x

4 Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Bakal Tampil Menggila Lawan Vietnam di Final Piala AFF U-23

Sabtu, 26 Agustus 2023 14:10 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23 atas gol kedua ke gawang Thailand U-23 yang dicetak oleh Muhammad Ferrari pada laga babak semifinal Piala AFF U-23 2023 di Rayong Provincial Stadium, Kamis (24/08/23).

INDOSPORT.COM - Ada beberapa pemain Timnas Indonesia U-23 yang diprediksi bakal tampil menggila saat meladeni Vietnam di final Piala AFF U-23 2023, Sabtu (26/08/23) mendatang.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-23 akan bersua Vietnam di final Piala AFF U-23 2023. Mereka mencapai partai puncak setelah melibas Thailand di semifinal.

Baca Juga

Bermain di Stadion Rayong pada Kamis (24/08/23) malam WIB, Timnas Indonesia U-23 besutan Shin Tae-yong mampu menang telak 3-1 atas Thailand.

Tiga gol Skuat Garuda Muda lahir lewat aksi Kelly Sroyer (10'), Muhammad Ferarri (23') dan gol bunuh diri pemain Thailand (‘45 + 1). Timnas Indonesia U-23 hanya kebobolan pada menit ke-27. 

Hasil itu membuat Skuat Garuda Muda berhak melaju ke final dan bersua Vietnam yang mampu mengalahkan Malaysia dengan skor 4-1 di semifinal Piala AFF U-23 2023.

Duel Timnas Indonesia U-23 melawan Vietnam merupakan pertemuan perdana kedua tim di final Piala AFF U-23. Sebelumnya, mereka pernah bersua tetapi pada semifinal edisi 2019 di Kamboja.

Kala itu, Timnas Indonesia U-23 sukses meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0 lewat gol tendangan bebas dari Luthfi Kamal (70').

Tiket final pun dalam genggaman. Timnas Indonesia akhirnya menghadapi Thailand yang sukses mendepak Kamboja melalui drama adu penalti yang berakhir dengan skor 5-3.

Pada laga final, Timnas Indonesia U-23 bersua Thailand dan sempat kebobolan lebih dulu melalui aksi Saringkan Promsupa (57').

Namun, Timnas Indonesia U-23 membalasnya melalui dua gol dari Sani Rizki Fauzi (59') dan Osvaldo Haay (64') hingga menang dengan skor 2-1.

Gelar Piala AFF U-23 2019 akhirnya dalam genggaman dengan Timnas Indonesia sukses mencetak sejarah baru di Tanah Khmer, Kamboja.

Baca Juga

Sementara itu, jelang laga melawan Vietnam, Shin Tae-yong tidak akan bisa memainkan lima pemain yakni Irfan Jauhari, Bagas Kaffa, Titan Agung, Komang Teguh, dan Muhammad Kanu Helmiawan.

Kelima pemain tersebut menderita cedera dan ada juga yang dijatuhi sanksi dari AFC (Titan Agung dan Komang Teguh).

Meski begitu, INDOSPORT telah memprediksi kalau Timnas Indonesia U-23 tetap bisa tampil maksimal. Apalagi adanya empat pemain ini bisa membuat Vietnam mati kutu. Siapa saja mereka?

Baca Juga

1. 1. Robi Darwis

Robi Darwis, saat laga Timnas Indonesia U-20 vs Timor Leste di Kualifikasi Piala Asia U-20 di Stadion GBT. Foto: PSSI

Yang pertama ada gelandang milik Persib Bandung yaitu Robi Darwis, yang baru saja mendapatkan sorotan dari fans Garuda setelah Timnas Indonesia U-23 sukses mengalahkan Thailand.

Di laga semifinal Piala AFF U-23 2023, Robi Darwis dipilih oleh Shin Tae-yong tampil sebagai starter untuk menggantikan Bagas Kaffa.

Ia menjawab kepercayaan dari sang pelatih dengan tampil luar biasa. Dirinya memiliki kemampuan seperti Pratama Arhan yakni lemparan ke dalam yang sangat jauh.

Lemparan jauh yang dilakukan oleh Robi tersebut sering menjadi umpan dan peluang bagi rekan-rekannya untuk mencetak gol. Hal itu terbukti pada pertandingan menghadapi Thailand.

Pada laga semifinal Piala AFF U-23 2023 ini, Robi Darwis beberapa kali melakukan lemparan maut yang menjadi peluang, bahkan satu di antaranya bisa dimaksimalkan menjadi gol.

2. Muhammad Ferrari

Meski berposisi sebagai bek tengah, Muhammad Ferrari sukses membuktikan kualitas dengan sukses mencetak gol di laga semifinal melawan Thailand.

Sundulan bek Persija Jakarta tersebut seusai menyambut bola lemparan maut dari Robi Darwis tak bisa dibendung oleh kiper lawan hingga berbuah gol.

Tidak hanya itu, kemampuan bertahan Muhammad Ferrari juga tidak perlu diragukan. Ia bakal membuat raja gol Vietnam bernama Dinh Xuan Tien mati kutu.

3. Ramadhan Sananta

Selanjutnya ada bomber andalan Timnas Indonesia U-23 yaitu Ramadhan Sananta. Pemain milik Persis Solo itu diprediksi bakal tampil ngotot di lini depan.

Pasalnya, Ramadhan Sananta juga ikut mengincar gelar top skor Piala AFF U-23 2023. Ia kini duduk di posisi kedua daftar top skor dengan mengemas dua gol dalam tiga laga.

Ramadhan Sananta dipastikan kembali menjadi andalan Shin Tae-yong saat laga final melawan Vietnam. Minimal dirinya harus bisa mencetak dua gol untuk bisa menggeser pemuncak top skor yang kini ditempati oleh Dinh Xuan Tien.

4. Jeam Kelly Sroyer

Keempat ada pemain Timnas Indonesia U-23 yang sedang menjadi buah bibir di media sosial yaitu Jeam Kelly Sroyer. Ia sukses mencuri perhatian di laga semifinal Piala AFF U-23 2023 kontra Thailand.

Pasalnya, Jeam Kelly Sroyer mampu memberikan kejutan besar kepada tuan rumah di laga semifinal. Dia berhasil mencetak gol cepat ke gawang Thailand saat laga baru berjalan 10 menit.

Jeam Kelly Sroyer dipastikan menjadi pemain yang diwaspadai oleh barisan Vietnam U-23. Sebab, dia berpotensi menggila dengan sepakan jarak jauhnya.

VietnamTimnas Indonesia U-23Shin Tae-yongPiala AFF U-23Ramadhan SanantaMuhammad Ferrari

Berita Terkini