x

4 Bek Thailand yang Diprediksi Bikin Repot Ramadhan Sananta di Piala AFF U-23 2023

Kamis, 24 Agustus 2023 05:00 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Juni Adi
Bomber Timnas Indonesia U-23, Ramadhan Sananta merayakan gol ke gawang Malaysia di Piala AFF U-23 2023.

INDOSPORT.COM - Bomber Timnas Indonesia U-23, Ramadhan Sananta, harus bekerja keras saat melawan Thailand pada babak semifinal Piala AFF U-23 2023, Kamis (24/8/23). Ada empat bek Thailand yang diprediksi bakal membuat kerjanya menjadi susah.

Timnas Indonesia U-23 berhak lolos ke babak semifinal setelah Vietnam dan Malaysia menutup fase grup dengan kemenangan. Kemenangan dua negara itu membuat status runner up terbaik menjadi milik Indonesia.

Baca Juga

Namun, musuh berat juga sudah menanti tim besutan Shin Tae-yong. Ada Thailand yang selama fase grup mencetak 8 gol dan belum pernah kemasukan dalam tiga laga.

Thailand belum kebobolan bukan karena mereka selalu dominan menyerang saat melawan Myanmar, Kamboja dan Brunei Darussalam.

Mereka punya pemain belakang yang sangat tangguh karena punya menit bermain di liga. INDOSPORT.com memprediksi empat bek yang akan diturunkan Thailad dalam laga melawan Indonesia.

Empat nama ini menjadi andalan Thailand di fase grup, meski sempat ada rotasi saat melawan Brunei.

Baca Juga

1. Songchai Thongcham

Songchai Thongcham merupakan pemain belakang paling berpengalaman yang ada di Timnas Thailand U-23 pada Piala AFF U-23 2023.

Pasalnya, Thailand tak menyertakan Maximilian Steinbauer dan Jonathan Khamdee yang jadi andalan di SEA Games 2023 lalu.

Songchai pantas jadi harapan lini belakang Timnas U-23 karena menit bermainnya yang tinggi di Thai League 1 bersama Chonburi FC. Pada musim lalu, pemain bertinggi 183 sentimeter ini dimainkan dalam 23 pertandingan.

Tak mengherankan jika dia menjadi bek tak tergantikan saat laga melawan Myanmar dan Kamboja. Sementara pada laga melawan Brunei Darussalam, Songchai diistirahatkan di bangku cadangan.

Songchai Thongcham kemungkinan besar bakal mendapat tugas khusus untuk mengawal Ramadhan Sananta. Bomber Persis Solo ini menjadi pencetak dua gol Timnas U-23 di fase grup Piala AFF U-23 2023.

Jika ia gagal tampil bagus dihadapan Sananta, nasibnya bakal tak jauh beda dari Jonathan Khamdee yang frustasi setelah SEA Games 2023 lalu.

Baca Juga
 

1. 2. Kritsada Nontharat

Bomber Timnas Indonesia U-23, Ramadhan Sananta merayakan gol ke gawang Malaysia di Piala AFF U-23 2023.

Kritsada Nontharat punya kans tinggi untuk mendampingi Songchai Thongcham di pos bek tengah. Ia konsisten dimainkan dalam laga melawan Brunei dan Kamboja, sejak jadi pengganti Chanapach Buaphan dalam laga melawan Myanmar.

Di level klub, Kritsada sudah jadi bagian Bangkok United pada Thai League 1 2018. Hanya saja, ia kesulitan mendapatkan tempat reguler hingga sempat bermain di Trat FC dan Suphanburi.

Baca Juga

Musim lalu, setelah delapan laga menjadi cadangan di Bangkok United, ia pindah ke Trat FC yang bermain di Thai League 2. Ia mendapat kesempatan bermain dalam 10 pertandingan dengan delapan laga di antaranya tak tergantikan.

Sama seperti Songchai, tugas beratnya adalah menjaga Ramadhan Sananta. Pasalnya, Sananta tak sekadar sering bergerak di arah kanan pertahanan lawan, namun juga kerap berada di sisi kiri pertahanan lawan.

Level Thai League 2 yang tak berbeda jauh dengan Thai League 1 bakal menjadi modal untuk mengawal Ramadhan Sananta yang sudah dua musim bersinar di Liga 1.

3.  Kittichai Yaidee

Kitichai merupakan bek kanan yang sangat diandalkan Thailand pada Piala AFF U-23 2023. Ia bermain stabil dalam laga melawan Myanmar dan Kamboja. Hal itulah yang membuat gawang Thailand tak tersentuh gol pada fae grup.

Baca Juga

Berbeda dengan dua nama lain, Kittichai memang fokus mencari menit bermain di Thai League 2. Ia mengawali aksi bersama Khon Kaen United pada musim 2021-2022, sebelum kemudian direkrut Customs Ladkrabang United (CLU).

Bersama CLU pada musim 2022-2023, perannya di sektor belakang tak tergantikan. Ia dimainkan dalam 29 pertandingan di Thai League 2. Ia juga memainkan satu laga di FA Cup Thailand.

Performa ini kemudian menarik Samut Prakan City merekrutnya musim ini. Konsistensi ini yang membuat Timnas U-23 memanggilnya untuk Piala AFF U-23 2023.

Seringnya Sananta beroperasi di sisi kanan pertahanan lawan membuat Kittichai Yaidee akan menjadi salah satu penjaganya.

Kittichai juga pasti akan ditugaskan untuk mematikan crossing yang berasal dari bek kiri Timnas U-23, Frengky Missa.

Baca Juga

4. Thanison Paibul Kij Charoen

Thanison merupakan bek kiri andalan Thailand di Piala AFF U-23 2024. Thanison termasuk bek 21 tahun yang mentereng karena ia merupakan anggota dari tim besar Thailand, Buriram United.

Hanya memang keberadaan Theerathon Bunmathan di Buriram United membuatnya harus mengungsi agar mendapat menit bermain. Pada musim 2022-2023, Ayutthaya United. Ia dimainkan dalam 15 pertandingan.

Lalu, pada musim ini Thanison kembali bermain di Thai League 2 bersama tim Chaingmai United. Ia sudah membuka musim ini dengan bermain 90 menit, sebelum kemudian dipanggil Timnas Thailand U-23.

Dengan posisinya sebagai bek kiri, kecil kemungkinan Thanison akan sering berduel dengan Sananta. Kemungkinan besar dia akan banyak berurusan dengan bek kanan Timnas U-23 Bagas Kaffa.

Namun justu inilah salah satu kuncinya. Ketika Bagas kesulitan melewati Thanison, pasokan bola ke Sananta juga akan berkurang.

Sebaliknya, jika Bagas tampil gemilang, Sananta punya kans lebih besar untuk mencetak gol berkat umpan kembaran Bagus Kahfi itu.

Timnas Indonesia U-23Shin Tae-yongPiala AFF U-23Ramadhan Sananta

Berita Terkini