x

Timnas Indonesia Lolos Mendadak ke Semifinal Piala AFF U-23 2023 Hadapi Thailand

Rabu, 23 Agustus 2023 09:18 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Prio Hari Kristanto
Pertandingan perdana Grup B Piala AFF U-23 antara Malaysia vs Timnas Indonesia U-23, Jumat (18/08/23) malam WIB.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 akhirnya dipastikan lolos ke semifinal Piala AFF U-23 untuk menghadapi Thailand.

Ajang Piala AFF U-23 2023 telah menuntaskan pertandingan fase grup. Hasilnya, empat tim lolos ke babak semifinal, yakni Malaysia, Vietnam Indonesia, dan Thailand.

Baca Juga

Thailand, Malaysia, dan Vietnam berhasil lolos sebagai juara grup. Sedangkan Timnas Indonesia U-23 memastikan tiket ke semifinal usai menjadi runner up terbaik.

Kepastian kelolosan timnas Indonesia bahkan harus ditentukan di saat-saat terakhir. Skuad Merah putih, yang menelan kekalahan dari Malaysia di laga perdana, mau tak mau harus menjadi runner up terbaik.

Kemenangan 1-0 atas Timor Leste di laga kedua pun tak serta merta menggaransi kelolosan Indonesia. Mereka harus menantikan hasil dari laga Malaysia vs Timor Leste dan Vietnam vs Filipina.

Beruntung, Dewi Fortuna masih berpihak pada Indonesia. Dengan peluang yang kian menipis, tiket menuju semifinal Piala AFF U-23 2023 akhirnya berhasil didapat oleh skuat besutan Shin Tae-yong.

Baca Juga

Keberhasilan Malaysia mengalahkan Timor Leste 3-1 dan Vietnam mengalahkan Filipina 1-0 pada Selasa (22/08/23) kemarin memastikan Indonesia menjadi runner up terbaik dengan torehan 3 poin dari 2 laga.

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Thailand di babak semifinal Piala AFF U-23 2023. Sedangkan Malaysia berhadapan dengan Vietnam.

Laga semifinal Piala AFF U-23 2023 sendiri rencananya akan digelar pada Kamis (24/08/23) besok di Stadion Rayong, Thailand.

Laga Malaysia vs Vietnam bakal digelar pukul 16.00 WIB, sementara kick off Thailand vs Indonesia berlangsung pukul 20.00 WIB.

Baca Juga

1. Ambisi Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengakui sepak bola Tanah Air mengalami peningkatan pasca meraih medali emas SEA Games 2023, Kamboja.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong mengakui sepak bola Tanah Air mengalami peningkatan pasca meraih medali emas SEA Games 2023, Kamboja.

Sebelum memulai perjuangan di ajang Piala AFF U-23 2023, Shin Tae-yong mengaku timnya saat ini lebih termotivasi.

Baca Juga

"Ya, sepak bola Indonesia memang ada perkembangan dalam beberapa hari terakhir, terutama saat SEA Games, jadi kami sangat termotivasi," ucap Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong bahkan menilai apa yang dilakukan Timnas Indonesia saat ini berjalan baik. Di mana Timnas Indonesia sudah menaruh fokus untuk berbagai event internasional di kemudian hari.

"Saya bisa bilang proyeksi yang dilakukan terhadap sepak bola Indonesia berjalan baik," jelas pelatih asal Korea Selatan ini.

Shin Tae-yong sendiri mengaku di ajang Piala AFF U-23 2023 kali ini, dirinya tidak dibebani target apapun oleh PSSI.

Baca Juga

"Maaf saya tidak punya banyak data mengenai tim-tim di grup ini, targetnya untuk kami tidak terlalu penting untuk meraih sesuatu," ujar pelatih asal Korea Selatan ini.

"Yang terpenting kami mempromosikan persahabatan antar negara-negara AFF, dan menemukan pemain-pemain baru yang bisa bermanfaat bagi kami ke depannya," tutup Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong pun menjabarkan apa saja yang menjadi terget atau tujuan Timnas Indonesia nantinya. Di mana timnas Indonesia U-23 saat ini menaruh fokus untuk lolos babak kualifikasi Piala Asia U-23.

"Tidak perlu membahas bagaiman kami di Hangzhou Asian Games, fokus saya adalah AFC U-23 kualifikasi bulan depan, fokus kami adalah turnamen untuk melaju ke AFC U-23 Qatar tahun depan," pungkasnya.

Baca Juga
Timnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini