x

Deretan Pemain Calon Pengganti Mohamed Salah di Liverpool Usai Hengkang ke Arab

Jumat, 25 Agustus 2023 18:50 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pemain Liverpool Mohamed Salah mendapat takle keras pemain Chelsea Conor Gallagher pada laga Liga Inggris. (Foto: REUTERS/Tony Obrien)

INDOSPORT.COM - Klub raksasa Liga Inggris (Premier League) terancam kehilangan Mohamed Salah di bursa transfer musim panas 2023, usai mendapat tawaran fantastis dari Al Ittihad.

Seperti diketahui, klub Arab Saudi yakni Al Ittihad dilaporkan memberi iming-iming kepada Liverpool sebesar 100 juta pounds atau sekitar Rp1,9 triliun, agar mau melepas Mohamed Salah di bursa transfer.

Baca Juga

Penampilan gemilang Mohamed Salah bersama Liverpool beberapa musim belakangan menjadi alasan ketertarikan Al Ittihad pada pemain berjuluk The Egyptian King tersebut.

Bahkan, tim yang juga diperkuat oleh Karim Benzema tersebut berniat merampungkan kepindahan Mohamed salah sebelum jendela bursa transfer musim panas ini berakhir.

Meski The Reds sempat menegaskan kalau Mohamed Salah tidak dijual, uang sebesar itu kemungkinan bisa menggoda mereka untuk melepas sang bintang.

Setidaknya, ada beberapa faktor yang bisa melicinkan usaha Al Ittihad menggaet Mohamed Salah. Yang pertama, statusnya sebagai salah satu pemain paling populer di negara-negara berbahasa Arab.

Faktor kedua adalah ketersediaan dana. Alih-alih dibebankan kepada Al Ittihad, biaya untuk memboyong Mohamed Salah juga turut ditanggung oleh Public Investment Fund (PIF).

Faktor ketiga adalah keberadaan eks pemain Liverpool, Fabinho. Dengan adanya rekan setim yang telah dikenal, proses adaptasi Mohamed Salah di Al Ittihad diyakini tak akan sulit.

Bila nantinya Liverpool benar-benar tergoda untuk melepas Mohamed Salah ke Arab Saudi, maka Jurgen Klopp pasti akan bergerak cepat mencari pengganti.

Pasalnya, jendela bursa transfer untuk klub Liga Inggris akan ditutup pada 1 September 2023 mendatang. Lantas siapa pemain yang layak menjadi pengganti Mohamed Salah di Liverpool?

1. Johan Bakayoko (PSV)

Liverpool layak memboyong winger PSV, Johan Bakayoko ke Anfield Stadium untuk menggantikan peran Mohamed Salah, yang tengah digoyang penawaran dari Al Ittihad.

Baca Juga

Sejauh ini, Johan Bakayoko tercatat sudah bermain sabanyak 43 penampilan dengan PSV. Ia mampu mencatatkan tujuh gol dan sembilan assist.

Saat ini dirinya baru berusia 20 tahun yang membuat Liverpool bisa menjualnya dengan harga mahal di masa mendatang.

Sang pemain telah membantu timnya meraih tiga gelar juara, salah satunya trofi KNVB Cup 2022/2023. Kontraknya dengan klub Belanda itu berakhir pada 30 Juni 2026 mendatang.

Baca Juga

1. 2. Khvicha Kvaratskhelia (Napoli)

Khvicha Kvaratskhelia berduel dengan Nikola Milenkovic (kiri) di laga Napoli vs Fiorentina (07/05/23). (Foto: REUTERS/Ciro De Luca)

Yang kedua ada bintang Napoli yakni Khvicha Kvaratskhelia, di mana pemain tersebut dalam semusim terakhir menjadi sensasi besar di kancah Liga Italia.

Belum lama berseragam Napoli, ia langsung ngegas mencetak banyak gol untuk Partenopei dan menyodok masuk daftar top skor liga 2022-2023.

Baca Juga

Saat itu, nama Khvicha Kvaratskhelia masih belum akrab di telinga para penikmat Serie A. Akan tetapi, berkat sepak terjangnya yang gemilang, perlahan sosoknya pun makin dikenal orang.

Musim lalu, pemain asal Georgia ini tampil di 34 pertandingan Napoli di Serie A, mencetak 12 gol dan 13 assist. Ia juga mengantongi menit bermain yang layak di Liga Champions serta mengantarkan Napoli menjadi juara Liga Italia.

3. Leroy Sane (Bayern Munchen)

Selanjutnya ada mantan winger Manchester City yaitu Leroy Sane. Pemain yang kini berseragam Bayern Munchen itu menjadi andalan Die Roten dan mencetatkan 32 laga di Liga Jerman (Bundesliga).

Dari 32 penampilan di Liga Jerman, Leroy Sane sukses mengemas delapan gol dan tujuh assist. Ia layak boyong Liverpool karena memiliki pengalaman bermain di kompetisi Liga Inggris.

Hal itu membuat Leroy Sane tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi di kerasnya kompetisi Premier League.

Baca Juga

4. Federico Chiesa (Juventus)

Terakhir ada bintang milik Juventus yaitu Federico Chiesa yang diisukan bakal meninggalkan Turin di bursa transfer musim panas 2023.

Federico Chiesa dikenal sebagai pemain dengan insting bagus dan juga bisa dalam beberapa posisi baik di kiri maupun kanan.

Bersama Juventus, Federico Chiesa tercatat sudah bermain sebanyak 94 kali di semua ajang. Pemain Timnas Italia tersebut menyumbang 23 gol dan 20 assist bagi Si Nyonya Tua.

Baca Juga
Bursa TransferLiverpoolMohamed SalahAl IttihadTransfer Pemain

Berita Terkini