x

Bali United Berangkat ke Malaysia, Tak Gentar Jumpa Wakil Australia di Piala AFC

Rabu, 23 Agustus 2023 20:08 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Juni Adi
Perebutan bola penyerang Lee Man FC, Everton dengan bek Bali United, Ricky Fajrin. Foto: Bali United

INDOSPORT.COM - Perwakilan Bali United sudah berangkat ke Kuala Lumpur, Malaysia, untuk mengikuti pembagian grup Piala AFC 2023-2024, Kamis (24/8/23) siang. Serdadu Tridatu tak gentar andaikata bertemu wakil dari Australia.

Piala AFC 2023-2024 menghadirkan tantangan berbeda bagi tim-tim Asia Tenggara. Pasalnya, wakil Australia yang lolos ke kompetisi kasta kedua benua Asia akan tergabung di zona Asia Tenggara.

Baca Juga

Dua wakil Australia yang ikut undian adalah Macarthur FC dan Central Coast Marines FC. Macarthur FC berada di pot dua bersama Bali United dan wakil Singapura, Hougang United. 

Otomatis, Bali United tak akan berada satu grup dengan Macarthur FC. Namun, Bali United punya potensi besar berada satu grup dengan Central Coast Marines yang ada di pot empat.

Mereka ada di pot empat dalam undian bersama pemenang laga PSM Makassar melawan Yangon United Myanmar serta pemenang laga Tampines Rovers FC Singapura melawan Phnom Penh Crown FC Kamboja. 

Bali United yang diwakili Michael Gerald selaku manajer tim serta Alexander Maha Putra Oemanas selaku media officer sudah tiba di Kuala Lumpur pada Selasa (22/8/23).

Baca Juga

"Hari ini agendanya workshop. Untuk undian grupnya dilakukan Kamis setelah makan siang," kata Alexander Maha Putra Oemanas, Rabu (23/8/23) petang.

Stefano Cugurra Teco selalu pelatih tak ikut berangkat ke Kuala Lumpur. Teco mempersiapkan Adilson Maringa dkk. untuk pertandingan Liga 1 2023-2024 melawan Barito Putera pada Minggu (27/8/23). 

Teco memastikan timnya tak sabar untuk beraksi di Piala AFC 2023-2024. Bali United punya keinginan kuat untuk meraih prestasi setelah tersingkir secara tragis di preliminary stage Liga Champions Asia.

Teco tak takut ketika musim ini zona Asia Tenggara diikuti dua wakil dari Australia. Perwakilan dari Australia jelas bakal diunggulkan karena prestasi tim nasional yang sangat bagus di Asia.

Baca Juga

"AFC Cup merupakan kompetisi yang bagus, antara tim terbaik dari semua negara, serta kini ada klub Australia. Kompetisi ini pasti lebih kuat," jelas Teco.

Central Coast Marines menjadi salah satu tim kuat di Australia. Mereka punya tradisi bagus di liga domestik hingga kerap menjadi wakil di kompetisi Asia. 

Teco menyadari hal itu. Namun begitu, sebagai tim yang turut serta dalam undian di Kuala Lumpur, Bali United hanya bisa menerima apapun hasil undian.

"Saat kita bisa masuk di AFC Cup, kita tidak bisa pilih lawan yang mana. Ada banyak tim yang punya kualitas bagus," ucap Teco

Ajang ini akan mulai dipertandingkan pada 18 September 2023, atau setelah pelaksanaan FIFA Matchday. Kompetisi ini akan digelar dengan sistem kandang dan tandang.

Bagi seluruh klub, Piala AFC 2023-2024 bakal terasa istimewa karena musim ini menjadi edisi terakhir dari ajang ini. Pada musim depan, AFC selalu federasi sepak bola Asia akan mengubah sistem kompetisi menjadi tingkatan, seperti halnya di Eropa.

Klub-klub terbaik di Asia akan terbagi dalam kompetisi AFC Champions League 1 (24 tim), AFC Champions League 2 (32 tim) dan AFC Challenge League (20 tim).

 
Piala AFCBali UnitedBola Internasional

Berita Terkini