x

Frank Wormuth Sebut Hanya 23 Pemain yang Dibawa Saat TC Timnas U-17 di Jerman

Jumat, 18 Agustus 2023 17:13 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Frank Wormuth, konsultan pelatih timnas Indonesia U-17 asal Jerman.

INDOSPORT.COM - Konsultan Timnas Indonesia U-17, Frank Wormuth mengatakan senang bekerja sama dengan Bima Sakti menyiapkan tim untuk tampil di Piala Dunia U-17 2023. Dia juga menyebut, skuad Garuda Asia punya banyak pemain bagus. 

Frank Wormuth ditunjuk PSSI untuk mendampingi Bima Sakti selama masa persiapan menuju kejuaraan yang digelar di Indonesia pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Dia sudah terlibat dalam proses seleksi pemain beberapa waktu lalu di Bali. 

Baca Juga

Pelatih asal Jerman itu menyampaikan, pemain muda Indonesia punya potensi yang bagus. Tapi, masih harus dikembangkan lagi, terutama kondisi fisik jika ingin tampil bagus di Piala Dunia U-17 tahun ini. 

"Ya saya melihat mereka semua punya kualitas yang bagus dan itu penting. Mereka semua bisa memainkan bola dengan baik, tapi memang untuk main di sebuah turnamen, dibutuhkan fisik yg bagus. Dan untuk meningkatkan fisik butuh waktu," tutur Frank. 

Baca Juga

Menurut Frank, usaha PSSI mencari pemain lewat seleksi singkat di 12 kota belum sepenuhnya efektif. Tapi, ini adalah pilihan ideal, mengingat tidak ada kompetisi level usia yang konsisten dalam jangka waktu panjang di Indonesia. 

Melalui seleksi, diharapkan tim pelatih Timnas mendapatkan pemain baru untuk mengisi beberapa posisi di Timnas U-17 yang masih lemah. 

Baca Juga

Frank Wormuth dan tim pelatih Timnas U-17 juga mencoba menerapkan sepak bola Eropa, yang dikombinasikan dengan gaya sepak bola Indonesia.

"Inilah yang sedang kita kerjakan saat ini, dan masih ada beberapa posisi yang harus kami isi. Itulah kenapa kami melakukan seleksi, mini game dan juga uji coba untuk semua pemain," jelas Frank. 

Baca Juga

"Mungkin kami akan menemukan pemain yang bisa mengisi dan melengkapi 11 terbaik atau 20 terbaik untuk turnamen nanti dari seleksi ini," imbuhnya. 

Juru taktik 62 tahun itu menilai tim pelatih Timnas U-17 di bawah arahan Bima Sakti telah melakukan pekerjaannya dengan baik. Hanya ada beberapa detail yang harus disempurnakan. 

Baca Juga

1. Dukung Bima Sakti

Pelatih Timnas U-17, Bima Sakti. (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT)

Frank berharap masyarakat percaya sepenuhnya ke Bima Sakti dan memberikan dukungan serta doa supaya Timnas U-17 tampil maksimal di Piala Dunia U-17 2023. 

"Masalah? Justru ini tantangan bagi saya. Tapi tidak ada masalah. Lima tahun terakhir saya jadi pelatih di Eredivisie (di Groningen)," ujar Frank ketika disinggung kolaborasinya dengan Bima Sakti. 

"Tim ini fantastis, pelatihnya bagus, dan jika melihat CV Bima Sakti, dia adalah mantan pemain timnas, pernah main di luar negeri, dan dengan pengalamannya ini dia bisa melatih tim dengan baik. Tim ini sungguh luar biasa, tinggal dipoles jadi lebih bagus saja," tambahnya. 

Saat ini, Frank Wormuth dan tim pelatih U-17 telah menyelesaikan seleksi akhir terhadap 50 pemain pada 15-17 Agustus kemarin. Ada peluang bagi beberapa pemain untuk gabung tim utama Timnas U-17.

Setelah seleksi nasional berakhir, Timnas U-17 akan melanjutkan pemusatan latihan di Jakarta. Nantinya, skuad Garuda Asia juga berangkat TC ke Jerman pada September hingga November mendatang. 

Untuk TC di Jerman, kabarnya hanya 23 pemain yang dibawa, seperti yang disampaikan Frank Wormuth.  

"Kami akan terbang ke Jerman selepas seleksi, kita akan di sana lima minggu, lalu akan membentuk tim utama untuk Piala Dunia U-17, tapi kami hanya akan membawa 20 plus tiga pemain, jadi beberapa pemain tak akan dibawa," jelasnya. 

"Perlu diingat, saya ini bekerja di belakang pelatih, soal siapa yang dipilih itu kewenangan pelatih Bima Sakti. Saya hanya cuma kasih saran, bicara soal sepak bola, berbagi pengalaman, tapi tetap akhirnya Bima adalah pelatihnya," tuntas eks pelatih Heracles Almelo itu. 
 

Timnas U-17Bima Sakti TukimanTimnas Indonesia U-17Frank Wormuth

Berita Terkini