x

Momen Gila Marc Klok Hampir 'Dideportasi' Usai Ambil Penalti Timnas Indonesia

Jumat, 25 Agustus 2023 13:08 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Pemain naturalisasi asal Belanda, Marc Klok saat berseragam Timnas Indonesia. Foto: Akbar/celebesmedia.id

INDOSPORT.COM - Marc Klok blak-blakan bahwa ia hampir 'dideportasi' ke Belanda saat nekat mengambil penalti di Kualifikasi Piala Asia 2023 antara timnas Indonesia vs Kuwait.

Timnas Indonesia menghadapi Kuwait di Stadion Jaber Al Ahmad pada laga grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Juni 2022 lalu. Kuwait unggul terlebih dulu melalui Youse Al Sulaiman di menit ke-40.

Baca Juga

Namun, Garuda berhasil menyamakan skor di penghujung babak pertama ketika wasit menunjuk titik putih penalti, usai Rachmat Irianto diterjang kiper Kuwait, Fahad El Reshidi.

Marc Klok maju sebagai eksekutor penalti, dan akhirnya ia mengecoh Fahad El Reshidi hingga mencetak gol penting. Skor berubah imbang 1-1 di babak pertama.

Selepas turun minum, timnas Indonesia langsung tampil menggebrak. Hasilnya, pasukan Shin Tae-yong bisa berbalik memimpin jadi 2-1 berkat gol Rachmat Irianto di menit 48.

Keunggulan bertahan sampai menit akhir babak kedua, dan timnas Indonesia pun dipastikan lolos ke Piala Asia 2023.

Baca Juga

Saat Marc Klok hadir sebagai bintang tamu di kanal Youtube Sport 77, host Praz Teguh penasaran mengapa ia berani mengambil sepak penalti di Kualifikasi Piala Asia lalu.

"Ada momen penting, Kualifikasi Piala Asia, Marc Klok ambil penalti. Itu penalti genting banget, krusial. Biasanya nggak ada yang mau ambil penalti itu," kata Praz Teguh.

"Ditunjuk atau ambil sendiri?" tanya host lainnya, Mamat Alkatiri.

"Saya ambil sendiri. Sebelum itu saya juga ambil penalti waktu lawan Malaysia di SEA Games, penalti terakhir untuk penentuan lolos," jawab Marc Klok dengan percaya diri.

Baca Juga

1. Marc Klok Raja Penalti?

Pemain Timnas Indonesia, Marc Klok. Foto: PSSI

Marc Klok memahami bahwa Kualifikasi Piala Asia beda level dengan SEA Games. Namun, sebagai pemain naturalisasi, Klok merasa bertanggung jawab untuk meraih kemenangan bagi timnas Indonesia.

"Saya pikir, kalau saya gagal di sini, semua orang di negara ini (meminta) Marc Klok kembali ke Belanda," ucap Marc Klok sembari tertawa. 

Baca Juga

"Tapi kalau saya cetak (gol), mungkin saya bisa bernafas dulu. Inilah sepak bola, bisa cetak atau gagal, tapi yang penting punya responsibilitas," ucap pemain 30 tahun itu.

"Menurut saya, ini adalah momen di mana saya bisa ambil responsibilitas, mencetak gol untuk negara, untuk tim, dan bisa lolos (Piala Asia), ini sangat spesial," imbuhnya.

"Saya tahu ke mana saya harus melepas tembakan, jadi eksekusi saja," tambah pemain Persib Bandung tersebut.

Selain Kualifikasi Piala Asia, Marc Klok memang menjadi salah satu eksekutor penalti paling menakutkan di Liga 1.

Baca Juga

Namun, ada satu perbedaan Marc Klok dengan eksekutor penalti lainnya. Ia selalu menatap bola, alih-alih menatap sang kiper. Rupanya, ada alasan khusus.

"Saya tidak mau kiper bisa tau pikiran saya, saya mau kiper insecure, dia harus berpikir banyak saya mau shooting ke mana," kata Marc Klok di kanal Youtube Sport 77.

"Saya sudah tahu sebelum saya ambil penalti, saya mau shooting ke arah mana. Kiper tidak penting buat saya mau ke arah mana," tukas Marc Klok.

Sekadar informasi, Piala Asia 2023 akan digelar di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Timnas Indonesia tergabung di grup D bersama Jepang, Irak, dan juga Vietnam.

Baca Juga
PenaltiTimnas IndonesiaMarc KlokBerita Timnas IndonesiaKualifikasi Piala Asia 2023

Berita Terkini