x

'Bau Amis' Masuknya Nama Lionel Messi Jadi Nominasi Pemain Terbaik Eropa 2022/23

Jumat, 18 Agustus 2023 05:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Masuknya bintang Inter Miami, Lionel Messi, dalam nominasi Pemain Terbaik Eropa 2022-2023 oleh UEFA menjadi sorotan tajam para penggemar sepak bola. (Foto: REUTERS/Sam Navarro)

INDOSPORT.COM - Masuknya bintang Inter Miami, Lionel Messi, dalam nominasi Pemain Terbaik Eropa 2022-2023 oleh UEFA menjadi sorotan tajam para penggemar sepak bola.

UEFA pada Kamis (17/08/23) kemarin resmi merilis daftar nominasi kategori terbaik untuk sejumlah kategori, salah satunya pesepak bola terbaik pria.

Baca Juga

Mantan pemain Paris Saint-Germain, Lionel Messi, secara mengejutkan menjadi salah satu dari tiga nominasi terbaik untuk Pemain Terbaik Pria Eropa 2022-2023.

Dua pesepak bola lainnya yakni bintang Manchester City Erling Braut Haaland dan Kevin de Bruyne yang berhasil memenangkan Liga Champions musim lalu.

Selain gelar Liga Champions, De Bruyne dan Haaland juga menjadi kunci utama The Citizens meraih treble winners musim 2022-2023 usai menjuarai Liga Inggris dan Piala Liga Inggris.

Meski demikian, banyak netizen meragukan Lionel Messi bisa unggul dari De Bruyne dan Haaland sebagai Pemain Terbaik UEFA 2022-2023.

Baca Juga

Sejumlah netizen menyuarakan pendapat mereka lewat kolom komentar di akun Instagram UEFA. Menurut mereka, Pemain Terbaik seharusnya dipilih berdasarkan performanya di klub di kancah Eropa.

Sementara Lionel Messi  gagal membawa Paris Saint-Germain melaju di ajang Liga Champions disingkirkan Bayern Munchen di babak 16 besar.

Alih-alih Lionel Messi sejumlah netizen merekomendasikan bintang muda Real Madrid, Vinicius Jr yang menjadi salah satu pencetak gol terbanyak di Liga Champions.

Kenapa ada Messi? Dia tidak bermain dengan baik di turnamen UEFA mana pun,” tulis akun @joshvamulvad.

Baca Juga

“Bagaimana Messi di sana? Saya pikir nominasi dipilih berdasarkan kinerja klub mereka bukan kinerja negara di mana Vinicius, Barella, Kvarashaktla?” akun @dabz1678 menimpali.

“Apa yang dilakukan messi di UCL untuk berada di sini,” tambah akun @tchouameni.agent

“Dimana vin? Jika setiap kali harus dicurangi dengan memasang Messi, lebih baik langsung pasang namanya sebagai pemenang. Curang,” tulis akun @kristus.st9

“Messi hanya mencetak 4 gol dan memberikan 4 assist di seluruh turnamen yang menunjukkan bahwa dia pantas menjadi satu-satunya daftar itu di atas Vinicius. UEFA adalah Lelucon,” tambah akun @ nana_unless.

Terlepas dari pro dan kontra masuknya Lionel Messi Nominasi Pemain Terbaik Eropa 2022/23, UEFA secara khusus membeberkan prestasi yang dicapai bintang berjulukan La Pulga musim lalu berikut ini:

Baca Juga

1. Deretan Prestasi Lionel Messi Musim Lalu

Selebrasi Messi dan Argentina Usai Juara Copa America 2021

Lionel Messi membantu Paris Saint-Germain mengakhiri musim dengan meraih gelar Ligue 1 Prancis, namun aksinya di Piala Dunia 2022 bersama Timnas Argentina benar-benar mencuri perhatian.

Messi menjadi pemain Argentina pertama yang mengangkat trofi Piala Dunia sejak legenda Napoli Diego Maradona. Dia mengemas 7 gol yang membuatnya diganjar Golden Ball alias Pemain Terbaik.

Baca Juga

Di kancah Liga Champions, Messi mencatatkan 7 penampilan bersama PSG. Dia menggelontorkan 4 gol dan 4 assist dalam prosesnya hingga babak 16 besar, serta satu kali Player of The Match.

Di ajang Liga Prancis, Lionel Messi berhasil menorehkan 16 gol dan 16 assist dalam 32 penampilan untuk membawa PSG meraih gelar Ligue 1.

Selain itu, Messi juga memiliki tiga penampilan terbaik dalam satu musim, dua di antaranya dia torehkan saat bermain di Piala Dunia 2022.

Pertandingan terbaik Messi yang pertama yakni saat Argentina menaklukkan Australia 2-1. Messi mencetak gol pembuka sekaligus jadi player of the match di babak 16 besar turnamen.

Baca Juga

Pertandingan kedua yakni ketika Argentina ditahan imbang 3-3 Prancis. Jimat Albiceleste itu membuka skor dari titik penalti dan juga mencetak gol dalam adu penalti untuk membawa tim lolos ke babak final.

Pertandingan ketiga saat Paris Saint-Germain sukses menghajar tim Israel, Maccabi Haifa dengan skor telak 7-2 di babak penyisihan grup Liga Champions musim lalu.

Messi mencetak gol pembuka di turnamen tersebut yang merupakan gol ke-129 dalam kariernya di Liga Champions ditambah dua assist untuk pemain PSG lainnya.

Messi sendiri sudah memenangkan penghargaan Pemain Terbaik UEFA dua kali dalam 12 tahun kariernya saat dia masih berseragam Barcelona.

Siapa pun pemenangnya, antara Messi, De Bruyne atau Haaland, akan ditentukan pada 31 Agustus 2023, dalam malam penghargaan yang digelar di Grimaldi Forum, Monaco.

Baca Juga
Lionel MessiUEFAKevin De BruyneBola InternasionalErling Braut Haaland

Berita Terkini