x

Profil Cole Palmer, Pahlawan Manchester City di UEFA Super Cup yang Segera 'Dibuang'

Jumat, 18 Agustus 2023 03:45 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Selebrasi bintang muda Manchester City, Cole Palmer saat mencetak gol ke gawang Sevilla, Kamis (17/08/23) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM - Profil bintang muda raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester City yakni Cole Palmer, yang baru saja menjadi pahlawan di UEFA Super Cup 2023 bisa kalian simak di artikel ini.

Seperti diketahui, Manchester City baru saja mencetak sejarah dengan meraih juara UEFA Super Cup 2023, usai melibas Sevilla dengan skor adu penalti 5-4.

Baca Juga

Sebelum drama adu penalti berlangsung, Manchester City sempat tertinggl 0-1 oleh oleh gol bomber Sevilla, Youssef En-Nesyri di menit ke-25, Kamis (17/08/23) dini hari WIB.

Beruntung, The Citizens mampu menyamakan kedudukan oleh gol Cole Palmer pada menit ke-63 dan merubah skor menjadi 1-1 hingga babak kedua berakhir.

Setelah pertandingan selesai, nama Cole Palmer mendadak menjadi sorotan dunia. Pasalnya, ia tercatat sudah mencetak dua gol dalam tiga laga awal Manchester City musim ini.

Selain di UEFA Super Cup 2023, ia sempat mencetak gol saat City bersua Arsenal di Community Shield. Meski akhirnya pasukan Pep Guardiola kalah dengan skor 1-4 (adu penalti).

Cole Palmer diketahui merupakan pemain sepak bola asli Inggris. Ia lahir di Manchester pada 6 Mei 2002 silam, dan kini berusia 21 tahun.

Sebelum menjadi pemain profesional, gelandang yang memiliki tinggi 189cm tersebut bergabung ke Man City Youth. Ia kemudian promosi ke skuat U-18 pada Juli 2018 lalu.

Seiring bertambahnya usia dan performa yang terus menanjak, ia kemudian memperkuat Man City U-23 pada Juli 2020. Setahun kemudian, Pep Guardiola memperomosikannya ke tim utama yang bermain di Liga Inggris (Premier League).

Hal yang membuat Pep Guardiola terkesan dengan Cole Palmer adalah saat sang pemain sukses mencetak 13 gol serta 7 assist dalam 16 laga di Premier League 2 Division 1 pada musim 2020-2021 lalu.

Cole Palmer diketahui masih memiliki kontrak dengan Manchester City hingga Juni 2026 mendatang.

Akan tetapi, masa depannya di The Citizens masih abu-abu. Pep Guardiola sendiri mengaku kalau bintang muda tersebut kemungkinan dijual di bursa transfer musim panas 2023 ini.

West Ham United dan Brighton & Hove Albion menjadi dua klub Liga Inggris (Premier League) yang tertarik untuk mendaratkan sang pemain.

Baca Juga

"Saya belum tahu apakah dia akan bertahan di sini. Saya sempat mendapatkan pandangan bahwa dirinya ingin pergi, tetapi sekarang saya tidak tahu bagaimana nasibnya," kata Pep Guardiola dilansir Manchester Evening News.

"Sepertinya kalau peminjaman tidak akan terjadi. Dia hanya akan bertahan atau dijual," tuturnya menambahkan.

Dilansir dari situs Transfermarkt, Cole Palmer memiliki harga pasar sebesar 18 juta Euro atau sekitar Rp300 miliar. Nominal yang menguntungkan bagi Mancester City, apalagi sang gelandang merupakan pemain cetakan sendiri.

Baca Juga

1. Haaland Malah Jadi Bahan Olok-olok Usai Juara UEFA Super Cup

Erling Haaland dan Loic Bade bersitegang dalam duel UEFA Super Cup 2023 antara Manchester City vs Sevilla

Berbeda dengan Cole Palmer, mesin gol Manchester City, Erling Haaland, malah jadi bahan olok-olok usai menjuarai UEFA Super Cup 2023, Kamis (17/8/23) dini hari WIB.

Erling Haaland menjadi starter dalam pertandingan Manchester City melawan Sevilla pada final UEFA Super Cup 2023, yang berlangsung di Stadion Georgios Karaiskaki.

Baca Juga

Meskipun berstatus bomber tajam, Erling Haaland justru tidak mampu membantu Manchester City mencetak gol ke gawang Sevilla di UEFA Super Cup 2023.

Kegagalan Haaland mencetak gol membuat laga Manchester City melawan Sevilla di sepanjang waktu normal berakhir dengan skor 1-1.

Hal membuat laga harus dilanjutkan ke babak adu penalti, walaupun akhirnya Manchester City akhirnya menang atas Sevilla dengan skor 5-4.

Namun, Erling Haaland gagal mencatatkan namanya di papan skor dalam tujuh pertandingan terakhir pada kompetisi resmi domestik dan Eropa, selain Liga Inggris.

Tercatat, Haaland gagal mencetak gol dalam laga melawan Liverpool dan Arsenal (Community Shield), Sheffield United (FA Cup), serta menghadapi Manchester United (Final FA Cup).

Bahkan, Erling Haaland nirbobol pada pertandingan kontra Real Madrid dan Inter Milan (Liga Champions 2022/2023).

Baca Juga

Keadaan itu lantas membuat Erling Haaland diolok-olok seperti agen 007, mengingat dirinya tidak mencetak gol di 7 pertandingan terakhir.

Tak hanya itu, Erling Haaland sempat disemprot pelatih Pep Guardiola sebelum pertandingan UEFA Super Cup 2023 melawan Sevilla.

Baca Juga
Bursa TransferManchester CitySevillaPep GuardiolaUEFA Super CupTransfer Pemain

Berita Terkini