x

Bedah Formasi Gila Liverpool Bersama Xabi Alonso: Ungguli Gegenpressing Klopp?

Jumat, 18 Agustus 2023 11:00 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Xabi Alonso saat laga Liga Champions antara Bayer Leverkusen vs FC Porto

INDOSPORT.COMLiverpool bakal alami sejumlah perubahan taktikal andai benar-benar dilatih Xabi Alonso yang berpotensi gantikan peran Jurgen Klopp di Liga Inggris musim depan.

Dalam beberapa waktu terakhir, isu soal hengkangnya Jurgen Klopp dari Liverpool memang sedang berhembus kencang.

Dilansir dari laman Football Transfers disebutkan bahwa Klopp ingin hengkang dari Liverpool pada 2024 alias tahun depan.

Keputusan ini diambil setelah dirinya merasa sangat kecewa dengan pemilik saham Liverpool, Fenway Sports Group, yang tidak memasok dana untuk belanja pemain.

Fenway Sports Group (FSG) dinilai pelit dalam di bursa transfer kali ini. Jurgen Klopp pun merasa terbebani kalau harus meningkatkan kualitas Liverpool dengan kondisi finansial memprihatinkan.

Baca Juga

Meski masih menyisakan satu musim kebersamaan, namun sejumlah media menyebut jika Liverpool sudah menyiapkan beberapa nama yang akan menggantikan peran Jurgen Klopp.

Seperti dilansir dari laman Sports Bible, Liverpool ternyata sudah mengincar pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso.

Baca Juga

Alonso yang merupakan legenda The Reds, memiliki kesepakatan atau perjanjian rahasia dengan Bayer Leverkusen, dimana dirinya boleh meninggalkan klub tersebut sewaktu-waktu.

Alonso sejatinya punya kontrak sampai 2026 bersama klub Jerman tersebut. Namun, ia boleh memutus kontraknya kalau memang ada tawaran dari klub lain.

Andai benar bakal gantikan Jurgen Klopp, maka kehadiran Xabi Alonso bisa membawa perubahan cukup signifikan buat permainan Liverpool musim depan.

Baca Juga

1. Era Baru Liverpool Bersama Xabi Alonso

Xabi Alonso saat laga Bundesliga Jerman antara Eintracht Frankfurt vs Bayer Leverkusen

Dilansir dari laman Transfermarkt, diketahui bahwa selama karier kepelatihannya Xabi Alonso kerap menggunakan taktik 3-4-3.

Formasi tersebut sangat berbeda dengan yang diterapkan Jurgen Klopp saat menukangi Liverpool yakni 4-3-2-1 atau 4-3-3.

Meski berbeda, namun gaya atau style bermain Xabi Alonso tak berbeda jauh dengan Jurgen Klopp yakni high pressing dan fast counter attack.

Dalam taktik Xabi Alonso, para pemain dipaksa melakukan marking zone area dan membuat pemain lawan kesulitan melepaskan umpan.

Setelah bola berhasil direbut, transisi cepat serta umpan ke free space jadi senjata andalan tim Xabi Alonso untuk mencetak gol.

Baca Juga

Strategi ini terbilang efektif setidaknya buat Bayer Leverkusen sepanjang musim lalu. Tercatat, Xabi Alonso berhasil membawa Leverkusen yang terdampar di zona degradasi finish di urutan enam klasemen Liga Jerman.

Dengan menggunakan taktik 3-4-3 ala Xabi Alonso, skuat Liverpool musim depan bakal terlihat agresif lantaran The Reds punya barisan gelandang top serta striker dengan finishing mumpuni.

Baca Juga

Dari lini belakang, pertahanan Liverpool akan sangat tangguh dengan kehadiran trio Ibrahima Konate, Virgil van Dijk serta Joel Matip.

Ketiga pemain tersebut bakal jadi tembok kokoh dan membantu gawang Alisson Becker terhindar dari kebobolan.

Sementara di lini tengah, warna baru Liverpool akan terasa lantaran mereka bakal memakai empat gelandang sebagai motor serangan.

Baca Juga

2. Dominik Szoboszlai Tumpuan

Dominik Szoboszlai pemain Liverpool. (Foto: Instagram@liverpoolfc)

Dimulai dari wide midfielder yang bisa berubah jadi wingback saat tim sedang bertahan, ada duet Andrew Robertson dan Trent Alexander-Arnold yang sudah jadi andalan beberapa musim terakhir.

Dua pemain tersebut bakal jadi salah satu kekuatan Liverpool untuk counter attack. Berbekal kecepatan keduanya, The Reds bisa melakukan penetrasi dari sisi sayap dan lepaskan crossing ke kotak penalti.

Kemudian untuk menyeimbangkan permainan, ada dua gelandang yang bakal mengemban tugas sebagai box to box midfielder serta central midfielder.

Alexis Mac Allister yang punya defence cukup baik, akan mengisis pos sebagai gelandang box to box. Meski tak banyak bergerak di area tengah, namun umpan-umpan pendek serta kemampuan intersep Alexis Mac Allister bakal jadi penentu alur serangan Liverpool.

Kemudian Dominik Szoboszlai yang dibekali kemampuan dribbling serta akurasi tembakan, bisa jadi second option Liverpool untuk mencetak gol dari luar kotak penalti.

Pergerakan Dominik Szoboszlai yang cair juga bisa mempermudah lini serang Liverpool untuk membuka ruang dan ciptakan peluang menembak di area 12 yard.

Terakhir di posisi lini serang, tiga pemain dengan kemampuan finishing serta akselerasi yang sama baik akan jadi momok menakutkan buat pertahanan lawan.

Di posisi ini, duet maut Mohamed Salah, Diogo Jota dan Darwin Nunez bakal membuat Liverpool era Xabi Alonso menjelma sebagai predator gol gawang lawan.

Berkaca dari musim lalu saat Xabi Alonso sukses membuat lini serang Bayer Leverkusen mencetak lebih dari 30 gol, jelas barisan striker Liverpool bakal bisa lebih berbahaya andai resmi dilatih eks Real Madrid tersebut.

Berikut Perkiraan Formasi Liverpool Bersama Xabi Alonso
Liverpool (3-4-3):
Alisson Becker; Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, Joel Matip; Andrew Robertson, Alexis Mac Allister, Dominik Szoboszlai, Trent Alexander-Arnold; Mohamed Salah, Diogo Jota, Darwin Nunez.

Bursa TransferLiverpoolXabi AlonsoJurgen KloppLiga InggrisBerita Transfer

Berita Terkini