x

Rincian Akuisisi Manchester United oleh Sheikh Jassim: Dijamin Bebas Utang!

Rabu, 23 Agustus 2023 14:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Sheikh Jassim memenangkan persaingan untuk membeli klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, dari tangan Keluarga Glazer dengan rincian ini. (Foto: Instagram@sheikhjassim7)

INDOSPORT.COM - Sheikh Jassim Al Thani memenangkan persaingan untuk membeli klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, dari tangan Keluarga Glazer. Intip rincian kesepakatan akuisisi berikut ini.

Sheikh Jassim bersaing ketat dengan pengusaha asal Amerika Serikat, Sir Jim Ratcliffe, untuk menjadi pemilik baru Manchester United.

Baca Juga

Terbaru, Keluarga Glazer akhirnya memutuskan untuk bersepakat dengan Sheikh Jassim yang mengajukan proposal 6 miliar poundsterling atau setara Rp117,2 triliun.

Sheikh Jassim saat ini tengah menjalani uji tuntas sebelum merampungkan proses akuisisi yang rencananya akan berakhir pada pertengahan Oktober 2023 mendatang.

Melansir dari The Sun, akuisisi ini tidak hanya sebatas biaya klub yang harus dibayarkan Sheikh Jassim kepada Glazer saja tetapi juga beberapa janji untuk memajukan klub.

Di antaranya, biaya 6 miliar poundsterling tersebut merupakan penasaran Sheikh Jassim untuk membeli 100 persen saham yang dimiliki Keluarga Glazer saat ini.

Baca Juga

Kesepakatan ini tak lepas dari desakan beberapa tokoh senior Old Trafford dan protes para penggemar setelah Keluarga Glazer berniat ingin memegang beberapa persen saham klub.

Selain itu, bangsawan dari Qatar tersebut juga akan membebaskan semua utang yang telah membebani Manchester United selama era Glazer.

Diketahui, Keluarga Glazer saat ini telah membebankan utang sebesar 1 miliar pounds sejak mengambil alih Manchester United senilai 800 juta pounds pada 2005.

Dari laporan keuangan terakhir klub, Keluarga Glazer memiliki utang kotor sebesar 725 juta pounds yang merupakan angka tertinggi sejak 2010.

Baca Juga

1. Sheikh Jassim Dapat Bala Bantuan

Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, Bankir asal Qatar calon pemilik Manchester United. (Foto: Instagram@sheikhjassim7)

Nantinya, Sheikh Jassim bakal melunasi semua utang tersebut agar ke depannya bisa menghemat biaya dan tidak mengambil pembayaran dividen dari klub seperti yang dilakukan Glazer.

Selain itu, Sheikh Jassim juga berkomitmen untuk berinvestasi pada peningkatan Old Trafford dan menambah fasilitas pusat pelatihan Carrington dan juga investasi dalam skuad.

Baca Juga

Manchester United bisa belanja banyak pemain mahal dengan konglomerat Qatar menjadi bos baru mereka. Kylian Mbappe dari PSG rasanya makin mudah didapat.

Selain itu, Kingsley Coman dari Bayern Munchen juga pernah dikabarkan jadi bidikan Sheikh Jassim untuk memperkuat tim Manchester United asuhan Erik ten Hag.

Ole Gunnar Solskjaer dan David Beckham juga berpotensi kembali ke Old Trafford, meski untuk Beckham masih belum jelas rumornya.

Sementara itu, Sheikh Jassim kabarnya mendapat bala bantuan dari eks Perdana Menteri Qatar, Sheikh Hamad, untuk membeli raksasa Liga Inggris, Manchester United.

Baca Juga

Sheikh Hamad sendiri merupakan ayah dari taipan Qatar, Sheikh Jassim, yang sedang berusaha keras untuk mengakuisisi Manchester United.

Dilansir Bloomberg, ayah Sheikh Jassim berniat untuk menjual dua rumah mewah yang berada di distrik paling eksklusif di London.

Harga yang dipatok oleh Sheikh Hamad tak main-main, yakni 370 juta pound (setara Rp7,2 triliun). Besaran tersebut diharapkan bisa membantu Sheikh Jassim segera mengambil Manchester United.

Tak hanya itu, Sheikh Jassim masih akan mendapat tambahan uang yang layak untuk segera merealisasikan dirinya sebagai pemilik Manchester United. 

Baca Juga
Manchester UnitedLiga InggrisBerita Liga InggrisSheikh JassimKeluarga Glazer

Berita Terkini