Namun pertandingan tersebut bukanlah laga Liga Inggris pertamanya, sebab dia pernah membela Fulham dan kebobolan tiga kali saat menghadapi Man United pada 2001 di turnamen serupa.

Kiper Manchester United lainnya yakni Peter Schmeichel yang mempertahankan clean sheet pada debut liganya untuk Man United dalam kemenangan 2-0 atas Notts County pada laga pembuka musim 1991/92.

Baca Juga

Keberuntungan Andre Onana juga diukur dari banyaknya tembakan yang dilepaskan Wolves pada pertandingan melawan Manchester United kemarin.

Wolves tercatat melepaskan melepaskan 23 tembakan sepanjang laga, unggul jauh atas Manchester United yang hanya melakukan 15 shots.

Namun, Wolverhampton tidak cukup beruntung dan gagal memperoleh gol dari peluang yang didapat sehingga membuat gawang Onana tetap aman sampai laga berakhir.

Selanjutnya, Andre Onana akan berusaha melanjutkan kiprah apiknya di Liga Inggris 2023-2024 untuk Manchester United dengan menyambangi kandang Tottenham Hotspur pada hari Sabtu (19/08/23). 

Baca Juga
Manchester UnitedDavid de GeaLiga InggrisAndre Onana

Berita Terkini