x

Domenico Berardi Kian Jauh, 5 Alternatif Winger Top Murah Pengganti untuk Juventus

Senin, 21 Agustus 2023 15:00 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Misi Juventus untuk mendapatkan Domenico Berardi di bursa transfer musim panas 2023 berpotensi berujung kepahitan.

INDOSPORT.COM - Misi Juventus untuk mendapatkan Domenico Berardi di bursa transfer musim panas 2023 berpotensi berujung kepahitan.

Sang winger Sassuolo sulit untuk dilepas oleh klubnya usai negosiasi tidak berujung persetujuan soal valuasi.

Berardi sebenarnya sudah bersiap untuk pindah ke Juventus dan meminta pada Sassuolo yang telah dibelanya sejak 2012 agar melepas.

Pihak I Neroverdi sendiri setuju untuk menyanggupi permintaan itu namun penjualan hanya akan dieksekusi apabila I Bianconeri sanggup membayar 30 juta Euro mengingat kontrak si pemain masih tersisa hingga Juni 2027.

Juventus coba melakukan penawaran dengan 20 juta Euro dibayar di muka plus bonus 4 juta Euro.

Baca Juga

Tidak cuma itu, Nyonya Tua juga bersedia untuk menambahkan satu sampai dua pemain dengan harga sekitar 10 juta Euro ke dalam proposal mereka namun yang didapatkan malah penolakan.

Menurut laporan dari La Gazzetta dello Sport, Sassuolo sudah memasang batas 17 Agustus 2023 adalah hari terakhir untuk menuntaskan negosiasi soal Berardi dengan Juventus.

Apabila tidak ada kesepakatan, maka Berardi akan tetap merumput di MAPEI Stadium pada 2023/2024 karena mereka tidak mau harus mencari pemain pengganti saat bursa transfer hanya menyisakan dua pekan saja.

Giovanni Carnevalli selaku direktur Sassuolo secara terbuka berkata pada media jika memang sempat ada pembicaraan dengan Juventus terkait Domenico Berardi yang mana sebenarnya sempat diikat kedua tim dengan kontrak kepemilikan bersama pada 2013 lalu namun kini kans pergi sudah tertutup.

"Ada negosiasi karena Juventus tertarik dan demikian juga Domenico. Selama sepuluh hari kami terbuka untuk menjual (namun) tidak ada tawaran resmi," beber Carnevalli.

Baca Juga

"Kami ingi Domenico senang namun klub juga tidak bisa membiarkannya pergi dengan harga murah. Sassuolo enggan melibatkan pemain lain dalam deal karena tim sudah pas,"

"Batasnya adalah 17 Agustus dan setelahnya kami tidak bisa mendatangkan pengganti. Saya tidak senang karena kami sudah berusaha memfasilitasi (bahkan) Domenico sudah berlatih terpisah untuk mengantisipasi kepergiannya," tambahnya lagi.

Juventus sendiri memang tidak bisa mengeluarkan banyak uang di bursa transfer kali ini akibat ketiadaan jaminan pemasukan dari kompetisi Eropa pada 2023/2024.

Kewajiban membayar sejumlah denda buntut skandal Plusvalenza juga semakin membuat dompet mereka mengempis sehingga sepertinya target dengan banderol rendah harus dicari.

Lima alternatif pemain berikut ini bisa menjadi referensi Juventus dalam berburu di sisa bursa transfer musim panas 2023.

Baca Juga

1. 1. Ola Solbakken

Ola Solbakken (kanan). (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

Opsi pertama yang kami sarankan bagi Juventus sebagai ganti Domenico Berardi adalah Ola Solbakken dari AS Roma. Layaknya sang incaran pertama, Solbakken juga merupakan winger kanan dengan kaki dominan kiri.

Semenjak didatangkan dari Bodo/Glimt pada bursa transfer musim dingin 2023 lalu secara cuma-cuma, ia belum juga bisa menembus tim utama I Lupi. Nasibnya belum berubah di 2023/2024 dengan selalu duduk di bangku cadangan pada dua laga pertama Liga Italia.

