x

4 Rekor David de Gea yang Bisa Dipecahkan Andre Onana di Man United

Kamis, 24 Agustus 2023 18:35 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Indra Citra Sena
Simak empat rekor David de Gea yang bisa dipecahkan kiper baru Andre Onana di raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United.

INDOSPORT.COM – Simak empat rekor David de Gea yang bisa dipecahkan kiper baru Andre Onana di raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United.

Untuk pertama kalinya setelah 12 tahun, Manchester United punya penjaga gawang utama baru dalam diri Andre Onana setelah klub tak memperpanjang kontrak David de Gea.

Baca Juga

Kiper asal Kamerun itu ditebus sekitar 47 juta pound dari Inter Milan demi memuaskan hasrat Erik ten Hag, pelatih Man United, yang membutuhkan penjaga gawang modern.

Soal kemampuan teknik dan distribusinya, kiper berusia 27 tahun itu tentu tak perlu diragukan lagi, apalagi ia dianggap memiliki skill sama baiknya dengan duo kiper Brasil, Ederson Moraes dan Alisson Becker.

Lantas rekor David de Gea apakah yang bisa dipecahkan Andre Onana mengingat mantan kiper Atletico Madrid itu mengabdi selama 12 tahun di Manchester United?

Rekor pertama adalah penampilan penjaga gawang terbanyak. De Gea mengoleksi 545 penampilan selama bersama Setan Merah dan berhasil mematahkan rekor Alex Stepney (539).

Baca Juga

Tak heran, sebab pria berusia 32 tahun itu datang ke Old Trafford saat masih menginjak usia 20 tahun walau juga sempat mengalami musim naik turun pada 2011/12 dan 2012/13 silam.

Onana yang masih berusia 27 tahun kiranya punya waktu yang cukup untuk mengalahkan rekor De Gea jika ia membuat rata-rata 50 penampilan lebih selama lebih dari 11 tahun yang berarti ia akan memecahkan rekor 545 penampilan De Gea.

Tentu saja, Andre Onana membutuhkan performa yang luar biasa dan kedisiplinan untuk tetap tampil di level tertinggi yang mana sang kiper kira-kira akan berusia 38 tahun kala rekor itu terpecahkan.

Selain itu, Andre Onana masih bisa memecahkan tiga rekor David de Gea lain, tetapi ada salah satunya yang sebaiknya tak boleh dipecahkan oleh mantan kiper Inter Milan itu.

Baca Juga

1. Rekor Nirbobol Kiper Man United

Andre Onana, kiper Manchester United. (Foto: @manchesterunited)

Jika Andre Onana bisa terus menjaga performanya untuk bisa mendekati jumlah penampilan David de Gea, logikanya sang kiper juga bisa menyaingi rekor nirbobol penjaga gawang asal Spanyol itu.

David de Gea mencatatkan 147 kali nirbobol di Liga Inggris dan bertengger di urutan keempat di belakang Petr Cech (202), David James (169), dan Mark Schwarzer (152).

Baca Juga

Sebagai catatan, De Gea sendiri bermain di periode terburuk Man United di Liga Inggris, tetapi bisa mencatkan rekor yang luar biasa.

Jika rencana Erik ten Hag membangkitkan kedigdayaan Setan Merah berhasil, Onana tentu saja bisa mencatatkan jumlah nirbobol yang lebih banyak ketimbang mantan kiper incaran Real Madrid itu.

Rekor ketiga adalah penjaga gawang Manchester United satu-satunya yang mampu memenangi Golden Glove dua kali.

Golden Glove sendiri sebelumnya baru saja diperkenalkan pada 2004 di mana zaman Peter Schmeichel pun belum ada penghargaan seperti itu.

Baca Juga

Seandainya Golden Glove sudah ada di era 1990-an, Schmeichel kiranya bisa memenangi penghargaan itu tiga kali pada 1994/95, 1995/96, dan 1997/98. Dengan demikian, pria asal Denmark itu belum pernah memenanginya.

Sementara itu, Edwin van der Sar pernah memenanginya sekali saja pada 2008/2009 silam. Andai Man United mampu meningkatkuan kualitas lini bertahannya, Onana bisa lebih muda mematahkan rekor De Gea juga nantinya

Sekadar informasi, David de Gea meraih Golden Glove pada 2017/18 dan 2022/23 yang menunjukkan betapa bagusnya dia walau pada musim lalu sempat dihujani kritik karena sering melakukan blunder konyol.

Rekor terakhir yang tak boleh dipecahkan Andre Onana adalah penghargaan Sir Matt Busby Player of the Year yang dipegang oleh David de Gea sebanyak empat kali.

Logikanya, penghargaan Player of the Year itu diberikan kepada seorang penyerang yang bertugas mencetak gol demi meraih kemenangan.

Jika seorang penjaga gawang, seperti De Gea, memperolehnya sebanyak empat kali, hal ini sudah menandakan bahwa ada yang salah dengan lini serang klub tersebut.

Dengan demikian, penghargaan Player of the Year ini sudah seharusnya menjadi penghargaan yang tak boleh dimenangi oleh seorang kiper.

Baca Juga
Manchester UnitedDavid de GeaLiga Primer InggrisLiga InggrisAndre Onana

Berita Terkini