x

Tawaran Gila-gilaan Al Ittihad untuk Mohamed Salah, Liverpool Tak Bisa Tolak

Kamis, 24 Agustus 2023 14:17 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Mohamed Salah (kanan), pemain klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, dikabarkan mendapatkan penawaran fantastis dari Al Ittihad. Foto: REUTERS/Tony Obrien.

INDOSPORT.COM - Mohamed Salah, pemain klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, dikabarkan mendapatkan penawaran fantastis dari Al Ittihad. 

Tak bisa dipungkiri, Mohamed Salah adalah salah satu pemain terpenting Liverpool dalam beberapa musim terakhir. Pemain berjuluk Egyptian King tersebut menjelma menjadi sumber gol utama The Reds.

Baca Juga

Namun, cemerlangnya penampilan Mohamed Salah di Liverpool rupanya membangkitkan minat klub lain untuk merekrutnya. Salah satunya adalah klub Liga Arab Saudi, Al Ittihad.

Dilansir dari DaveOckop.com, Al Ittithad disebut sudah menyiapkan tawaran berjumlah fantastis untuk pemain berusia 31 tahun tersebut, yakni 100 juta pounds atau sekitar Rp1,9 triliun.

Al Ittihad bahkan berniat merampungkan transfer ini sebelum jendela bursa transfer musim panas berakhir. Mereka berencana mengikat Mohamed Salah selama tiga musim ke depan.

Setidaknya, ada beberapa faktor yang bisa melicinkan usaha Al Ittihad menggaet Mohamed Salah. Yang pertama, statusnya sebagai salah satu pemain paling populer di negara-negara berbahasa Arab.

Baca Juga

Faktor kedua adalah ketersediaan dana. Alih-alih dibebankan kepada Al Ittihad, biaya untuk memboyong Mohamed Salah juga turut ditanggung oleh Public Investment Fund (PIF).

Faktor ketiga adalah keberadaan eks pemain Liverpool, Fabinho. Dengan adanya rekan setim yang telah dikenal, proses adaptasi Mohamed Salah di Al Ittihad diyakini tak akan sulit.

Sejauh ini, Mohamed Salah memang menyatakan dirinya bahagia di Anfield. Liverpool pastinya juga tak akan mudah melepas pemain yang sedemikian penting bagi lini serang The Reds.

Namun, jika Al Ittihad benar-benar berhasil memboyong Mohamed Salah, lima pemain ini bisa diincar Liverpool untuk mengisi posisi lowong yang ditinggalkan Sang Raja Mesir.

Baca Juga

1. 5 Pemain yang Bisa Diincar Liverpool

Pemain PSV Eindhoven, Johan Bakayoko, menjadi salah satu pemain yang bisa digaet Liverpool jika Mohamed Salah hengkang. Foto: Instagram@johanbakayoko.

Nama pertama yang bisa diincar sebagai pengganti Mohamed Salah adalah Federico Chiesa. Pemain Juventus ini memang sudah lama dikaitkan dengan The Reds.

Meski dominan menggunakan kaki kanan, Federico Chiesa merupakan winger dengan tipikal inside forward dari sektor kanan serangan, sama seperti Mohamed Salah. Kemampuannya dalam mencetak gol dari lini sayap juga dirasa mirip.

Baca Juga

Beranjak ke nama kedua, Liverpool bisa mengincar penyerang Bayern Munchen, Leroy Sane, yang sama-sama berposisi sebagai winger kanan. 

Bedanya, Leroy Sane lebih kreatif ketimbang Mohamed Salah yang lebih condong sebagai pencetak gol murni. Perbedaan ini bisa menguntungkan Liverpool dari sisi kreativitas.

Liverpool juga bisa melirik pemain Afrika yang tengah menjadi properti terpanas musim panas 2023 ini, Mohammed Kudus (Ajax). Ia winger kanan yang terampil mencetak gol dan assist, juga dominan kidal sama seperti Mohamed Salah.

Mengingat Mohammed Kudus punya harga yang murah, yakni 40 juta pounds, bukan tidak mungkin Liverpool melancarkan manuver untuk menggaetnya.

Baca Juga

Masih dari kancah Liga Belanda (Eredivisie), Liverpool bisa menjadikan Johan Bakayoko sebagai target pengganti Mohamed Salah selain Mohammed Kudus. 

Akan tetapi, Johan Bakayoko masih terbilang muda dan belum punya pengalaman. Meski gaya bermainnya sama dengan Mohamed Salah, Liverpool harus bersabar agar dirinya bisa beradaptasi terlebih dahulu.

Jika Liverpool ingin pemain dengan nama besar dan masih muda serta punya performa yang apik, nama Khvicha Kvaratskhelia dari Napoli pun bisa menjadi pertimbangan.

Selain itu, usianya masih muda yakni 22 tahun. Dengan usia semuda itu, Kvaratskhelia masih bisa berkembang dan menjadi salah satu pemain mengerikan.

Baca Juga

Rekap Transfer Resmi Liverpool Musim 2023/24

Pemain Masuk:

Wataru Endo (dari VfB Stuttgart)

Dominic Szoboszlai (RB Leipzig)

Alexis Mac Allister (dari Brighton)

Sepp van den Berg (kontrak pinjaman di FC Schalke 04 berakhir)

Calvin Ramsay (habis pinjaman di Preston)

Rhys Williams (habis pinjaman di Aberdeen)

Pemain Keluar:

Fabinho (ke Al Ittihad)

Jordan Henderson (ke Al Ettifaq)

Roberto Firmino (ke Al Ahli)

Naby Keita (ke Werder Bremen, gratis)

James Milner (ke Brighton)

Fabio Carvalho (Dipinjamkan ke RB Leipzig)

Sepp van den Berg (Dipinjamkan ke FSV Mainz 05)

Calvin Ramsay (Dipinjamkan ke Preston)

Rhys Williams (Dipinjamkan ke Aberdeen)

Alex Oxlade-Chamberlain (tanpa klub)

Arthur Melo (kontrak pinjaman berakhir dan kembali ke Juventus)

Baca Juga
Bursa TransferLiverpoolMohamed SalahLiga InggrisAl IttihadBerita Transfer

Berita Terkini