x

Cerita Striker Arema FC Gustavo tentang Nasi Goreng, Ronaldo dan Atmosfer Sepak Bola Indonesia

Sabtu, 19 Agustus 2023 20:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Striker Arema FC, Gustavo Almeida terpilih sebagai pemain terbaik Liga 1 2023/24 bulan Juli versi Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI).

INDOSPORT.COM - Striker Arema FC, Gustavo Almeida terpilih sebagai pemain terbaik Liga 1 2023/24 bulan Juli versi Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI). 

Proses pemilihan dikurasi berdasarkan statisik penampilan seluruh pemain Liga 1, yang bekerja sama dengan Statoskop Indonesia (Statoskop.id). Khusus pemenang pemain terbaik, dipilih langsung oleh tiap-tiap kapten dari 18 klub Liga 1.

Baca Juga

Gustavo unggul atas beberapa pemain seperti Alex Martins (Dewa United), Stefano Lilipaly (Borneo FC), Francisco Rivera (Madura United) dan Christian Rontini (Persita Tangerang).

Sejauh ini, striker asal Brasil itu telah cetak tujuh gol dari tujuh pertandingan. Dia bercokol di peringkat pertama topskor sementara Liga 1 2023.

Baca Juga

Menariknya, meski jadi raja gol sejauh ini, klubnya bernaung yakni Arema FC berada di dasar klasemen sementara Liga 2023. Singo Edan belum raih satu pun kemenangan dari delapan pertandingan. 

Kepada awak media, Gustavo pun berbagi cerita mengenai kehidupan sepak bola di Indonesia. Berikut wawancara lengkapnya.

Baca Juga

Bagaimana perasaannya dapat penghargaan ini?

“Saya merasa keputusan bagus datang ke Indonesia. Sepak bola dan kehidupan di sini juga bagus, jadi saya bahagia dapat penghargaan ini.”

“Ini momen yang buat saya seperti merasa setengah senang dan setengah kurang (bahagia) karena tim saya tidak dalam posisi bagus di liga. Tapi saya harap kami di tim dapat bekerja sama untuk mengubah situasi ini.”

Apa harapan kamu musim ini?

“Pertama saya harap kami dapat mengubah situasi tim saat ini, itu yang paling penting. Setelahnya, saya harap bisa cetak lebih banyak gol karena ini pekerjaan saya sebagai striker.”

“Jika situasi bisa berubah dan bikin banyak gol, maka saya akan sangat senang.”

Baca Juga

1. Harapan Buat Arema FC

Gustavo Almeida (kanan) saat official training Arema FC jelang Liga 1 pekan kesembilan menghadapi Persija Jakarta di stadion Patriot, Sabtu (19/08/23).

Apa yang mau disampaikan buat tim?

“Tentu saja ini berkat kerja sama dengan teman-teman di klub, tidak ada yang tak mungkin. Di sepak bola semua harus bersatu, pemain, staf, jadi saya berterima kasih atas apa yang telah Arema FC berikan dan para pemain pelatih staf semuanya membantu. Saya harap kami mengubah situasi dalam tim.”

Apa ini sesuai ekspetasi kamu, bisa bikin banyak gol awal musim?

“Ini sepak bola, jika berada dalam level terbaik, semua pemain di posisi apapun pasti tampil bagus dan saya hanya mengikuti pemain terbaik, saya berlatih keras dengan teman-teman di klub.

Baca Juga

Sesuai ekspetasi dapat penghargaan?

Saya senang karena ini juga berkat saya kerja sama dengan rekan-rekan di klub. Tapi ketika saya dapat momen ini dalam hidup saya, maka saya mau ucapkan terima kasih buat rekan setim, pelatih dan saya harap lebih banyak momen seperti ini.”

Dapat penghargaan tapi Arema FC di zona degradasi?

“Saat ini klub dalam zona degrdasi dan saya dan rekan di klub tau itu. Tapi dengan masih banyak laga, saya harap kami dapat mengubah keadaannya.”

Baca Juga

“Ini situasi tak bagus dan semua pemain mencoba mengubah situasi dan klub ingin kami finish di papan atas. Inilah sepak bola tidak ada yang tak mungkin.”