Solbakken bisa Juventus datangkan dengan kontrak pinjaman beropsi permanen. Semasa di negara asalnya, Norwegia, pemain 24 tahun ini punya produktivitas yang cukup baik dengan 20 gol dan 24 assist untuk Bodo.

Perbandingan statistik Domenico Berardi dan Ola Solbakken

2. Yann Gboho

Mencari pemain yang terbang di bawah radar adalah solusi jitu bagi Juventus untuk menghemat pengeluaran mereka mencari pengganti Berardi. Itulah kenapa nama Yann Gboho dari Cercle Brugge masuk daftar ini.

Grafik dari DataMB menunjukkan jika ia punya banyak kemiripan dengan Berardi mulai dari persentil umpan kunci, aksi menyerang, angka harapan gol dan assist. Gboho bahkan unggul jauh dalam urusan carries maupun dribel.

Baca Juga

Hanya satu saja kekurangan pemain Prancis berdarah Pantai Gading berusia 22 tahun ini yakni end product yang minim. Dalam 35 laga bersama Brugge musim lalu hanya ada tiga gol dan enam assist yang diregistrasikan.

Perbandingan statistik Domenico Berardi dan Yann Gboho

3. Bryan Teixira

Satu lagi nama pemain muda dari luar liga top Eropa yang hadir di daftar ini yakni Bryan Teixeira yang merumput di Austria bersama Sturm Graz. Winger 22 tahun berpaspor Tanjung Verde ini merupakan calon pemain besar masa depan.

Ia baru bergabung bersama Sturm pada bursa transfer musim dingin 2023 lalu dari FC Austria Lustenau usai mengemas sembilan gol dan 14 assist dari 42 laga. Sturm sendiri dianggap punya pemandu bakat yang baik usai sukses mengorbitkan Rasmus Hojlund.

Teixeira yang memiliki tinggi 174 cm memiliki kemiripan cukup banyak dengan Berardi tidak cuma soal statistik namun juga versatilitas. Selain beroperasi di sayap, ia pun sanggup bermain sebagai ujung tombak.

Perbandingan statistik Domenico Berardi dan Bryan Teixira

4. Alireza Jahanbakhsh

Sempat dianggap sebagai next superstar, Alireza Jahanbakhsh kemudian justru gagal bersinar di liga top Eropa usai petualangannya bersama Brighton & Hove Albion berakhir pahit pada 2021 silam.

Sayap lincah internasional Iran tersebut kemudian kembali ke Liga Belanda untuk memperkuat Feyenoord usai sebelumnya pernah berbaju AZ Alkmaar, dan NEC Nijmegen.

Baca Juga

Di usia 30 tahun, Jahanbakhsh masih punya kans sekali lagi untuk menjajal panggung tertinggi benua biru bersama Juventus sebagai ganti Domenico Berardi. Itu bila ia tidak tergoda hijrah ke Arab Saudi dimana Al Riyadh siap menampungnya.

Perbandingan statistik Domenico Berardi dan Alireza Jahanbakhsh

5. Igor Paixao

Selain Jahanbakhsh, Feyenoord juga punya winger top lain yang bisa dicomot Juventus yakni Igor Paixo dari Brasil. Usianya pun jauh lebih muda, 23 tahun, dengan potensi yang siap digali lebih jauh.

Paixao di musim pertamanya sukses mengumpulkan sembilan gol dan tujuh assist dalam 40 laga saja. Data dari DataMB menunjukkan jika ia punya persentil angka harapan gol (xG) non-penalti yang cukup tinggi yakni 90,2%.

Di daftar ini harga Paixao mungkin jadi yang paling tinggi di kisaran 10 juta Euro namun nominal tersebut sudah termasuk murah bagi Juventus sekalipun yang rela mengejar Domenico Berardi dengan pegangan 30 juta Euro.

Perbandingan statistik Domenico Berardi dan Igor Paixao
Baca Juga
Bursa TransferJuventusDomenico BerardiLiga ItaliaIndepth

Berita Terkini