x

Marc Cucurella Dipinang Man United, Statistiknya Bikin Ten Hag Full Senyum!

Minggu, 27 Agustus 2023 14:15 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United, dilaporkan tengah mendekati bek kiri terbuang Chelsea, yakni Marc Cucurella, sebelum bursa transfer ditutup.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United, dilaporkan tengah mendekati bek kiri terbuang Chelsea, yakni Marc Cucurella, sebelum bursa transfer ditutup.

Dilaporkan oleh Fabrizio Romano, Manchester United kabarnya tengah menjajaki kemungkinan menggaet Marc Cucurella dari rivalnya tersebut.

Baca Juga

Klub berjuluk Setan Merah itu ingin mengajukan opsi peminjaman kepada Chelsea untuk Cucurella, seiring badai cedera yang menimpa bek kirinya.

Bek kiri Man United saat ini tengah mengalami krisis usai Luke Shaw dan Tyrell Malacia mengalami cedera. Keduanya diprediksi bakal absen hingga hitungan bulan.

Di sisi lain, Cucurella juga tengah dalam posisi terjepit setelah dirinya tak kunjung dimainkan oleh Chelsea dalam tiga pertandingan yang telah dilakoni di Liga Inggris 2023/2024.

Cederanya para pilar dan kondisi Marc Cucurella yang tersisih dari Chelsea membuat Manchester United pun ingin merealisasikan transfernya dengan mengajukan peminjaman.

Baca Juga

Bakal hadirnya Cucurella ke Man United dengan status pinjaman sejatinya bisa saja membuat Erik ten Hag selaku pelatih akan tersenyum bahagia.

Pasalnya selain pos bek kiri akan aman untuk sementara waktu, pemain berusia 25 tahun itu merupakan pemain Versatile yang bisa menempati beragam posisi.

Ya, selain andal sebagai bek kiri, Cucurella juga bisa dipasang sebagai gelandang tengah sebagai Double Pivot dan juga bisa bermain sebagai bek tengah kiri.

Kemampuannya menempati beragam posisi ini bisa menambah opsi bagi Ten Hag yang juga membutuhkan beberapa pemain di pos tersebut.

Selain itu, versatilitasnya dalam bermain sebagai bek kiri, bek tengah kiri, maupun sebagai gelandang Double Pivot dibarengi statistik mentereng dari Cucurella.

Bagaimana statistik Marc Cucurella jika melihatnya dalam angka? Apakah Erik ten Hag dan Manchester United bisa diuntungkan dari transfernya itu?

Baca Juga

1. Unggul dalam Hal Defensif

Marc Cucurella saat melakoni laga Liga Inggris antara Everton vs Chelsea

Kemampuan Marc Cucurella menempati tiga posisi defensif itu terlihat dari catatannya saat bertahan yang jauh lebih mumpuni ketimbang beberapa bek kiri bertipe defensif lainnya.

Dilansir dari FBRef, terlihat Cucurella punya catatan agresif sebagai bek dengan melancarkan 3,62 tekel per 90 menit dan 1,05 intersep per 90 menit.

Baca Juga

Agresifitasnya dalam bertahan terlihat juga dari catatan lainnya, di mana ia mampu melancarkan 1,62 blok, lalu membuat 2,48 sapuan, serta memenankan 1,05 duel udara per 90 menit.

Kemampuan dalam bertahan ini dibarengi dengan kemampuannya melepaskan operan, yang membuatnya bisa dicap sebagai bek bertipe modern.

Cucurella andal dalam melepaskan operan dengan rataan 69,8 operan per 90 menit dan akurasi yang mumpuni yakni sebesar 84,7 persen per 90 menit.

Namun catatan defensifnya ini membuatnya terlihat kurang dalam menyerang. Hal ini bisa dikatakan wajar, mengingat di Brighton dan Chelsea Cucurella lebih diplot sebagai pemain defensif.

Baca Juga

Jika melihat catatan itu, Cucurella akan membuat sisi kiri Man United lebih dominan dalam bertahan ketimbang menyerang, seperti yang biasa diperankan oleh Luke Shaw.

Selain itu, catatannya bisa membuat Cucurella menjadi pengganti sepadan Lisandro Martinez di pos bek tengah kiri, jika ia mengalami cedera karena kemiripan keduanya sebagai bek modern.

Di samping itu pula, Cucurella bisa menjadi Inverted Fullback untuk mengisi pos tengah ketika menyerang dan bisa membuat Casemiro leluasa menjadi pemain nomor 8.

Bisa dikatakan, kebijakan transfer Man United ini bisa membuat Ten Hag mendapatkan pemain komplet yang bisa menutupi beberapa pos yang membutuhkan pemain baru.

Tapi apakah proposal peminjaman ini akan disepakati Chelsea? Pasalnya, The Blues hanya menyisakan satu slot pemain pinjaman saja jelang bursa transfer ditutup.

Bisa saja, Chelsea akan memaksa Man United untuk menebus Cucurella ketimbang mengizinkannya pergi ke Old Trafford dengan status pinjaman hingga akhir musim.

Baca Juga
Bursa TransferManchester UnitedIn Depth SportsLiga InggrisTransfer PemainErik ten HagMarc CucurellaIndepth

Berita Terkini