x

3 Langkah Sat-set Arsenal sebelum Bursa Transfer Musim Panas 2023 Tutup

Rabu, 23 Agustus 2023 21:16 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
Setidaknya ada tiga langkah sat-set yang harus dijalankan klub Liga Inggris (Premier League), Arsenal, sebelum bursa transfer musim panas 2023 tutup.

INDOSPORT.COM – Setidaknya ada tiga langkah sat-set yang harus dijalankan klub Liga Inggris (Premier League), Arsenal, sebelum bursa transfer musim panas 2023 tutup.

Sekadar informasi, bursa transfer musim panas 2023 akan tutup per 1 September yang berarti semua klub, terutama di Liga Inggris, punya waktu sekitar seminggu untuk merampungkan seluruh aktivitas transfernya.

Baca Juga

The Gunners memang baru saja menggaet empat wajah baru pada bursa transfer musim panas 2023 ini, sebut saja Kai Havertz, Declan Rice, Jurrien Timber, dan David Raya.

Namun, hadirnya empat pemain anyar itu disinyalir belum cukup sehingga Meriam London pastinya akan masih melakukan pergerakan sebelum bursa transfer musim panas 2023 tutup.

Langkah pertama yang kiranya harus dilakukan Arsenal adalah menciptakan ruang kosong (space) dalam skuadnya yang sekaligus juga akan memberikan mereka tambahan dana.

Walaupun disebut masih mengincar beberapa pemain lagi, The Gunners lebih menghadapi masalah mengenai ketersediaan ruang kosong dalam skuad ketimbang finansial.

Baca Juga

Masa depan Kieran Tierney, Folarin Balogun, Cedric Soares, Nicolas Pepe, Albert Sambi Lokonga, Nuno Tavares, dan Athur Okonkwo masih belum jelas menjelang tenggat waktu registrasi pemain.

Mikel Arteta selaku manajer The Gunners tentu harus segera mencari solusi untuk segera mencarikan pemain tersebut klub anyar sebelum bursa transfer musim panas 2023 tutup.

Dengan dijualnya banyak pemain tersebut, Arsenal tentu saja akan mendapatkan dana segar tambahan yang kiranya bisa dipakai untuk memboyong pemain baru.

Selain masalah penjualan pemain, Arsenal tentu masih berkutat dengan pembelian wajah baru lagi yang tentu saja harus dilakukan secepat mungkin sebelum ditutupnya bursa transfer musim panas 2023.

Baca Juga

1. Cari Pengganti Jurrien Timber

Jurrien Timber (kanan) dan Bukayo Saka (kiri) di laga Arsenal vs Nottingham Forest (12/08/23). (Foto: REUTERS/David Klein)

Salah satu hal yang harus segera dilakukan Arsenal adalah mencari pengganti bagi pemain yang cedera, seperti Jurrien Timber yang baru saja dibeli dari Ajax Amsterdam pada bursa transfer musim panas 2023.

Jurrien Timber sebelumhya menderita cedera ACL yang dapat membuatnya menepi selama semusim, apalagi Arsenal sudah seharusnya melihat mereka keteteran pada musim lalu setelah William Saliba dan Takehiro Tomiyasu menepi dengan masalah yang sama.

Baca Juga

Mencari pengganti bek berpaspor Belanda itu mungkin saja bukan perkara yang mudah mengingat Timber adalah pemain serbabisa yang bisa ditempatkan di segala posisi di lini belakang.

Jika harus mencari pengganti yang sama, The Gunners kiranya bisa melirik bek Red Bull Leipzig, Mohamed Simakan, pada bursa transfer musim panas 2023 ini.

Mohamed Simakan adalah bek serbabisa yang dapat dipasang sebagai bek tengah, kanan, dan gelandang bertahan, tetapi RB Leipzig mungkin tidak akan melepas sang pemain dengan harga murah setelah melego Josko Gvardiol.

Langkah terakhir yang tak kalah penting adalah segera mengamankan tanda tangan bintang Ajax Amsterdam, Mohammed Kudus.

Baca Juga

Kudus jelas adalah salah satu pemain serbabisa yang sebetulnya berposisi asli sebagai gelandang serang, tetapi pria asal Ghana itu juga bisa ditempatkan di pos penyerang tengah dan winger.

Pria berusia 23 tahun itu kiranya juga bisa menjadi solusi di pos ujung tombak Arsenal yang ditinggal Gabriel Jesus menepi yang mana Kudus jauh lebih tajam ditempatkan di pos penyerang tengah ketimbang gelandang serang.

Selain itu, Mohammed Kudus juga bisa dijadikan pesaing Bukayo Saka di pos winger kanan yang mana pria asal Inggris itu saat ini tak punya pesaing sepadan.

Kiranya rasa persaingan ini bisa membuat Bukayo Saka tampil tetap maksimal mengingat ia akan memiliki saingan ketimbang tak punya kompetitor sama sekali di pos winger kanan yang bisa berdampak pada menurunnya performa sang pemain.

Baca Juga

Rekap Transfer Resmi Arsenal

Berikut ini rekap transfer klub Liga Inggris, Arsenal, per tanggal 17 Juni 2023.

Pemain Masuk:

Kai Havertz (dibeli dari Chelsea)

Declan Rice (dibeli dari West Ham United)

Jurrien Timber (dibeli dari Ajax Amsterdam)

David Raya (dipinjam dari Brentford)

Folarin Balogun (kembali dari pinjaman - Reims)

Nicolas Pepe (kembali dari pinjaman - Nice)

Nuno Tavares (kembali dari pinjaman - Marseille)

Cedric Soares (kembali dari pinjaman - Fulham)

Runar Alex Runarsson (kembali dari pinjaman - Alanyaspor)

Pemain Keluar:

Pablo Mari (Monza)

Ainsley Maitland-Niles

Zach Awe

Joel Ideho

George Lewis

Matt Smith

Tom Smith

Kaleel Green

Alexandar Kovacevic

Tino Quamina

Mathaeus Roberts

Bursa TransferManchester UnitedLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita TransferMohammed KudusMohamed Simakan

Berita Terkini