x

Berkat Szoboszlai, Angka 8 Keramat Gerrard di Liverpool Temukan Pemilik yang Tepat

Senin, 21 Agustus 2023 15:10 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Dominik Szoboszlai saat ini memakai nomor 8 di Liverpool. Foto: Reuters/Jason Cairnduff.

INDOSPORT.COM - Nomor punggung 8 keramat milik Steven Gerrard di Liverpool nampaknya sudah menemukan pemilik baru yang tepat.

Jersey dengan angka 8 tersebut saat ini digunakan oleh rekrutan anyar The Reds yang baru merapat beberapa waktu lalu, Dominik Szoboszlai.

Gelandang asal Hungaria tersebut juga sudah terjun ke pertandingan-pertandingan The Reds di Liga Inggris 2023/2024.

Ia bermain penuh selama 90 menit di pertandingan kontra Chesea dan Bournemouth, menunjukkan penampilan yang menjanjikan dan menuai pujian dari banyak pihak.

Salah satunya, tentu saja datang dari mulut Jurgen Klopp, yang mengapresiasi kerja keras pemainnya itu di laga kontra Bournemouth.

Dominik Szoboszlai memiliki peran vital dalam membantu serangan ke depan, namun bermain lebih dalam setelah Alexis Mac Allister diganjar kartu merah.

Baca Juga

Bahkan, sikapnya yang sangat bersemangat dalam bermain juga menjadi sorotan. Hanya saja, Jurgen Klopp tetap mengingatkan pemainnya itu agar tidak bermain gegabah atau berlebihan.

“Dia satu-satunya (setelah insiden kartu merah) pemain yang merasa yakin bisa melakukan lebih, karena menjadi bagian double six dan berlarian ke sana-sini,

“Saya bahkan harus menahannya sedikit,” ujar Jurgen Klopp seperti diwartakan Mirror Football usai laga menghadapi Bournemouth.

Meski begitu, Jurgen Klopp juga tidak menampik Dominik Szoboszlai secara keseluruhan tampil bagus, termasuk berperan penting dalam terciptanya gol ketiga.

Baca Juga

“Tapi level penampilannya menunjukkan kalau dia benar-benar bagus, jujur saja. Keterlibatannya saat gol ketiga juga sangat penting,” tambahnya.

Selama pertandingan berlangsung, Dominik Szoboszlai menampilkan performa menjanjikan sebagai suksesor nomor 8 yang keramat di Liverpool.

Tidak cuma energik dan powerful, ia juga menunjukkan kualitas teknis yang apik dan elegan saat sedang menguasai bola.

Baca Juga

1. Nomor 8 Liverpool Telah Temukan Pemilik yang Tepat

Dominik Szoboszlai saat ini memakai nomor 8 di Liverpool. Foto: Reuters/Jason Cairnduff.

Selain itu, Dominik Szoboszlai juga pemain yang paling banyak berlari dibanding rekan-rekannya yang lain saat pertandingan kontra Bournemouth.

Bahkan, ia hanya salah menempatkan 5 dari 71 operannya sepanjang laga, tampil mencolok sebagai pemain yang menguasai bola.

Soal determinasi, Dominik Szoboszlai pun tidak berbeda jauh dari Steven Gerrard saat masih bermain untuk Liverpool dulu.

Di sisi lain, Stevie G juga pernah dimainkan sebagai si nomor 10 dan 6, dengan keserbagunaan yang sama seperti Dominik Szoboszlai saat ini.

Namun tentu saja, Dominik Szoboszlai masih punya banyak waktu untuk mengembangkan permainan dan kualitasnya sebagai calon gelandang masa depan Liverpool yang hebat.

Baca Juga

Nomor punggung 8 memang sebuah beban berat yang harus ditanggungnya. Apalagi, Steven Gerrard selama ini dikenal sebagai sosok gelandang yang nyaris komplet.

Ia bisa mencetak gol, menekel lawan, memiliki passing range yang luar biasa, dan satu lagi yang tidak kalah penting: leadership.

Liverpool mungkin tidak akan menemukan pemain sepertinya lagi sampai hari kiamat, tapi setidaknya Stevie G sekarang sudah memiliki penerus yang potensial untuk nomor punggung 8-nya.

Pasalnya, sebelum ini angka keramat tersebut belum menemukan pemilik yang benar-benar tepat usai si empunya angkat kaki dari Liverpool pada 2015.

Untuk diingat kembali, Steven Gerrard menanggalkan angka miliknya di Liverpool saat memutuskan pindah ke klub Major League Soccer, LA Galaxy.

Baca Juga

Setelah kepergian legenda The Reds tersebut, jersey bernomor punggung 8 Liverpool jatuh ke tangan Naby Keita.

Namun sayang, pemain yang satu ini tampil tidak terlalu gemilang meski telah mewarisi peninggalan besar dan berharga dari seorang Steven Gerrard.

Dominik Szoboszlai didatangkan dari RB Leipzig di bursa transfer pemain musim panas ini kabarnya di angka 60 juta euro (sekitar Rp1 triliun lebih).

Ia menjadi salah satu pemain yang direkrut Liverpool untuk sektor gelandang setelah kepergian James Milner dkk - termasuk Naby Keita.

Bersamanya, turut didatangkan pula pemain naik daun milik Brighton dan Timnas Argentina, Alexis Mac Allister.

Dominik Szoboszlai diikat Liverpool dengan kontrak yang akan kedaluwarsa pada musim panas 2028 mendatang. 

Baca Juga
LiverpoolSteven GerrardLiga InggrisDominik SzoboszlaiIndepth

Berita Terkini