x

Fernando Valente Niat Liburan ke Indonesia Malah Dikontrak Jadi Pelatih Baru Arema FC

Rabu, 23 Agustus 2023 19:57 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Juni Adi
Manajer Arema FC, Wibie Dwi Andriyas perkenalkan pelatih baru Arema FC, Fernando Valente. (Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, Arema FC, meresmikan pelatih bernama lengkap Jose Fernando Martins Valente pada sesi latihan tim di Stadion Gajayana Malang, Rabu (23/8/23).

Pelatih berkebangsaan Portugal itu lantas menceritakan bagaimana awal mula proses komunikasi hingga dia mau menjatuhkan opsi untuk membesut Arema FC.

Baca Juga

Padahal, awalnya dia hanya berniat untuk menjalani liburan ke Indonesia. Tujuannya adalah mengunjungi sang putra, yakni Ze Valente yang berkarir di Persebaya Surabaya.

"Benar, saya awalnya datang ke Indonesia untuk sekedar berlibur selama 4 pekan," beber Fernando Valente menjawab pertanyaan awak media di Malang.

"Mungkin, mereka (manajemen Arema FC) tahu bahwa saya sedang disini dan punya keluarga di Indonesia (Ze Valente)," sambung dia.

Namun ketika hendak prepare untuk pulang ke Portugal, tawaran untuk membuka negosiasi dengan Arema FC kemudian datang kepadanya.

Baca Juga

Ada undangan untuk hadir secara langsung menyaksikan Arema FC ketika menghadapi Persija Jakarta di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Minggu (20/8/23).

"Satu hari sebelum persiapan (pulang), saya dapat tawaran itu. Saya merubah rencana, kenapa tidak (dipertimbangkan)," tandas Fernando Valente.

"Saya berpikir, bahwa hidup ini memang penuh kejutan. Saya akhirnya menerima tawaran ini (melatih Arema FC di Liga 1)," imbuh eks pelatih Shakhtar Donetsk U-19 itu.

Tantangan Besar

Setelah mendapatkan berbagai referensi, Fernando Valente lantas menindaklanjuti tawaran Arema FC dengan memulai proses diskusi sebelum negosiasi.

Menurut dia, presentasi dari tim berjulukan Singo Edan sangat menantang. Terlebih, karakternya juga tak lepas dari pelatih yang tak segan mengambil tantangan besar.

Arema FC saat ini memang mengalami performa negatif imbas belum meraih satupun kemenangan di Liga 1. Posisi mereka juga berada di dasar klasemen.

"Saya menyadari ini sebuah tantangan besar. Dan, saya sendiri suka dengan tantangan,"  tukas pelatih yang juga sempat membesut Estoril Praia Portugal U-23 tersebut.

Yang jelas, target yang dibebankan untuknya begitu sulit. Bagaimana dia diharuskan untuk segera mengentas Arema FC dari keterpurukan saat ini.

"Saya pikir, hanya orang sedikit gila yang mau menerima tantangan ini. Saya termasuk orang-orang seperti ini," beber Fernando Valente.

Kini, kehadirannya sudah sangat ditunggu. Debutnya pun terhampar pada pekan ke-10 Liga 1, ketika Arema FC menghadapi Persikabo 1973 di Bali, Senin (28/8/23).

"Untuk perjalanan kari, tentu ini sangat menguntungkan. Karena saya berpeluang membuat situasi Arema FC berbeda, karena sepak bola adalah passion," tutup dia.

Baca Juga
Arema FCLiga 1

Berita Terkini