x

Profil Hiroki Kasahara, Wasit Final Piala AFF U-23 Jadi Biang Kerok Kekalahan Timnas Indonesia U-23

Minggu, 27 Agustus 2023 14:20 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pertandingan antara Vietnam U-23 vs Timnas Indonesia U-23 pada Laga final Piala AFF U-23. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Profil Hiroki Kasahara yang ditugaskan sebagai wasit di final Piala AFF U-23 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia U-23 bisa kalian simak di artikel ini.

Seperti diketahui, kepeminpinan Hiroki Kasahara sebagai wasit final Piala AFF U-23 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia U-23 tengah menjadi sorotan.

Baca Juga

Hiroki Kasahara menjadi salah satu penyebab kekalahan Timnas Indonesia U-23 dari Vietnam. Ia kerap mengambil keputusan yang merugikan pasukan Shin Tae-yong.

Dalam laga final Piala AFF U-23 2023 di Rayong Province Stadium, Thailand, Sabtu (26/08/23) malam WIB , wasit kerap mengabaikan pelanggaran keras dari pemain The Golden Star.

Salah satu momen yang membuat fans Garuda marah besar yakni ketika Nguyen Hong Phuc menyikut keras kepala belakang pemain Timnas Indonesia U-23, Haykal Alhafiz.

Meski aksi brutal dari Nguyen Hong Phuc sangat membayakan, wasit malah tidak mengganjarnya dengan kartu apa pun.

Shin Tae-yong beberapa kali melakukan protes. Kekesalan pelatih asal Korea Selatan tersebut akhirnya memuncak di injury time babak kedua.

Protes keras dari Shin Tae-yong membuat Hiroki Kasahara akhirnya memberikan kartu kuning kepada pelatih Timnas Indonesia U-23.

Banyak netizen terutama pecinta drama korea menyebut kalau Shin Tae-yong marah dan kemudian mengeluarkan kata-kata kasar.

Namun ucapan Shin Tae-yong justru mendapatkan dukungan dari banyak netizen Indonesia. Ada salah satu wagranet yang berkomentar yaitu untuk pertama kalinya dalam sejarah, kpopers dan fans bola bersatu mendukung coach Shin.

Sementara itu, masih banyak fans Garuda yang belum mengenal siapa sosok wasit kontroversial bernama Hiroki Kasahara.

Baca Juga

Hiroki Kasahara merupakan wasit kelahiran Kota Fukuoka, Jepang, pada 8 April 1989 silam (usia 34 tahun).

Rekam jejaknya sebagai wasit ternyata masih minim. Ia baru menjalani seleksi FIFA untuk menjadi wasit internasional pada 2020 lalu.

Sebelumnya, Hiroki Kasahara menjadi wasit untuk pertandingan dalam negeri di Jepang. Selain sebagai pengadil lapangan, ia juga bekerja sebagai ahli terapi fisik.

Baca Juga

1. Sudah 2 Kali Rugikan Timnas Indonesia U-23

Timnas Indonesia U-23 harus puas jadi runner up Piala AFF U-23. (Foto: PSSI)

Meski masih minim jam terbang, final Piala AFF U-23 2023 bukan pertama kalinya Hiroki Kasahara membuat keputusan yang merugikan Timnas Indonesia U-23.

Kejadian pertama Timnas Indonesia U-23 dirugikan Hiroku Kasahara ketika menjalani laga perdana Piala AFF U-23 2023 melawan Malaysia di fase grup.

Baca Juga

Saat itu wasit asal Jepang tersebut memberikan hadiah penalti kepada Malaysia. Keputusannya langsung menjadi sorotan karena pelanggaran yang dilakukan Timnas Indonesia U-23 tidak semestinya berbuah penalti.

Hasilnya, Timnas Indonesia U-23 akhirnya tumbang dari Malaysia dengan skor tipis 1-2. Beruntung pasukan Shin Tae-yong akhirnya lolos dari fase grup dan mampu melaju hingga partai final.

Di final Piala AFF U-23 2023, skuat Garuda Muda turun dengan formasi 5-3-2, dan mampu tampil dominan hingga beberapa kali mengurung pertahanan Vietnam.

Namun hingga peluit panjang berbunyi, skor masih sama kuat 0-0 dan membuat laga berlanjut ke babak perpanjangan.

Pada masa extra time, baik Timnas Indonesia maupun Vietnam sama-sama bermain agresif dan tidak menurunkan intensitas serangan.

Baca Juga

Akan tetapi buruknya penyelesaian akhir membuat kedudukan imbang tetap tak berubah dan mengharuskan laga berlanjut ke babak adu penalti.

Di babak adu tos-tosan, semua penendang Vietnam dan Timnas Indonesia berhasil menjalankan tugas.

Namun Ernando Ari yang jadi eksekutor terakhir gagal mencetak gol. Vietnam pun berhasil menang di final Piala AFF U-23 2023 dengan skor adu penalti 6-5.

Baca Juga
VietnamTimnas Indonesia U-23WasitShin Tae-yongPiala AFF U-23

Berita Terkini