x

Arema FC Akui Tak Mudah Yakinkan Fernando Valente Bergabung

Kamis, 24 Agustus 2023 15:53 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih baru Arema FC, Fernando Valente. Foto: MO Arema FC.

INDOSPORT.COM - Arema FC kini sudah tak lagi dipimpin pelatih caretaker jelang melakoni jadwal pekan ke-10 Liga 1 2023/2024 menjamu Persikabo 1973, Senin (28/8/23).

Jose Fernando Martins Valente resmi menjadi head coach tim berjulukan Singo Edan tersebut. Debutnya bakal dijalani saat menjamu Persikabo di Bali awal pekan depan.

Baca Juga

Kendati demikian, Fernando Valente sejatinya berada diluar para kandidat pelatih baik lokal maupun asing, yang masuk ke dalam radar perburuan Arema FC.

"Ada beberapa pelatih lokal yang masuk kriteria, tapi prioritas kami memang pelatih asing," tutur General Manager Arema FC, Yusrinal Fitriandi pada Rabu (23/8/23).

"Pelatih asing pun ada beberapa kriteria, yaitu yang pernah melatih di Indonesia dan mampu beradaptasi cepat," imbuhnya.

Namun dari beberapa nama pelatih asing, hampir tidak ada yang cocok terhadap tawaran yang dilayangkan oleh Arema FC, terutama dari sisi beban target.

Faktor inilah yang tampaknya membuat sejumlah nama salah satunya Divaldo Alves (eks pelatih Persik Kediri), enggan mengambil tawaran Arema FC.

Bagaimana mereka harus dituntut ekstra untuk langsung memperbaiki segala kelemahan tim plus wajib mengangkat posisi tim dari zona degradasi secepatnya.

"Dari 3 sampai 4 pelatih, semuanya punya nama besar. Kami lalu bingung, karena failed (gagal direkrut)," ungkap Yusrinal Fitriandi.

"Beberapa nama tersebut tidak berani ke Arema FC untuk mengambil tantangan ini. Akhirnya muncul nama Fernando Valente," sambung dia.

Baca Juga

Yakinkan Valente

Ketika melangsungkan komunikasi dengan Fernando Valente pun, proses yang dijalani Arema FC juga tidak mudah. Diskusi kedua pihak berlangsung intensif.

Manajemen klub bahkan mendatangi Fernando Valente ke Surabaya yang memang berniat liburan sekaligus menjenguk sang anak, Ze Valente yang bermain di Persebaya.

"Kebetulan memang Coach Fernando berada di Surabaya. Kami bertemu dan dia juga menyatakan oke (atas tawaran klub)," beber Yusrinal.

Tak hanya di situ, diskusi juga kembali berlanjut sampai membawa pelatih kebangsaan Portugal berusia 64 tahun itu menyaksikan langsung laga Arema FC.

Fernando Valente berada tepat disamping Yusrinal Fitriandi saat Arema FC imbang 2-2 kontra Persija Jakarta di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Minggu (20/8/23).

"Akhirnya setelah berkomunikasi dengan pelatih (baru) dan pemain, kami mencapai kesepakatan," ungkap General Manager Arema FC tersebut.

Yang membuat eks pelatih Shakhtar Donetsk U-19 itu mau membesut Arema FC, adalah tidak adanya klausul khusus terhadapnya.

"Kami punya poin (kesepakatan) tidak mencari pelatih lagi setelah ini. Bukan lagi harus menang, tapi ada komitmen untuk membangun tim lebih baik lagi," pungkas dia.

Baca Juga
Arema FCLiga 1

Berita Terkini