x

Kualitas Johan Bakayoko jika Gabung Liverpool, Bisa Gantikan Mo Salah?

Jumat, 18 Agustus 2023 15:50 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Liverpool, membidik nama Johan Bakayoko dari PSV Eindhoven untuk antisipasi Mohamed Salah hengkang.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Inggris (Premier League), Liverpool, membidik nama Johan Bakayoko dari PSV Eindhoven untuk antisipasi Mohamed Salah hengkang.

Memang belakangan muncul desas-desus bahwa Mo Salah akan angkat kaki dari Liverpool menyusul adanya tawaran yang datang dari Arab Saudi.

Baca Juga

Dalam rumor yang berkembang, penyerang asal Mesir itu ingin mengikuti jejak rekan-rekannya dan para pemain top lainnya untuk mendapat pemasukan besar di Arab Saudi.

Kabar ini pun seketika membuat Liverpool beserta pendukungnya kebingungan. Sebab, Mo Salah adalah pemain penting di Anfield.

Tapi tim berjuluk The Reds itu tak bisa apa-apa jika Mo Salah mencapai kesepakatan pribadi dengan Arab Saudi dan jika tawaran besar masuk yang masuk kantong.

Untuk berjaga-jaga jika Mohamed Salah angkat kaki, Liverpool pun mulai membidik nama-nama baru yang bisa menggantikan peran bintangnya itu.

Baca Juga

Salah satu yang dibidik adalah Johan Bakayoko. Penyerang PSV Eindhoven itu dianggap bisa menggantikan peran Mo Salah yang sudah vital di kubu The Reds.

Sejatinya, langkah Liverpool yang hendak menggantikan Mo Salah dengan Johan Bakayoko terbilang membingungkan jika melihat catatannya.

Sejak promosi ke itm utama PSV, pemain berusia 20 tahun ini baru mencetak 5 gol dan 5 assist dari 23 pertandingan musim lalu.

Catatan ini membuat pendukung Liverpool ragu, mengingat torehannya berbanding jauh ketimbang torehan yang dibuat Mo Salah dalam beberapa tahun terakhir.

Apalagi Mo Salah merupakan winger yang produktif dan rajin mencetak gol maupun assist bagi rekan-rekannya di Liverpool.

Dengan beban besar untuk menggantikan Mohamed Salah, mampukan Johan Bakayoko melakukan tugas tersebut jika bergabung Liverpool kelak?

Baca Juga

1. Punya Potensi Besar Menyamai Mo Salah

Pemain PSV Eindhoven, Johan Bakayoko. (Foto: Instagram@johanbakayoko)

Melihat catatan Johan Bakayoko yang baru merasakan kancah profesional pada musim 2022/2023 lalu, jelas torehannya masih terbilang jauh bila dibandingkan Mohamed Salah.

Tapi jika melihat radar performa antara keduanya di bawah ini, seperti yang dinukil dari DataMB, terlihat Johan Bakayoko punya potensi untuk menyamai Mo Salah.

Radar performa Johan Bakayoko vs Mohamed Salah. (Foto: DataMB)
Baca Juga

Dari radar di atas, terlihat Johan Bakayoko hanya memiliki kekurangan di Output atau kemampuannya untuk berkontribusi lewat gol dan assist.

Tapi dari catatan lainnya seperti dribel dan cara menyerang, terlihat Johan Bakayoko jauh lebih eksplosif ketimbang Mo Salah.

Jika menilai dari angka, catatan Johan Bakayoko dari outputnya tak terlihat buruk dengan 0,28 Non-Penalty Goals (NPG) per 90 menit dari 2,89 tembakan dan mampu membuat 0,35 assist per 90 menit.

Selain itu, keunggulan Johan Bakayoko terlihat dari dribelnya, di mana ia rata-rata melakukan 7,19 dribel ke area pertahanan lawan per 90 menit.

Baca Juga

Dari 7,19 dribelnya itu, Johan Bakayoko rata-rata melewati lawan sebanyak 3,17 kali per 90 menit, yang menandakan dirinya adalah winger murni.

Lalu, Johan Bakayoko juga terkesan kreatif dengan rataan 4,94 Shot-Creating Actions (SCA) per 90 menit, yang membuatnya bisa menciptakan peluang kepada rekan-rekannya.

Sebagai winger, Johan Bakayoko juga terbilang aktif bertahan dengan rataan 2,68 tekel+intersep per 90 menit dan membuat 1,34 blok per 90 menit.

Dari catatan-catatannya itu, Johan Bakayoko bisa dikatakan punya potensi untuk bisa menyamai atau bahkan melebihi Mo Salah.

Apalagi usianya baru 20 tahun, sehingga Jurgen Klopp masih bisa membimbingnya dan mengeluarkan potensinya di masa yang akan datang.

Baca Juga
Bursa TransferLiverpoolMohamed SalahIn Depth SportsLiga InggrisTransfer PemainIndepth

Berita Terkini