x

Arsenal Bandel Andalkan Eddie Nketiah di Ujung Tombak, Mikel Arteta Sehat?

Kamis, 24 Agustus 2023 14:06 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Indra Citra Sena
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Arsenal, ngotot andalkan Eddie Nketiah di pos ujung tombak, apakah Mikel Arteta sehat?

INDOSPORT.COM - Raksasa Liga Inggris (Premier League), Arsenal, ngotot mengandalkan Eddie Nketiah di pos ujung tombak, apakah Mikel Arteta sehat?

Arsenal harus kehilangan salah satu penyerang andalan mereka, Gabriel Jesus, yang harus menepi karena cedera lutut yang didapatkan pada awal Agustus 2023.

Baca Juga

Namun, Mikel Arteta selaku manajer The Gunners mengisyaratkan bahwa Meriam London tak perlu striker baru dan akan terus mengandalkan Eddie Nketiah setelah Arsenal menang 1-0 lawan Crystal Palace.

“Kami terus bermain dengan cara yang kami inginkan, Eddie (Nketiah) memberikan kami kesempatan untuk terus melaju dengan aksinya,” tandas Mikel Arteta.

Mikel Arteta lagi-lagi tampak memuji Eddie Nketiah setinggi langit, berbanding terbalik dengan fans Arsenal yang meragukan kualitas sang pemain.

Bahkan, setelah The Gunners memboyong Gabriel Jesus pun, masih banyak fans yang menilai bahwa Nketiah sebetulnya juga tak cocok dipakai pelapis striker asal Brasil itu.

Baca Juga

Oleh sebab itu, akal sehat mantan tangan kanan Pep Guardiola itu dipertanyakan karena terus mempercayai penyerang asal Prancis itu.

Banyak fans yang merasa bahwa Leandro Trossard lebih baik dipasang sebagai false 9 untuk menggantikan Gabriel Jesus yang absen.

Selain itu, menggeser Kai Havertz ke pos ujung tombak juga banyak disarankan fans Arsenal mengingat pria asal Jerman itu kerap mengisi posisi itu kala masih membela Chelsea.

Tak cukup sampai di sana, banyak fans Arsenal yang menilai bahwa Mikel Arteta melakukan kesalahan besar dengan menaruh Folarin Balogun di daftar jual alih-alih Eddie Nketiah pada bursa transfer musim panas 2023.

Namun, sebenarnya apa yang dilihat oleh Mikel Arteta terhadap Eddie Nketiah sehingga sang pelatih begitu mempercayainya?

Baca Juga

1. Tak Seburuk yang Fans Arsenal Pikir?

Selebrasi Eddie Nketiah usai mencetak gol di laga Piala FA 2022/23 Oxford United vs Arsenal (10/01/23). (Foto: Reuters/John Sibley)

Eddie Nketiah banyak menerima kritik karena sang pemain tak bisa meniru apa yang bisa dilakukan Gabriel Jesus di Arsenal yang kemungkinan hal itu benar adanya.

Pergerakan Eddie Nketiah juga tak seganas Gabriel Jesus dan secara statistik pun penyerang berusia 24 tahun itu juga tak menciptakan peluang sebanyak mantan bomber Manchester City tersebut.

Baca Juga

Apa yang dilakukan Nketiah adalah menciptakan peluang bagi dirinya sendiri, seperti dirinya yang sukses menggulingkan bek Nottingham Forest dan melepas tembakan yang membobol gawang Matt Turner.

Sulit dibayangkan apabila Gabriel Jesus beroperasi dengan tipe penyerang tengah yang egois seperti itu. Bukan bermaksud meremehkan, melainkan hal ini menunjukkan betapa berbedanya kedua striker Arsenal itu.

Selain itu, Nketiah juga bisa mencetak gol di laga melawan Crystal Palace pada Selasa (22/08/23) lalu yang mana The Gunners untung bisa menang 0-1 lewat gol Martin Odegaard dari titik putih.

Penyerang asal Prancis itu sebetulnya punya dua peluang emas yang bisa membuat Meriam London unggul 2-0 sebelum turun minum.

Baca Juga

Salah satu peluang tersebut adalah percobaan untuk mengelabuhi Sam Johnstone dari jarak dekat yang sayangnya belum bisa membobol gawang sang pemain.

Bagi fans yang sudah tak sabar mendukung kembalinya Gabriel Jesus tampaknya lupa bahwa salah satu dosa terbesar pria asal Inggris itu adalah kecerobohan yang ditunjukkannya di depan gawang lawan.

Dengan kapasitas kerjanya dan kemampuan melakukan kombinasi, Eddie Nketiah melakukan tugas yang ciamik selama mengisi absennya Gabriel Jesus.

Bahkan, Eddie Nketiah saat ini membuat kontribusi kemenangan bagi Arsenal dalam dua laga Liga Inggris sejauh ini.

Maka dari itu, tak ada salahnya Mikel Arteta mengandalkan Eddie Nketiah sejauh ini meskipun hal itu tampaknya belum diterima dengan baik oleh fans Arsenal.

Baca Juga
ArsenalMikel ArtetaLiga Primer InggrisLiga InggrisEddie Nketiah

Berita Terkini