x

Bedah Kekuatan 3 Calon Lawan PSM Makassar di Piala AFC 2023/24

Jumat, 25 Agustus 2023 15:53 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Logo klub Liga 1, PSM Makassar.

INDOSPORT.COM - PSM Makassar berada di Grup H pada Piala AFC 2023/24. Terbilang cukup merata meskipun Hai Phong FC punya potensi berbahaya. 

PSM Makassar menjadi wakil kedua Indonesia di ajang Piala AFC 2023/24. Mereka berhak melaju ke fase grup setelah melibas wakil Myanmar, Yangon United 4-0 pada babak playoff di Bali, Rabu (23/8/23).

Baca Juga

Pada pembagian grup yang dilakukan di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (24/8/23), PSM sebenarnya masuk Grup G. Namun, karena Bali United ada di sana, posisi mereka digeser ke Grup H dan digantikan klub Australia, Central Coast Mariners.

Wakil Vietnam, Hai Phong FC, menjadi unggulan pertama di grup H. Mereka punya kekuatan luar biasa dan nyaris lolos ke fase grup Liga Champions Asia 2023/24.

Selain Hai Phong FC, ada wakil dari Malaysia, Sabah FC. Tim terakhir yang ada di grup H adalah wakil dari Singapura, Hougang United.

Secara matematis, empat tim ini punya kans sama besar untuk lolos, apalagi Piala AFC 2023/24 menggunakan sistem kandang-tandang. Simak bedah kekuatan berikut.

Baca Juga

1. Hai Phong FC

Hai Phong FC bisa dikatakan sedikit unggul dari tim-tim lain. Hal itu dibuktikan dengan hasil preliminary stage Liga Champions Asia 2023/24.

Hai Phong FC nyaris lolos ke babak utama. Setelah menggilas wakil Hong Kong, Rangers FC, dengan skor 4-1, Hai Phong FC menahan imbang jagoan Korea Selatan, Incheon United 1-1, pada waktu normal.

Mereka terlempar ke Piala AFC setelah kebobolan dua gol pada babak tambahan. Makanya, Hai Phong FC menempati pot satu pada fase undian Piala AFC 2023-2024 dan layak jadi unggulan utama di grup H.

Kekuatan Hai Phong cukup merata. Dari barisan asing, mereka punya Yuri Mamute (Brasil), Bicou Bissainthe (Haiti), Benjamin van Meurs (Australia), Joseph Mpande (Uganda) serta bek kelahiran Jerman, Nguyen Nhu Duc Anh.

Baca Juga

Lalu untuk barisan lokal, Hai Phong FC punya beberapa nama yang mondar-mandir di Timnas Vietnam. Mulai dari Nguyen Hai Huy, Nguyen Dinh Trieu, Trieu Viet Hung dan Luong Xuan Truong.

Mereka lolos ke Asia setelah menjadi runner up Vietnam League 2022. Sementara pada musim 2023, Hai Phong FC tertahan di urutan lima dengan 19 poin atau selisih lima poin dari Hanoi Police yang berada di puncak klasemen.

2. Sabah FC

Keberadaan Sabah FC sangat menarik di grup H. Pasalnya, ada sosok putra asal Sulawesi, Saddil Ramdani, di skuat besutan Ong Kim Swee ini. Saddil akan berduel melawan tim kebanggaan Sulawesi, PSM Makassar.

Sama seperti Hai Phong FC,keberadaan Sabah FC tak dapat disepelekan. Sabah FC merupakan tim yang selalu tampil konsisten mengawal Johor Darul Takzim di papan atas Malaysia Super League.

Musim lalu, Sabah FC berhak lolos ke Piala AFC setelah menempati urutan tiga, di bawah Johor Darul Takzim dan Terengganu FC. Ketika musim ini sudah berjalan 21 pekan, Sabah FC ada di urutan empat.

Saddil Ramdani merupakan pemain asing andalan Sabah FC. Dari 15 penampilan di Malaysia Super League dan FA Cup Malaysia, Saddil mencatatkan 6 gol dan 10 assist.

Bintang lain yang ada di Sabah FC adalah Park Tae-su. Sebelum terbang ke Malaysia, bek berusia 33 tahun ini sudah kenyang pengalaman bermain di kasta tertinggi Liga Korea Selatan.

Sabah FC juga punya banyak pemain yang sering dipanggil Timnas Malaysia, seperti Daniel Ting, Dominic Tan, Stuart Wilkin, Darren Lok. Ada pula kiper legendaris Timnas Malaysia, Khairul Fahmi Che Mat, yang pernah membuat publik Indonesia menangis pada Piala AFF 2010 lalu.

Baca Juga

3. Hougang United

Prestasi Hougang United di Liga Singapura sejatinya tak terlalu bagus. Mereka mengakhiri musim 2022 dengan berada di peringkat lima. Tiket ke Piala AFC 2023 diraih setelah raihan gelar Singapore Cup 2022.

Sementara pada musim 2023, prestasi Hougang United cenderung menurun. Dari 23 pertandingan yang sudah dilakoni, Hougang United hanya berada di peringkat enam dengan 29 poin. Raihan itu merosot 10 poin dari musim 2022.

Gelandang asal Kroasia, Kristijan Krajcek, konsisten menjadi andalan tim sejak bergabung pada 2019 lalu. Pada Liga Singapura 2023, ia tampil ganas dengan catatan 9 gol dari 19 penampilan.

Performanya meningkat karena pada musim ini Hougang United mendatangkan pemain Kroasia lainnya, Dorde Maksimovic. Sosok penyerang 179 sentimeter ini turut mencatatkan 4 gol dan 5 assist dalam 9 laga.

Selain kekuatan pemain asing, Hougang United punya banyak nama yang kerap dipanggil Timnas Singapura. Mulai dari Shahdan Sulaiman, Zulfahmi Arifin, Zaiful Nizam, Farhan Zulkifli, Nazrul Nazari,  Hazzuwan Halim, Amy Recha dan Sahil Suhaimi.

Satu nama legendaris yang kerap berjumpa Timnas Indonesia adalah Gabriel Quak. Penyerang 32 tahun ini tampil 22 kali dengan mencetak enam gol di liga domestik.

Baca Juga
MalaysiaVietnamPSM MakassarPiala AFCSabah FCBali UnitedBola InternasionalBola Indonesia

Berita Terkini