x

Menakar Akal Sehat Juventus dan Allegri Ingin Balikkan dengan Alvaro Morata

Kamis, 24 Agustus 2023 16:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Menakar akal sehat raksasa Liga Italia (Serie A), Juventus, yang berkeinginan untuk balikkan dengan Alvaro Morata di bursa transfer musim panas 2023 ini.

INDOSPORT.COM – Menakar akal sehat raksasa Liga Italia (Serie A), Juventus, yang berkeinginan untuk balikkan dengan Alvaro Morata di bursa transfer musim panas 2023 ini.

Juventus ingin bereuni dengan Alvaro Morata seiring bakal hengkangnya Moise Kean jelang penutupan bursa transfer musim panas 2023.

Baca Juga

Dikabarkan bahwa penyerang muda Juventus itu saat ini menjadi buruan dua klub yakni AC Milan dan klub Liga Inggris, Fulham.

Kepindahannya pun kabarnya hanya menunggu waktu saja, mengingat Moise Kean kabarnya terbuka untuk bergabung salah satu klub tersebut.

Kepergian Moise Kean membuat tim berjuluk Bianconeri ini akan kekurangan stok penyerang di musim 2023/2024 ini.

Karena mepetnya waktu jelang penutupan bursa transfer, ada kabar bahwa Juventus kepikiran untuk kembali bereuni dengan Alvaro Morata, dan telah mendapat restu dari Massimiliano Allegri.

Baca Juga

Kebetulan Atletico Madrid kabarnya terbuka untuk melepas penyerang berusia 30 tahun tersebut, setelah sempat memasukkannya ke daftar jual.

Kabarnya, Atletico hanya mematok harga yang tak cukup mahal, yakni hanya sekitar 20 juta euro saja atau setara dengan Rp331 miliar.

Juventus pun berpikiran harga tersebut bisa ditebus, meski Bianconeri belum menjual pemain dan Moise Kean kemungkinan dilepas dengan pinjaman dan kewajiban membeli di akhir musim.

Allegri merasa Morata bisa menjadi duet sepadan bagi Dusan Vlahovic, atau bahkan menggantikannya karena pemain asal Serbia itu berpotensi didepak.

Vlahovic rencananya akan didepak demi menambah pemasukan, entah itu dengan cara pertukaran pemain plus uang maupun penjualan secara penuh.

Namun apakah keputusan Juventus dan Massimiliano Allegri untuk bereuni kembali dengan Alvaro Morata adalah keputusan yang bijak?

Baca Juga

1. Menimbang Keputusan Juventus Gaet Morata

Dusan Vlahovic (kiri) merayakan golnya bersama Alvaro Morata di laga Juventus vs Sassuolo (11/02/22). (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, keputusan Juventus untuk balikkan dengan Alvaro Morata tak lepas dari bakal hengkangnya Moise Kean.

Tapi Juventus juga tak menutup kembalinya Morata sebagai antisipasi jika Dusan Vlahovic mendapatkan klub baru jelang penutupan bursa transfer.

Baca Juga

Berkaca dari dua kemungkinan tersebut, banyak yang mempertanyakan keputusan Juventus dan Allegri, apalagi perginya Moise Kean dan Vlahovic akan membuat lini serang menipis.

Tapi Juventus dan Allegri punya pertimbangan sendiri. Mendepak Moise Kean dan Vlahovic akan membuat beban gaji tim berkurang dan bisa mendapatkan dana segar.

Apalagi jika mengingat Juventus tak bermain di kompetisi Eropa musim ini, jadi Bianconeri tak membutuhkan banyak penyerang guna kedalaman skuadnya.

Pertimbangan ini kian masuk akal jika melihat lebih jauh performa Morata yang ternyata mengungguli Moise Kean dan bahkan Vlahovic pada musim lalu.

Baca Juga

Dinukil dari DataMB, terlihat radar performa Morata (warna biru) mengungguli Vlahovic (pink) dan Moise Kean (hijau) dalam berbagai faktor.

Perbandingan radar performa Alvaro Morata, Dusan Vlahovic, dan Moise Kean. (Foto: DataMB)

Soal Non-Penalty Goals (NPG), Morata unggul dengan rataan 0,51 NPG per 90 menit ketimbang Vlahovic (0,33 NPG per 90 menit) dan Moise Kean (0,48 NPG per 90 menit).

Melihat keunggulan ini, Morata jauh lebih komplet ketimbang Vlahovic dan Moise Kean sebagai predator, sehingga dirinya layak menjadi penyerang utama Juventus di musim 2023/2024 ini.

Maka pertimbangan Juventus dengan mendatangkan Morata dan mendepak Vlahovic serta Moise Kean kian terasa masuk akal yang bisa memberi keuntungan dari segi finansial dan permainan.

Apalagi Juventus punya misi memboyong Domenico Berardi dengan hasil penjualan Vlahovic, serta pos penyerang bisa ditempati Federico Chiesa yang tampil apik sebagai striker tengah.

Baca Juga
Bursa TransferJuventusAlvaro MorataIn Depth SportsLiga ItaliaTransfer PemainIndepth

Berita Terkini