x

Diidamkan Klopp, Bisakah Perr Schuurs Jadi Pengganti Joe Gomez di Liverpool?

Senin, 21 Agustus 2023 17:00 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Jurgen Klopp selaku pelatih raksasa Liga Inggris (Premier League), Liverpool, mengidamkan sosok Perr Schuurs sebagai pengganti Joe Gomez.

INDOPSORT.COM – Jurgen Klopp selaku pelatih raksasa Liga Inggris (Premier League), Liverpool, mengidamkan sosok Perr Schuurs sebagai pengganti Joe Gomez.

Ketertarikan ini terlihat dari munculnya rumor yang beredar, di mana Football Insider menyebutkan bahwa Liverpool meminati Perr Schuurs yang saat ini berseragam Torino.

Baca Juga

Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa Klopp membutuhkan bek baru untuk bersaing dengan Virgil van Dijk dan Ibrahima Konate.

Sebelumnya Jorg Schmadtke selaku Direktur Olahraga baru Liverpool menginginkan Micky van de Ven. Nahas, pemain tersebut justru bergabung Tottenham Hotspur.

Lalu ada nama Goncalo Inacio dari Sporting CP. Tapi ternyata baru-baru ini sang pemain memilih meneken kontrak baru dengan timnya.

Tak ayal pilihan pun kini jatuh ke Perr Schuurs yang dianggap punya kapasitas untuk menyaingi Virgil van Dijk dan Ibrahima Konate di Liverpool.

Baca Juga

Sejatinya Liverpool masih memiliki nama Joe Gomez. Tapi bek berpaspor Inggris itu tengah mengalam penurunan performa dan rencananya akan didepak.

Sehingga, Perr Schuurs pun nantinya akan diproyeksikan sebagai pengganti Joe Gomez yang akan ditendang dan menjadi pelapis sepadan Van Dijk serta Konate.

Joe Gomez memang belakangan tengah mengalami penurunan performa usai banyak dibekap cedera, sehingga dirinya harus puas menjadi penghuni bangku cadangan.

Sadar akan performanya yang menurun, Liverpool ingin mendepaknya meski hingga saat ini belum mendapatkan peminat untuk pemain berusia 26 tahun itu.

Namun Liverpool tak ingin berlama-lama menunggu Joe Gomez dilepas dan akan mencoba memboyong Perr Schuurs sebelum bursa transfer ditutup.

Tapi apakah Perr Schuurs bisa menggantikan Joe Gomez dan bisa menjadi pelapis sepadan Van Dijk serta Konate di kubu Liverpool musim depan? Berikut ulasannya.

Baca Juga

1. Perr Schuurs Andal dalam Berduel

Perr Schuurs (kanan) saat beradu dengan pemain Napoli, Victor Osimhen. Foto: REUTERS/Massimo Pinca.

Jika melihat kebutuhan Liverpool, kedatangan Perr Schuurs merupakan sebuah pemakluman mengingat Joe Gomez sering dibekap cedera.

Tapi secara performa dan statistik sejatinya Joe Gomez lebih unggul sebagai bek ketimbang Perr Schuurs, jika dinilai dari kemampuan sebagai Ball Playing Defender.

Baca Juga

Ya, Joe Gomez merupakan bek bertipe Ball Playing Defender bagi Liverpool dengan rataan 79,31 operan per 90 menit dan akurasi mencapai 84,4 persen.

Bahkan, kemampuan Joe Gomez dalam melepaskan operan membantu serangan Liverpool, dengan rataan 6,22 operan progresif per 90 menit.

Bandingkan dengan Perr Schuurs yang hanya rata-rata melepaskan 46,47 operan per 90 menit dengan akurasi 88,1 persen per 90 menit.

Bahkan, kemampuan Perr Schuurs dalam melepaskan operan progresif pun kalah jauh dari Joe Gomez dengan rataan 2,17 operan progresif per 90 menit.

Baca Juga

Tapi Liverpool dan Klopp tampaknya tak membutuhkan Ball Playing Defender saat ini karena perubahan sistemnya sejak musim lalu.

Yang dibutuhkan Klopp adalah bek yang siap berduel. Untuk kategori ini, Perr Schuurs unggul atas Joe Gomez secara statistik dan gaya bermain.

Perr Schuurs dengan postur 1,91 meter lebih punya kapasitas dalam bertahan dengan rataan 2,15 tekel+intersep per 90 menit.

Selain itu, postur tubuhnya itu membuatnya kerap memenangkan duel udara, dengan memenangkan 2,32 duel udara per 90 menit dan mampu membuat 3,95 sapuan per 90 menit.

Kemampuan ini dibutuhkan oleh Klopp karena sistemnya yang berubah usai membuat Trent Alexander-Arnold sebagai Inverted Fullback, sehingga tak membutukan Ball Playing Defender.

Dengan harga berkisar 30 juta euro saja, Perr Schuurs bisa menjadi pilihan tepat bagi Liverpool. Apalagi dengan bakal adanya pemasukan dari penjualan Joe Gomez yang dihargai 30 juta euro.

Baca Juga
Bursa TransferLiverpoolIn Depth SportsLiga InggrisTransfer PemainPerr SchuursIndepth

Berita Terkini