x

Juventus Ngebet Boyong Domenico Berardi, Bagaimana Nasib Federico Chiesa?

Senin, 21 Agustus 2023 15:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga Italia (Serie A), Juventus, belakangan ngebet mendatangkan bintang Sassuolo, yakni Domenico Berardi, di bursa transfer musim panas 2023 ini.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Italia (Serie A), Juventus, belakangan ngebet mendatangkan bintang Sassuolo, yakni Domenico Berardi, di bursa transfer musim panas 2023 ini.

Dilaporkan oleh berbagai media ternama Italia, Juventus menunjukkan tekadnya mendatangkan Domenico Berardi dengan akan melayangkan tawaran ke Sassuolo.

Baca Juga

Sejauh ini, Sassuolo telah mematok harga untuk pemain berusia 28 tahun itu, yakni berkisar 25-30 juta euro atau setara dengan Rp500 miliar.

Juventus memang belum memberikan penawaran. Tapi kabar terbaru menyebutkan Bianconeri akan memulai negosiasi untuk mendatangkannya.

Cristiano Giuntoli bahkan memastikan bahwa ia dan Massimiliano Allegri tengah membicarakan opsi mendatangkan Berardi ke Turin.

Di sisi lain, Calciomercato mengabarkan bahwa Juventus baru akan melayangkan tawaran jika Sassuolo mau menurunkan harga untuk Domenico Berardi.

Baca Juga

Di samping itu, Berardi sendiri bersedia menerima pinangan Juventus dan bersedia hengkang dari Sassuolo, karena menganggap telah lama bermain di Neroverdi.

Keinginan Juventus mendatangkan Berardi pun sempat menjadi buah bibir. Apalagi, Bianconeri punya berbagai winger berkualitas di skuadnya.

Salah satunya adalah Federico Chiesa. Pemain berusia 26 tahun ini merupakan winger dengan kapasitas mumpuni yang juga menempati posisi yang sama dengan Berardi.

Belum lagi dengan winger-winger lain seperti Timothy Weah yang baru bergabung dan Samuel Iling-Junior maupun Filip Kostic.

Tak ayal pertanyaan pun mengemuka. Apa rencana Allegri dan Juventus mendatangkan Berardi di tengah menumpuknya winger berkualitas seperti Chiesa.

Apakah kedatangan Domenico Berardi akan membuat Juventus mendepak Federico Chiesa atau Massimiliano Allegri punya rencana lain?

Baca Juga

1. Rencana Allegri untuk Chiesa dan Berardi

Domenico Berardi dan Gianluca Scamacca, duo Sassuolo yang jadi incaran AC Milan (Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo)

Baik Federico Chiesa dan Domenico Berardi sama-sama winger yang biasanya menempati pos sebelah kanan maupun kiri saat menyerang.

Tak ayal jika Berardi datang, maka Chiesa bisa saja tergusur posisinya dan diyakini akan membuat Juventus menjualnya sebelum bursa transfer ditutup.

Baca Juga

Tapi, Allegri punya rencana lain. Rencana ini pun telah ditunjukkannya di laga perdana Juventus di Serie A 2023/2024 kontra Udinese.

Usai menang dengan skor 3-0 atas Udinese, Allegri mengatakan dengan gamblang bahwa Chiesa adalah striker dalam skema yang ia terapkan.

“Saya pikir Chiesa adalah striker. Saya mungkin salah, tapi dalam pandangan saya, dia adalah penyerang,” ujar Allegri pasca laga seperti yang dikutip dari Football Italia.

Chiesa memang dipasang sebagai penyerang di laga tersebut dan mampu tampil apik dengan torehan satu gol, meski kemampuannya sebagai winger menjadi terbatas atau limit.

Baca Juga

Dari pernyataan itu, bisa dikatakan bahwa Allegri punya rencana sendiri, yakni menjadikan Berardi sebagai Wing Back kiri yang sebelumnya ditempati Filip Kostic.

Karena Kostic akan didepak, Allegri merasa Berardi bisa menempati pos tersebut, menggantikan pemain muda, Andrea Cambiasso yang mengisi pos tersebut di laga kontra Udinese.

Berardi pun punya kapasitas sebagai Wing Back. Hal ini terlihat dari catatannya, di mana ia rata-rata melepaskan 5,61 operan progresif per 90 menit dan melakukan tusukan sebanyak 2,62 kali.

Kemampuannya sebagai Wing Back saat menyerang juga terlihat dari rataan 4,96 Shot-Creating Actions (SCA) atau tindakan berbuah peluang bagi rekannya.

Lalu bagaimana saat bertahan? Berardi diam-diam punya kapasitas bertahan mumpuni dengan rataan 2,08 tekel+intersep per 90 menit dan membuat 0,91 sapuan per 90 menit.

Kemampuan ini membuat Berardi bisa membantu sistem serangan Juventus dengan memanfaatkan lebar lapangan dan membiarkan Chiesa menjadi Inside Forward di belakang Dusan Vlahovic.

Baca Juga
Bursa TransferJuventusDomenico BerardiIn Depth SportsLiga ItaliaTransfer PemainIndepth

Berita Terkini