x

Bedah Rotasi Lini Tengah Liverpool Usai Gaet Wataru Endo: Solid dan Tangguh

Jumat, 18 Agustus 2023 16:15 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Rekrutan anyar Liverpool, Wataru Endo.

INDOSPORT.COMLiverpool bakal punya barisan lini tengah mewah di Liga Inggris 23/24 nanti usai resmi dapatkan tanda tangan Wataru Endo pada bursa transfer musim panas ini.

Jelang berakhirnya bursa transfer musim panas 23/24, Liverpool membuat kejutan dengan merekrut gelandang Vfb Stuttgart, Wataru Endo.

Menurut pakar transfer Italia, Fabrizio Romano, disebutkan bahwa Wataru Endo yang juga menjabat sebagai kapten Stuttgart tersebut sudah mencapai kesepakatan pribadi dengan The Reds.

The Reds sendiri dikabarkan bersedia menggelontorkan mahar hingga 18 juta euro atau setara dengan Rp 300 miliar untuk memboyong pemain Timnas Jepang tersebut.

Wataru Endo kiranya tinggal menjalani tes medis sebelum menandatangani kontrak dan diumumkan secara resmi menjadi pemain anyar Liverpool.

Baca Juga

Dengan kehadiran Wataru Endo, maka Liverpool sudah memboyong tiga pemain tengah baru sepanjang bursa transfer musim panas 23/24.

Sebelumnya, Liverpool sudah mendatangkan dua gelandang bintang dengan mahar fantastis yakni Alexis Mac Allister seharga 35 juta pounds serta Dominik Szoboszlai senilai 60 juta pounds.

Baca Juga

Bahkan Liverpool berpotensi pecahkan rekor transfer andai resmi mendatangkan Moises Caicedo dari Brighton.

Pemain asal Ekuador tersebut sempat ditawar Liverpool dengan harga mencapai 100 juta euro, akan tetapi sang pemain menolak dan lebih memilih memperkuat Chelsea.

Ketambahan Wataru Endo, maka Liverpool punya banyak opsi untuk merotasi lini tengah mereka musim depan dan membuat The Reds kian tangguh di Liga Inggris.

Baca Juga

1. Wataru Endo Pelengkap Liverpool

Pelatih Chelsea Mauricio Pochettino memeluk pemain Liverpool Andrew Robertson usai pertandingan pada laga Liga Inggris. (Foto: Reuters/Peter Cziborra)

Melansir dari laman Transfermakt, diketahui bahwa Wataru Endo bisa bermain lebih dari satu posisi yakni gelandang tengah, gelandang bertahan, bahkan bek tengah serta bek sayap.

Dengan kemampuan tersebut, Wataru Endo bakal jadi opsi serba guna buat Liverpool andai lini tengah atau lini pertahanan mereka absen.

Khusus untuk lini tengah, Wataru Endo bisa dipasang sebagai pemutus serangan atau pengalir bola untuk lini depan.

Dengan usia yang sudah mencapai 30 tahun serta hadirnya dua gelandang yang lebih berkualitas, tampaknya Wataru Endo lebih sering jadi cadangan ketimbang starter.

Starting buat lini tengah Liverpool musim depan bakal ditempati Alexis Mac Allister, Dominik Szoboszlai serta Thiago.

Baca Juga

Namun melihat kondisi Thiago yang masih absen, maka Wataru Endo bisa mengisi posisi gelandang bertahan Liverpool.

Andai Thiago telah pulih dan kembali jadi starter, Wataru Endo akan menjadi opsi buat gantikan gelandang box to box atau central midfielder.

Baca Juga

Sebagai gelandang box to box atau pengalir bola, Wataru Endo punya statistik passing cukup apik dengan torehan 3960 umpan dan tingkat akurasi mencapai 81% sepanjang karier di Bundesliga.

Sedangkan dari sisi menyerang, Wataru Endo juga terlihat agresif dengan ciptakan 15 gol sepanjang membela Stuttgart.

Dengan statistik tersebut, Wataru Endo bisa jadi alternatif buat gantikan Alexis Mac Allister, Dominik Szoboszlai atau Thiago, serta penambah daya serang jika The Reds butuh tenaga tambahan dari second line.

Baca Juga

2. Pelapis Lini Tengah

Wataru Endo, gelandang asal Jepang. (Foto: Instagram@endowataru)

Jika Liverpool bertanding menghadapi tim papan tengah dan ingin melakukan rotasi, maka The Reds punya banyak opsi untuk mengistirahatkan tiga gelandang utama mereka.

Dengan mencadangkan Alexis Mac Allister, Dominik Szoboszlai serta Thiago, maka tiga pemain yang jadi layak jadi pilihan utama Liverpool di lini tengah adalah Wataru Endo, Curtis Jones dan Harvey Elliott.

Wataru Endo dengan pengalamannya di kompetisi Eropa, akan jadi gelandang pemutus serangan untuk membantu barisan kuartet bek di belakang.

Sedangkan Curtis Jones dan Harvey Elliott yang masih muda dan punya agresivitas tinggi, bakal jadi central midfielder untuk mengalirkan bola ke lini depan.

Harvey Elliott yang musim lalu sukses torehkan lima gol dan dua assist dari total 46 pertandingan, akan memegang peran sebagai eksekutor tendangan jarak jauh dari second line.

Bursa TransferLiverpoolLiga InggrisBerita TransferWataru Endo

Berita Terkini