“Sejak musim lalu saya ikuti Liga Indonesia karena ada banyak teman di sini. Di putaran pertama banyak tim yang ada di bawah, tapi di putaran kedua mereka naik dan itu yang terjadi di sepak bola. Jadi saya mau kami lakukan yang terbaik buat ubah keadaan ini.”

Baca Juga

2. Idokan Ronaldo Brasil dan Suka Nasi Goreng

Aksi Gustavo Almeida saat official training Arema FC jelang Liga 1 pekan kesembilan menghadapi Persija Jakarta di stadion Patriot, Sabtu (19/08/23).

Apa momen terbaik kamu di Liga 1?

“Saya pikir semua pertandingan berbeda,  saya tak bisa katakan mana yang terbaik. Di sepak bola banyak (momen) atau hal terjadi yang dapat mengubah keadaan dan itu normal.”

“Contohnya saat lawan Persib saya bisa bikin gol dan buat striker itu luar biasa. Tapi di laga lainnya sangat berat, kami tak bisa menang, draw dan kalah.”

Baca Juga

“Setelah laga lawan Persib banyak yang bilang saya striker bagus, tapi setelahnya jika tiga laga tanpa gol, mereka akan bilang kamu kurang bagus. Inilah sepak bola.”

“Saya tak memikirkan itu, saya hanya bekerja keras dan saya harap membantu klub.”

Musim lalu ada suporter Arema FC dan sekarang tidak ada (main di Bali)?

“Inilah sepak bola, semua pemain pasti ingin merasakan stadion penuh suporter, atmosfer bagus dan saya juga demikian. Tapi sekarang tak bagus buat Arema FC setelah kejadian tahun lalu. Tapi, sebagai profesional kami harus siapkan mental untuk hadapi situasi apapun.”

“Arema FC punya atmosfer sepak bola yang bagus dan saya harap ada perubahan dan ke depannya mungkin ada suporter banyak yang ke stadion.”

Baca Juga

Gimana pandangan soal Liga Indonesia?

Saya ikuti Liga Indonesia sudah lama karena saya sebelumnya main dekat dengan Indonesia (di Malaysia) dan ada banyak teman jadi terkadang saya ke iIndonesia untuk liburan.” 

“Ada banyak pemain Brasil di sini, lalu saya juga berteman dengan Omid Nazari yang sempat main dengan Persib Bandung. Dia bilang sepak bola di Indonesia sangat bagus, terutama soal feeling karena semua orang suka itu.”

Baca Juga

“Ketika ke Indonesia, saya tak terlalu banyak berpikir. Saya hanya datang dan melihat dan rasakan langsung.”

“Sepak bola di semua negara sama saja levelnya, tapi beberapa tempat atmosfernya berbeda terutama di Indonesia, di sini semua orang suka sepak bola dan saya juga. Sepak bola di sini bagus, saya menikmatinya dan saya harap Arema FC bisa berubah (situasi).”

Siapa inspirasi kamu di sepak bola?

Buat saya nomor satu adalah Ronaldo Nazario. Buat saya, dia adalah yang terbaik. Ketika melihatnya bermain, dia sangat fantasis.”

“Di Brasil, saya ke stadion dan melihat Ronaldo bermain saat dia di Corinthians.”

Baca Juga

Punya culture shock di Indonesia?

Ini pertama kali saya di Indonesia, tiga bulan pertama saya tak tahu apapun. Saya hanya mencoba semuanya, jika suatu saat saya pergi (dari Indonesia), saya akan bercerita bahwa punya pengalaman bagus di sini.”

Sudah coba makanan Indonesia, suka?

Saya coba pertama itu nasi goreng tapi terlalu banyak minyak. Tapi beberapa waktu saat keluar (jalan-jalan) saya tetap mencobanya.”

“Saya tak banyak coba makanan karena banyak minyak, tapi saat liburan pasti saya akan mencoba lebih banyak makanan lain. Saat aktif kompetisi pemain harus jaga kondisi fisik.”

Baca Juga
Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI)Arema FCLiga 1Berita Liga 1Gustavo Almeida Dos Santos

Berita Terkini