x

Profil Dino Klapija, Remaja U-17 yang Ditaksir Klub-Klub Top Termasuk AC Milan

Jumat, 25 Agustus 2023 14:30 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
AC Milan turut dikaitkan dengan pemain muda berusia 16 tahun, Dino Klapija. AMA/Corbis via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Profil Dino Klapija, remaja 16 tahun dari Kroasia yang jadi rebutan klub-klub Eropa termasuk AC Milan.

Belum lama ini, nama Dino Klapija ramai mencuat di pemberitaan-pemberitaan bursa transfer musim panas 2023.

Sejumlah klub top Benua Biru pun dikabarkan menaruh minat padanya. AC Milan pun harus bersaing dengan Chelsea dan Manchester United.

Bukan hanya itu, menurut laporan Daily Mail, pemain yang satu ini juga berada dalam radar Barcelona, Juventus, dan RB Leipzig.

Lantas, siapa sebenarnya remaja yang bisa membuat para raksasa Eropa saling sikut demi memakai jasanya di tim mereka?

Dino Klapija merupakan striker kelahiran New York, Amerika Serikat, pada 7 Juni 2007. Meski begitu, ia berasal dari Kroasia.

Baca Juga

Lahir dan tumbuh di Negeri Paman Sam, Dino Klapija sempat menimba ilmu di akademi New York City sebelum kembali ke Kroasia bersama orang tuanya.

Di negara asalnya tersebut, ia kini bermain untuk NK Kustosija, klub yang tim seniornya musim lalu finis di peringkat buncit Prva Nogometna Liga Kroasia.

Dulu pernah bermain sebagai gelandang, Dino Klapija sekarang bergeser posisi menjadi penyerang tengah.

Karena masih di bawah umur, Dino Klapija belum tampil secara kompetitif bagi NK Kustosija. Hanya saja, ia sudah mendapat kans berlatih bersama tim utama.

Baca Juga

Meski belum punya jam terbang tinggi, Dino Klapija adalah produk sepak bola Amerika Serikat dan Kroasia yang menarik untuk dikawal sepak terjangnya.

Ia seorang penyerang berbakat dengan finishing yang apik - dua elemen terbaik yang harus dimiliki seorang monster penyerang di lini depan.

NK Kustosija sendiri merupakan salah satu penyuplai bakat-bakat muda dari Kroasia. Sebelum ramai Dino Klapija, mereka sudah pernah melepas pemain ke klub top Eropa.

Ia adalah Mikayil Faye, bek 19 tahun dari Senegal yang merapat ke raksasa LaLiga, Barcelona, untuk bermain di tim B mereka.

Kini, atensi pun beralih pada Dino Klapija, yang sudah pernah bermain untuk Timnas Amerika Serikat U-16 dan Kroasia U-17.

Baca Juga

1. Dino Klapija Jadi Prospek Menjanjikan AC Milan

AC Milan turut dikaitkan dengan pemain muda berusia 16 tahun, Dino Klapija. AMA/Corbis via Getty Images.

Namun nampaknya, upaya AC Milan, Manchester United, dan klub-klub lain untuk memboyong Dino Klapija tidak akan mudah.

Pasalnya, NK Kustosija selama ini dikenal ahli dalam mengembangkan bakat-bakat para striker muda di Kroasia.

Di sisi lain, sepak terjang tim muda mereka juga sering mencuri perhatian klub-klub besar yang ingin berburu talenta baru untuk diolah.

Bukan tidak mungkin pula, Dino Klapija memilih NK Kustosija sebagai pelabuhannya saat ini berdasar pada reputasi mereka tersebut.

Terlebih lagi, kabarnya ia sampai menolak tawaran Dinamo Zagreb yang notabene klub papan atas di Liga Kroasia.

Dinamo Zagreb gagal mempertahankan pemain U-17 mereka yang satu ini dengan tawaran kontrak profesional.

Baca Juga

Alhasil, mereka pun kehilangan Dino Klapija yang memilih merumput untuk tim muda NK Kustosija.

AC Milan Bisa Tertikung

Menurut laporan Fabrizio Romano belum lama ini, Dino Klapija masih punya kans untuk mendarat di Manchester United dan RB Leipzig.

Kesepakatan antara klub pemilik dan peminat mungkin akan terjadi musim panas ini. Hanya saja, sang pemain baru akat merapat pada Januari mendatang.

Selain Manchester United, RB Leipzig juga disebut-sebut sebagai pesaing terkuat dan paling di atas angin dalam perburuan ini.

Baca Juga

Dari sejumlah klub peminat yang menginginkan Dino Klapija, ada yang kabarnya bersedia menawar di angka 5 juta poundsterling - bisa lebih.

Dengan usianya saat ini, Dino Klapija adalah prospek menjanjikan bagi siapa saja yang sedang mencari calon striker masa depan.

Ia bisa berkembang pesat hanya dalam kurun waktu satu atau dua tahun. Di AC Milan sendiri, ia akan menjadi pesaing yang impresif bagi Marko Lazetic saat kembali.

Sebagai informasi, Marko Lazetic saat ini kembali dipinjamkan ke AC Milan untuk mengumpulkan jam terbang dan menit bermain.

Ia dilepas ke klub Belanda, Fortuna Sittard, dan akan berada di sana hingga musim panas 2024 tahun depan.

Baca Juga
Manchester UnitedChelseaAC MilanBola InternasionalIndepth

Berita Terkini