x

Duet Ayah-Anak Fernando dan Ze Valente Segera Terwujud di Arema FC? Begini Skenarionya

Jumat, 25 Agustus 2023 16:40 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
Kehadiran Jose Fernando Martins Valente sebagai pelatih baru di Arema FC kemudian mencuatkan berbagai spekulasi perihal bagaimana gambaran tim musim ini. (Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM - Kehadiran Jose Fernando Martins Valente sebagai pelatih baru di klub Liga 1, Arema FC, kemudian mencuatkan berbagai spekulasi perihal bagaimana gambaran tim musim ini.

Yang paling jauh, tentu munculnya peluang bagi klub berlogo kepala singa dalam menduetkan ayah dan anak dalam satu tim. Kans itu terbuka saat ini.

Baca Juga

Sebagaimana diketahui, Fernando Valente merupakan ayah dari Jose Pedro Magalhaes "Ze" Valente, playmaker andalan dari Persebaya Surabaya di Liga 1 2023/2024.

Angan-angan menggabungkan duet ayah dan anak ini agaknya sulit terwujud. Mengingat bagaimana peran Ze di tim berjulukan Bajul Ijo sangat krusial saat ini.

Playmaker berusia 29 tahun itu didatangkan Persebaya pada bursa transfer Januari 2023, setelah berkontribusi dengan 1 gol dan 2 assist dalam 14 laga di PSS Sleman.

Pada putaran kedua, Ze memberi sumbangsih penting melalui 4 gol dan 5 assist dalam 16 laga Persebaya di putaran dua Liga 1 musim 2022/2023.

Baca Juga

Alasan itu pula yang membuat Persebaya tak pikir panjang untuk mematenkan statusnya. Ze kemudian mendapat kontrak jangka panjang dua musim, dari 2023 sampai 2025.

Kendala terbesar memang kontrak jangka panjang yang dimiliki Ze. Namun menduetkan ayah dan anak itu bukan tidak mungkin dilakukan Arema FC pada putaran dua nanti.

Sebelumnya, Valente senior dan junior ini pernah berkolaborasi untuk klub Paredes yang berlaga pada Campeonato de Portugal alias Liga 3 Portugal pada 2012 silam.

Lantas, seberapa besar peluang Arema FC menduetkan Fernando dan Ze Valente dalam satu tim? Dua mekanisme transfer membuka kans itu.

Baca Juga

Tebus Kontrak

Opsi ini menjadi jalan paling cepat yang bisa ditempuh Arema FC jika berkeinginan kuat untuk menghadirkan Ze Valente ke skuad tim besutan ayahnya musim ini.

Peluang itu terbuka ketika Liga 1 memasuki transfer window tengah musim pada Oktober-November 2023, begitu pula saat awal musim 2024/2025 mendatang.

Baca Juga

Namun, adangan terbesar Arema FC akan hadir seiring kontrak jangka panjang Ze bersama Persebaya. Dia terikat kontrak dua musim mulai Maret 2023 sampai 2025.

Pemain Persebaya Ze Valente mencetak gol ke gawang PSS Sleman di laga BRI Liga 1. (Foto: Instagram@officialpersebaya)

Jelas, opsi penebusan kontrak membutuhkan biaya transfer yang tak sedikit. Transfermarkt mencatat, nilai pasanya berkisar di angka Rp5,21 Miliar per musim.

Namun, opsi ini bukannya tidak mungkin. Lantaran Ze pernah terindikasi menempuh kesepakatan itu saat hengkang dari PSS Sleman pada transfer window Januari 2023.

Klausul Peminjaman

Langkah lainnya adalah dengan mengajukan klausul peminjaman. Situasi ini bisa terjadi berdasarkan kesepakatan di antara dua klub dan sang pemain sendiri.

Baca Juga

Namun, opsi ini peluangnya terbilang sangat kecil. Apalagi jika kontribusi playmaker berusia 29 tahun itu semakin masif untuk Persebaya Surabaya.

Sebaliknya, jika peran Ze semakin terdistorsi hingga berujung pada penurunan performa, bukan tidak mungkin Persebaya mempertimbangkan opsi ini.

Masalah lain, kontrak Fernando Valente juga hanya berlangsung sampai akhir musim ini. Sehingga, kans Arema FC menduetkan dua Valente hanya terjadi pada transfer window putaran dua nanti.

Jadi, patut ditunggu saja bagaimana peluang ini bisa terjadi. Arema FC berpeluang duetkan ayah dan anak dalam satu tim, atau tidak sama sekali.

Baca Juga
Arema FCLiga 1Berita Liga 1Ze Valente

Berita Terkini