x

Siapa Manuel Benson? Pemain Incaran Liverpool sebagai Pengganti Mo Salah

Minggu, 27 Agustus 2023 15:10 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Liverpool, dilaporkan memburu tanda tangan Manuel Benson sebagai pengganti Mohamed Salah yang berpotensi cabut.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Inggris (Premier League), Liverpool, dilaporkan memburu tanda tangan Manuel Benson sebagai pengganti Mohamed Salah yang berpotensi cabut.

Dengan adanya potensi Mohamed Salah yang bakal cabut ke Arab Saudi membuat Liverpool menargetkan winger milik tim promosi, Burnley, tersebut.

Baca Juga

Belakangan nama Mo Salah memang santer diberitakan akan angkat kaki, menyusul hadirnya tawaran dari klub Arab Saudi, Al Ittihad.

Dilaporkan Al Ittihad bakal memberikan tawaran fantastis untuk penyerang asal Mesir itu, dengan embel-embel sebagai pemain termahal di dunia.

Tawaran yang diberikan pun tak tanggung-tanggung, yakni gaji sebesar 1,25 juta poundsterling (Rp24 miliar) per pekannya.

Masifnya tawaran itu ditakutkan Liverpool akan membuat Mohamed Salah tergoda. Karenanya, The Reds pun menyiapkan penggantinya pada diri Manuel Benson dari Burnley.

Baca Juga

Manuel Benson sendiri merupakan winger asal Belgia yang lahir di Lokeren pada 28 Maret 1997. Saat ini, usianya sendiri baru 26 tahun.

Kariernya di sepak bola bermula di akademi Anderlecht dan Lierse. Nama terakhir pun memberikan kesempatan pada Benson untuk debut di kancah profesional.

Usai tampil solid selama dua musim di Lierse, Benson kemudian dipinang oleh KRC Genk, di mana ia gagal berkembang dan dipinjamkan ke Royal Excel Mouscron pada musim 2018/2019.

Usai menjalani masa peminjaman, Benson dilepas ke Royal Antwerp. Di klub barunya ini, ia pun gagal berkembang, dan dipinjamkan ke PEC Zwolle, sebelum dilepas ke Burnley pada 2022.

Siapa sangka usai bergabung Burnley, Benson tampil solid dengan menorehkan 12 gol dan 3 assist dari 33 penampilan di Divisi Championhsip hingga timnya promosi.

Penampilan itu membuat Manuel Benson cukup meyakinkan Liverpool bahwa dirinya bisa menggantikan peran Mohamed Salah. Tapi, apakah winger Burnley itu bisa menjadi penerusnya?

Baca Juga

1. Kualitas Manuel Benson

Duel pemain Burnley Manuel Benson dengan pemain Manchester City Josko Gvardiol pada laga Liga Inggris. (Foto: REUTERS/Scott Heppell)

Jika melihat catatannya dalam berkarier, catatan terbaik Manuel Benson hanya terlihat di Divisi Championship saja atau kompetisi kasta kedua Inggris.

Dari level kompetisi yang ia mainkan, banyak yang menyangsikan kualitas Benson, terlebih sebagai pengganti Mohamed Salah yang berstatus penyerang terbaik Liverpool dalam beberapa tahun.

Baca Juga

Meski begitu, Benson diam-diam punya potensi menjadi pemain top. Apalagi usianya baru 26 tahun, dan belum memasuki masa puncaknya sebagai pemain.

Sebagai perbandingan, Mo Salah datang ke Liverpool pada 2017 di usia 25 tahun dan tak punya status mentereng. Tapi ia pun kemudian menjadi pemain vital bagi The Reds.

Sehingga, Benson pun dianggap punya jalan serupa dengan Mo Salah, yakni bisa menjadi kunci permainan Liverpool jika penyerang asal Mesir itu hengkang.

Soal kualitas, meski bermain di kompetisi kasta kedua musim lalu, Benson punya catatan apik sebagai winger bersama Burnley.

Baca Juga

Ia memiliki rata-rata mencetak 0,73 Non-Penalty Goals (NPG) per 90 menit dari total 3,78 tembakan yang dibuatnya per 90 menit.

Selain itu, Benson juga kreatif bagi rekan-rekannya dengan membuat 4,44 Shot-Creating Actions (SCA) atau tindakan berbuah tembakan (peluang) per 90 menit.

Sebagai winger, keunggulan Benson ada pada dribel, di mana ia rata-rata membuat 7,29 tusukan per 90 menit dengan sukses melewati lawan sebanyak 2,32 kali per 90 menit.

Instingnya dalam mencetak gol pun sama seperti Mo Salah, yakni sering mengokupasi kotak penalti dengan rataan 5,9 sentuhan bola di area 16 dan rata-rata menerima 11,73 operan di Final Third.

Sayangnya, Benson bukanlah winger yang suka rajin membantu pertahanan. Tapi catatannya masih bisa diperbaiki jika bisa mengikuti sistem yang diterapkan Liverpool.

Perbandingan performa Manuel Benson dan Mohamed Salah. (Foto: DataMB)

Dengan harga hanya 25 juta euro, Benson tak akan membuat Liverpool merugi jika Mo Salah hengkang ke Arab Saudi, apalagi dengan potensi besar yang dimilikinya.

Baca Juga
Bursa TransferLiverpoolMohamed SalahIn Depth SportsTransfer PemainIndepth

Berita Terkini