x

Profil Jeremy Doku, Raja Dribel Belgia Pengganti Mahrez di Manchester City

Selasa, 22 Agustus 2023 14:10 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Aksi penyerang Stade Rennais, Jeremy Doku

INDOSPORT.COM - Profil Jeremy Doku yang segera merapat ke Manchester City di bursa transfer musim panas 2023 untuk menggantikan Riyad Mahrez bisa kalian simak di artikel ini.

Sebelum bursa transfer musim panas 2023 ditutup, Manchester City tengah bergerak cepat untuk menambal lubang yang ditinggal oleh Riyad Mahrez.

Baca Juga

Sebelumnya, Manchester City sempat menjadikan Lucas Paqueta sebagai prioritas utama. Namun negosiasi alot dan ditolak oleh West Ham United.

Hal itu membuat The Citizens kini mengalihkan fokus kepada bintang klub Liga Prancis (Ligue 1), Rennes yaitu Jeremy Doku.

Menurut laporan dari  jurnalis Santi Arouna, negosiasi Manchester City dengan Jermy Doku kabarnya tidak ada halangan.

Bahkan jawara Liga Inggris musim lalu dilaporkan sudah mencapai kesepakatan dengan pihak Rennes soal biaya transfer sebesar 64,4 juta Euro atau sekitar Rp1 Triliun.

Harga ini terbilang besar, lantaran harga Jeremy Doku di situs transfermarkt tertulis hanya setelah dari nominal tersebut.

Jadwal tes medis kabarnya akan segera diumumkan oleh Manchester City. Menurut jurlanis Santi Arouna, Jeremy Doku bisa diresmikan pada pekan ini.

Jeremy Doku merupakan pemain sepak bola profesional asal Belgia yang lahir di Antwerpen, Belgia pada 27 Mei 2002 silam (usia 21 tahun).

Awalnya, ia bergabung dengan tim lokal Antwerp yakni KVC Olympic Deurne dan Tubantia Borgerhout. Pada 2012, ia kemudian hijrah ke klub raksasa Belgia, Anderlecht, pada usia 10 tahun.

Di sini bakatnya sebagai pesepak bola terasah dengan tajam. Ia memulai debut profesionalnya bersama tim utama Anderlecht pada November 2018 saat timnya dikalahkan Sint-Truiden 4-2. Jeremy Doku debut di usia tepat 16 tahun.

Setelah itu, ia tetap tampil di tim senior Anderlecht pada musim 2018-2019 dengan mencatatkan lima penampilan di liga.

Peran Jeremy Doku di tim Anderlecht semakin besar pada musim 2019/20, ketika ia diberi kesempatan tampil sebanyak 21 kali di liga dengan catatan 3 gol dan 3 assist.

Baca Juga

Setelah itu, Jeremy Doku mencoba peruntungan di Liga Prancis. Ia diboyong oleh Rennes dengan biaya Rp 451 miliar pada bursa transfer musim panas 2020.

Ia langsung menjadi andalan dengan tampil 30 kali dengan menyumbang dua gol serta tiga assist di Liga Prancis musim 2020-2021.

Kemudian di musim 2021-2022, Jeremy Doku tampil sebanyak 14 kali dengan catatan satu gol dan dua assist. Di musim 2022-2023 kemarin, ia mengemas enam gol serta dua assist di Liga Prancis.

Baca Juga

1. Dijuluki Raja Dribel

Pemain Timnas Belgia, Jeremy Doku tertunduk sedih usai timnnya kalah dari Italia.

Alasan Manchester City mengincar Jeremy Doku di bursa transfer musim panas 2023, karena mendapatkan rekomendasi dari sang kapten yakni Kevin De Bruyne.

Penampilan Jeremy Doku jelas sudah diketahui oleh Kevin De Bruyne karena kedua pemain merupakan satu tim di Timnas Belgia.

Baca Juga

Adanya Jeremy Doku di skuat The Citizens membuat Kevin De Bruyne tentu bisa melakukan kerja sama apik di lapangan hijau.

Apalagi pemain berusia 21 tahun tersebut memiliki julukan "Raja Dribel". Megabintang PSG, Kylian Mbappe, yang pernah memuji penampilan dari Doku saat selama membela Rennes.

"Baru-baru ini, saya bicara dengan ayah saya tentang pemain yang berhasil mencuri perhatian saya karena kecepatannya. Pemain itu adalah Doku," ujar Mbappe beberapa waktu lalu.

Doku memang sudah terkenal dengan kecepatan berlari, akselerasi, kelincahan dalam menggiring bola, dan kekuatan fisiknya berdasarkan Soccerment. Hal itulah yang membuatnya dijuluki The Flash dari Belgia.

Bersama Rennes di musim 2022/23, Jeremy Doku sudah dimainkan 35 kali. Ia mencetak 7 gol dan menyumbang 4 assist.

Meski demikian, ia belum pernah meraih gelar apapun selama membela Anderlecht dan Rennes. Sehingga, Manchester City akan menjadi target utamanya untuk meraih trofi pertama.

Sementara itu, karier di tim nasional Jeremy Doku juga terbilang apik. Ia enjadi bagian dari tim yang menjuarai Kejuaraan Eropa U-17 pada 2018 lalu.

Ia sempar membantu tim Belgia U-21 lolos ke Kejuaraan Eropa U-21 pada 2021. Panggilan pertama ke skuat senior terjadi pada September 2020 lalu.

Dirinya membuat debutnya dalam pertandingan melawan Denmark di UEFA Nations League dengan mencetak gol dan membawa Belgia menang 8-0 atas Belarus pada Maret 2021.

Baca Juga

Jeremy Doku masuk ke dalam skuat Timnas Belgia untuk Euro 2020. Dia menjadi pemain termuda yang pernah tampil untuk tim nasional di turnamen besar.

Jeremy Doku sempat tampil impresif dalam pertandingan perempat final melawan Italia, meskipun timnya kalah 1-2.

Jeremy Doku juga pernah menjadi incaran Jurgen Klopp pada 2017 yang lalu setelah banyak yang menilai bahwa kemampuan dribbling-nya setara Sadio Mane.

Baca Juga
Bursa TransferManchester CityRiyad MahrezRennesTransfer PemainJeremy Doku

Berita Terkini